إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

سياحة المأكولات الأسطورية بشمال سومطرة

Wisata Kuliner Legendaris dari Sumatera Utara

0 453

ميدان، إندونيسيا اليوم لا يعرف الكثير من الناس أن في مديرية لابوهان باتو بسومطرة الشمالية، مأكولات أسطورية تسمي بأسماك تيروبوك. تعيش هذه الأسماك في منطقة مصبات الأنهار وبدا وجودها نادراً. وهي من أنوع الأسماك التي تعيش في مياه المصب، أي في المسطحات المائية شبه المغلقة في المناطق الساحلية مع واحد أو أكثر من الأنهار التي تجري فيها، وترتبط بحرية مع البحر. في إندونيسيا، وغالبا ما توجد هذه الأسماك في جزر بنجكاليس ولبوهان باتو.

في لابوهان باتو، تأتي أسماك تيروبوك من نهر بيليك بقرية لابوهان بيليك. في الماضي، كانت لابوهان بيليك تسمى بمدينة تيروبوك بسبب وجود العديد من الأسماك في نهرها، وحتى بني في هذه القرية نصب تذكاري تيروبوك على شكل سمك تيروبوك. عادةً ما يتناول سكان لابوهان بيليك لحوم نيئة وبيض تيروبوك بمزيج من الفلفل الحار وعصير الليمون والملح.

أسماك تيروبوك فريدة من نوعها للغاية. بالإضافة إلى أنها تعيش فقط في مياه المصب، فإن هذه الأسماك تتميز بكونها وحيدة الجنس، أي فيها  جنس مزدوج. عندما يكون عمرها أقل من سنة، تكون ذكورا وتتحول في السنة التالية إلى إناثٍ. عندما  نسافر إلى لابوهان باتو ونمر بمطعم السيدة آنا بشارع سومبير بيغي، زقاق رامبوتان رقم 1، قدمت لنا صاحبة المطعم قائمة أسماك تيروبوك الجاهزة في مطعمها.

وأوضحت السيدة آنا، “أصبحت أسماك تيروبورك نادرة، ولا أعرف ما السبب في ذلك. ونظرا إلى ندرتها، أصبحت أسعارها غالية، حيث بيعت بمبلغ يبدأ من مائتين ألف روبية حتى مائتين وخمسين ألف روبية لكل كيلوغراما . وعموما تباع هذه الأسماك بعدما يصل وزنها إلى كيلوغرام واحد لما تتميز به من الأشواك الطرية. إذا كان حجمها صغير، وسيكون من الصعب فصل لحومها من الشوك”،

تذكرنا قصة صديق كان يسكن في لابوهان باتو في الثمانينات كانت والدته  تطهو بيض سمك تيرولوك وأصبحت من المأكولات الفاخرة. واقترح علينا أن نتمتع بأسماك تيروبوك عند زيارتنا للابوهان باتو. ربما كان صيد بيض الأسماك لفترة طويلة هوالأسباب التي أدت إلى قلة أسماك تيروبوك.

ولشدة فضولنا، طلبنا قائمة من أسماك تيروبوك بالتوابل تاوكو. وبسبب قساوة لحومها، يجب أن تطبخ لمدة ساعة حتى تتسرب في داخلها التوابل وتكون جاهزة للأكل. استمتعنا بأسماك تيروبوك. وكانت لحومها طرية ولذيذة جداً. كنا محظوظين لأن في بطن السمك يوجد بيض بحجم كبير، لذلك يمكننا تذوق البيض ذي المذاق اللذيذ حتى فهمنا لماذا كان بيض هذه الأسماك مميز. ومع ذلك، ما زلنا نحذر حول فصل لحوم الأسماك عن شوكها الكثير.

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: طلال الشايقي | المصدر: ديتيك


Medan, Indonesiaalyoum.comTak banyak yang tahu di Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara, punya kuliner legendaris. Namanya Ikan Terubuk, ikan ini hidup di daerah estuaria dan mulai langka. Ikan Terubuk adalah jenis ikan yang hidup di perairan estuaria, yaitu badan air setengah tertutup di wilayah pesisir dengan satu sungai atau lebih yang masuk ke dalamnya dan terhubung bebas dengan laut. Di Indonesia, ikan ini paling banyak ditemukan di Pulau Bengkalis dan Labuhanbatu.

Di Labuhanbatu, Ikan Terubuk berasal dari Sungai Bilik yang berada di Desa Labuhan Bilik. Dahulu, Labuhan Bilik disebut Kota Terubuk karena banyak dijumpai Ikan Terubuk di sungainya, bahkan di desa ini dibangun sebuah tugu berbentuk Ikan Terubuk. Masyarakat Labuhan Bilik biasa memakan mentah daging dan telur Terubuk dengan campuran cabai, air jeruk nipis dan garam.

Ikan Terubuk sangat unik. Selain hanya hidup di perairan estuaria, ikan ini bersifat hermafrodit proandri, yaitu berkelamin ganda. Ketika usianya dibawah satu tahun, ia berkelamin jantan dan pada tahun berikutnya berubah menjadi betina. Ketika kami traveling ke Labuhanbatu dan mampir ke Rumah Makan Bu Ana di Jalan Sumber Begi Gang Rambutan No 1, pemilik rumah makan menawari saya menu Ikan Terubuk karena kebetulan rumah makannya mempunyai stok ikan ini.

“Terubuk mulai sulit didapat, entah apa penyebabnya. Karena mulai langka, harga ikan pun relatif mahal, dijual seharga Rp. 200.000 – Rp. 250.000 per kilogram. Umumnya Ikan Terubuk dijual setelah beratnya mencapai satu kilogram karena ikan ini mempunyai banyak duri yang halus. Kalau ukurannya kecil, akan sulit memisahkan daging ikan dari duri halusnya”, jelas Ibu Ana, pemilik warung.

Kami teringat cerita seorang teman yang pernah tinggal di Labuhanbatu bahwa sekitar tahun 80an ibunya sering memasak telur Ikan Terubuk dan makanan ini dianggap makanan mewah. Ia juga yang menyarankan kami agar menikmati kuliner Ikan Terubuk jika traveling ke Labuhanbatu. Mungkin perburuan telur ikan yang dilakukan sejak lama menjadi salah satu penyebab berkurangnya Ikan Terubuk di sini.

Merasa penasaran, akhirnya kami memesan menu steam Ikan Terubuk bumbu tauco. Karna dagingnya tebal, harus dimasak selama satu jam agar bumbu meresap dan ikan matang. Kami menikmati Terubuk pesanan saya. Dagingnya lembut dan sangat lezat. Kami beruntung karna di perut ikan terdapat telur dengan ukuran yang cukup besar, sehingga saya bisa merasakan lezatnya rasa telur Terubuk dan paham mengapa telur ikan ini menjadi istimewa. Namun begitu, kami tetap harus berhati-hati memisahkan dagingnya dari duri-duri halus yang cukup banyak.

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Talal Al-Shaiqi | Sumber: Detik

تعليقات
Loading...
Click Me