إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

ساندياغا أونو مرشح لمنصب نائب الرئيس برابوو سوبيانتو في الانتخابات العامة 2019

Sandiaga Uno Jadi Cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2019

- الإعلانات -

0 201

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – تم اختيار نائب حاكم جاكرتا، ساندياغا أونو، رسميا مرشحا لمنصب نائب الرئيس في الانتخابات الرئاسية 2019 من قبل رئيس حزب حركة إندونيسيا العظمى (غيريندرا)، برابوو.

“اتفق ثلاثة من قادة الأحزاب السياسية بي وأخي سانياغا أونو كمرشح لمنصب الرئيس ونائب الرئيس الإندونيسي للفترة 2019-2024″، قال برابوو من مقر إقامته، شارع كارتا نيغارا، كيبايوران بارو، جاكرتا الجنوبية، الخميس (9/8).

وحضر الإعلان نخبة من أعضاء حزب الأمانة الوطنية (PAN) مثل أمين رايس وذو الكفل حسن ونخبة من أعضاء حزب العدالة والرفاهية (PKS)، صاحب الإيمان وسالم سقاف الجفري. ولكن لم يحصر ممثل عن الحزب الديمقراطي في الإعلان الذي حضره أيضا ممثلون من الحركة الوطنية لحراسة فتوى العلماء (GNPF).

ساندياغا أونو مرشح لمنصب نائب الرئيس برابوو سوبيانتو في الانتخابات العامة 20191

في السابق، قدم ساندياجا شهادة براءة ذمة إلى محكمة محافظة جاكرتا الوسطى. هذه الشهادة واحدة من متطلبات تسجيل المرشح الرئاسي أو المرشح لنائب الرئيس في الانتخابات العامة 2019 الذي نظمته لوائح لجنة الانتخابات العامة (PKPU).

كان حاكم جاكرتا أنيس باسويدان عرض عليه سابقا منصب نائب الرئيس للسيد برابوو قبل ساندياغا. لكنه رفض أنيس العرض.

“بعد أن قلت لا [لا أريد أن أكون نائب الرئيس]، تم بعد ذلك عرض الأمر على ساندياغا أونو” أعلن ذلك أنيس في قاعة مكتب إقليم جاكرتا، الخميس (9/8).

كما تحدث أنيس مع ساندياغا مباشرة عن ترشيحه نائب الرئيس.

وقال نائب رئيس المجلس الاستشاري لحزب غيريندرا، هاشم جوجو هاديكوسومو، إنه سيتم إعلان الثنائي الرئاسة مع برابوو ونائبه هذه الليلة. وقال إن فرص الثنائي المرشح برابوو وساندياغا لم تتغير حتى الآن، ” إلا إذا قدر الله شيئا آخر”، كما قال.

ساندياغا أونو مرشح لمنصب نائب الرئيس برابوو سوبيانتو في الانتخابات العامة 20192

يذكر أن اسم ساندياغا برز في وقت لاحق واختاره فريق برابوو. باعتباره من الدماء الشابة.

وذكر نائب الأمين العام لحزب غيريندرا، أندري روسيادي، أن المرشح لمنصب نائب الرئيس الذي يدعمه حزبه يعتبر من جيل الشباب الذي يدل على الحيوية والنشاط. وذكر أن هذا الاختيار يختلف عن اختيار السيد جوكو ويدودو الذي يعتبر من الشيوخ.

وكان الأمين العام لحزب الأمانة الوطنية (PAN)، أيدي سوبارنو، قد زار مكتب إقليم جاكرتا، الخميس (9/8) بعد الظهر. قبل ساعات قليلة من إعلان برابوو سوبيانتو لمنصب نائب الرئيس.

وزار برابوو رئاسة المجلس الاستشاري لحزب العدالة والرفاهية (PKS)، والتقى رئيسه سالم سقاف الجفري بعد ظهر يوم الخميس. وغادر منزل سالم حوالي الساعة 4:20 توقيت غرب إندونيسيا. وكان القائد السابق للكوباسوس هذا حظي بزيارة من رئيس الحركة الوطنية لحراسة فتوى العلماء، يوسف مارتاك.

ساندياغا أونو مرشح لمنصب نائب الرئيس برابوو سوبيانتو في الانتخابات العامة 20193

قبل اتخاذ القرار، زار ساندياغا منزل برابوو في شارع كارتانيغارا، كيبايوران بارو، جاكرتا الجنوبية، الأربعاء (8/8).

وقبل يوم من الإعلان كثرت التكهنات عندما عبر نائب الأمين العام للحزب الديمقراطي، أندي عريف، عن غضبه على برابوو وساندياغا أونو.

وذكر أن برابوو نمر من ورق،واتهم ساندياغا بدفع 500 مليار روبية إلى حزب الأمانة الوطنية وحزب العدالة والرفاهية.

” حقيقة برابوو ما هو إلا نمر من ورق، نرفض بشدة استقباله هذه الليلة إلى كونينغان. بل ليس هناك حاجة إليه. جنرال من ورق”، غرد أندي عارف في حسابه على تويتر AndiArif@.

وادعى أندي عريف أنه حصل على بيانات دقيقة عن “الثمن السياسي” الذي بلغ 500 مليار روبية اشترى به ساندياغا المنصب وتم دفعه إلى حزب الأمانة الوطنية وحزب العدالة والرفاهية. وادعى أن هذا المال هو ثمن اختيار ساندياغا، نائب رئيس مجلس الاستشاري لحزب غيريندرا، مرشحا لمنصب نائب الرئيس بمعية برابوو في الانتخابا العامة 2019.

ساندياغا أونو مرشح لمنصب نائب الرئيس برابوو سوبيانتو في الانتخابات العامة 20194

في الوقت نفسه، وفي عدة مناسبات، اشتهر بين الناس أن أجوس يودويونو (AHY) هو نائب برابوو في الانتخابات العامة 2019. وعقد اجتماع بين برابوو سوبيانتو مع سوسيلو بامبانغ يودويونو عدة مرات.

يذكر أن الترشيحات لمنصبي الرئيس ونائب الرئيس في الانتخابات العامة 2019 سوف تغلق من قبل لجنة الانتخابات العامة (KPU) يوم الجمعة (10/8). وكلا الجانبين سيسجلان مرشحيهم إلى لجنة الانتخابات العامة اليوم.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشايقي | المصدر: سي إن إن إندونيسيا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno secara resmi dipilih oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon wakil presidennya pada pilpres 2019.

“Tiga pimpinan partai politik telah memberikan kepercayaan kepada saya dan saudara Sandiaga Uno untuk maju sebagai calon presiden can calon wakil presiden untuk masa bakti 2019-2024,” kata Prabowo di rumahnya, Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (9/8).

Hadir dalam deklarasi, elite Partai Amanat Nasional (PAN) seperti Amien Rais, Zulkifli Hasan dan elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) seperti Sohibul Iman dan Salim Segaf Al Jufri. Namun tidak terlihat perwakilan elite Partai Demokrat dalam deklarasi yang juga dihadiri perwakilan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama itu.

Sebelumnya, Sandiaga telah mengajukan surat keterangan tidak pailit ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Surat keterangan ini merupakan salah satu syarat mendaftarkan diri sebagai calon presiden atau calon wakil presiden 2019 yang diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya mengaku ditawari posisi cawapres bagi Prabowo lebih dahulu ketimbang Sandiaga. Namun, Anies menolak tawaran itu.

“Sesudah saya menyampaikan tidak [ingin jadi cawapres], baru Pak Sandi [ditawarkan],” kata Sandi di Balai Kota Jakarta, Kamis (9/8).

Anies juga sudah berbicara empat mata dengan Sandiaga soal pencalonan sebagai cawapres.

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo mengatakan deklarasi Prabowo dan cawapresnya akan dilakukan pada malam ini. Hasim mengatakan peluang pasangan Prabowo-Sandiaga belum berubah hingga beberapa waktu terakhir, “kecuali kalau Tuhan menentukan lain, ya,” katanya.

Nama Sandiaga muncul belakangan pada bursa cawapres kubu Prabowo. Dia dianggap sebagai sosok yang bisa mewakili anak muda.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Andre Rosiade menyebut sosok cawapres yang diusung pihaknya merupakan sosok muda dan menarik. Dia pun menyebut pilihan ini berbeda dengan sosok pendamping Joko Widodo yang disebutnya lebih sepuh.

Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno juga sempat mendatangi Balai Kota Jakarta, Kamis (9/8) sore. Ia datang beberapa jam sebelum Prabowo Subianto mengumumkan calon wakil presiden.

Prabowo sempat menyambangi Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Salim Segaf Aljufri pada Kamis sore ini. Ia keluar dari rumah Salim sekira pukul 16.20 WIB. Mantan Danjen Kopassus itu keluar rumah pada saat bersamaan Ketua GNPF Ulama Yusuf Martak juga datang ke kediaman Prabowo.

Menjelang pengambilan keputusan, Sandiaga telah mendatangi rumah Prabowo di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (8/8).

Sehari jelang pengumuman, situasi sempat memanas ketika Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Andi Arief menyampaikan kegeramannya kepada Prabowo dan Sandiaga Uno.

Dia menyebut Prabowo sebagai jenderal kardus dan menuding Sandiaga telah membayar PAN dan PKS sebesar Rp500 miliar.

“Prabowo ternyata kardus, malam ini kami menolak kedatangannya ke kuningan. Bahkan keinginan dia menjelaskan lewat surat sudah tak perlu lagi. Prabowo lebih menghatgai uang ketimbang perjuangan. Jendral kardus,” tulis Andi Arief melalui akun Twitter @AndiArief_.

Andi Arief mengklaim memiliki data akurat mengenai dugaan ‘mahar’ Rp500 miliar yang disiapkan Sandiaga untuk PAN dan PKS. Ia menyebut uang itu sebagai imbal balik agar Sandiaga, yang juga Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra, dipilih menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo di pilpres 2019.

Sementara itu, dalam beberapa kesempatan, Prabowo memang digadang-gadang akan dipasangkan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada pilpres 2019. Prabowo sendiri beberapa kali telah bertemu dengan SBY.

Pendaftaran capres dan cawapres pada pemilu 2019 akan ditutup Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Jumat (10/8). Kedua kubu recananya akan mendaftarkan jagoan masing-masing ke KPU besok (Jum’at-red).

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal Al-Shaigi | Sumber: CNNIndonesia

(30)

تعليقات
Loading...
Click Me