إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

شاطئ بجاكرتا يقطنه نجم البحر

bintang-laut Pantai di Jakarta yang Dihuni Ratusan Bintang Laut

- الإعلانات -

0 224

جاكرتا، إندونيسيا اليوموأخيرا ، عاد الطقس في العاصمة جاكرتا مشرقا ومستقرا. حان الآن وقت قضاء الإجازة في الشاطئ. ولكن انتظر، هل هناك شاطئ في جاكرتا؟

تتميز العاصمة جاكرتا كونها محافظة الجزر الألف، حيث توجد بها العديد من الجزر الصغيرة الممتدة وبالتأكيد ليست أقل جمالا من الجزر في المحافظات الأخرى. حتى جزيرة باري.

يمكن الوصول إلى الجزيرة التي تبلغ مساحتها حوالي 41.32 هكتار، بواسطة قارب خشبي تقليدي من ميناء كالي أديم، موارا أنكي، وتستغرق الرحلة به حوالي ساعتين،كما يمكن  ركوب القارب السريع من مارينا أنشول لمدة ساعة واحدة.

ما الذي يميز هذه الجزيرة عن غيرها من الجزر؟ وعادة ما يؤمها السياح الذين يفدون إلى جزيرة باري بشاطئ بيراوان (شاطئ بكر) الشهير برماله البيضاء . بالإضافة إلى مياه البحر التي تحتوي على تدرج اللون الأخضر. لكن هل تعلم أن جزيرة باري لا تتميز بشاطئ بكر فقط؟

وعند اتجاهك إلى الغرب من الجزيرة، ستجد شاطئا واحدًا خالياً من الزوار، وهو شاطئ بينتانج. وسبب تسمية هذا الشاطئ بهذا الإسم لأن هناك مئات من نجم البحر الذين تقطعت به السبل على هذا الشاطئ. فقط زره في الصباح أو عندما تنحسر المياه، وستندهش لرؤية نجوم البحر المنتشرة هنا وهناك.

قد يعجبك أيضا: خطط ومشاريع للتطوير جزر الألف كجزيرة الحب

لون نجم البحر هنا أبيض وبني. هذا ما يجعله يبدو باهتاً عندما يكون على رمال الشاطئ. لذلك، عند مشيك على طول الشاطئ يجب عليك أن تحذر كثيرا، وإلا ستخطو بخطأ على نجم البحر، في بعض الأحيان يختبئ في الرمال لحماية نفسه.

إذا زرت شاطئ بينتانج، حاول ألا تلمس نجم البحر، على سطح الماء. فإنه سيكون عدوانيا اذا شعر بانه مهدد. في الواقع، ليس من النادر أن يموت على الفور عند رفعه إلى سطح الماء. لأنه يتنفس باستخدام الحطاطات، مما يجعل من المستحيل أن يستنسق الهواء مباشرة.

سعر الدخول شاطئ بينتانج هو روبية فقط2.500للشخص الواحد. ومع التكلفة الرخيصة نسبيا هذا، يمكن للزوار التمتع بجميع المرافق في شاطئ النجوم، مثل الأراجيح وغيرها. والموقع بعيد تماما عن السكان، ومن الأفضل أن تستأجر دراجة هوائية لمجرد القدوم إلى هذا الشاطئ. تكلفة استئجار الدراجة في جزيرة باري هو فقط روبية. 20،000 / 24 ساعة.

قد يعجبك أيضا: جزيرة “بيداداري” أروع جزر الألف

كما يمكنك على طول هذا الشاطئ، أن تشاهد العديد من أشجار المنغروف المستخدمة لمنع التآكل وكسر الأمواج الكبيرة. صممت هذه البقعة لسافوتو بدلًا من صورة السيلفي مع نجم البحر. ولماذا لا تبحث عن أماكن مثيرة أخرى لعرضها على وسائل التواصل الاجتماعي،  أليست فكرة رائعة؟ نتمنى لك إجازة سعيدة!

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: طلال الشايقي | المصدر: ديتيك


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Akhirnya, cuaca di ibukota kembali cerah dan stabil. Saatnya untuk berlibur ke pantai. Sebentar, memangnya ada pantai di Jakarta?

DKI Jakarta punya Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, di mana ada banyak pulau-pulau kecil yang terbentang dan tentunya nggak kalah cantik dengan pulau-pulau yang ada di provinsi lain. Salah satunya adalah Pulau Pari.

Pulau yang memiliki luas sekitar 41,32 ha ini, dapat ditempuh selama dua jam perjalanan dengan kapal kayu tradisional dari Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke. Bisa juga dengan naik kapal cepat dari Marina Ancol selama satu jam.

Apa yang membuat pulau ini begitu istimewa? Para wisatawan yang datang ke Pulau Pari biasanya memadati Pantai Pasir Perawan, yang terkenal dengan pasir pantainya yang berwarna putih dan masih bersih. Ditambah air laut yang memiliki gradasi warna hijau toska. Namun tahukah kamu bahwa Pulau Pari nggak hanya memiliki Pantai Pasir Perawan saja?

Berjalan ke arah barat pulau, ada satu pantai yang masih sepi pengunjung, yaitu Pantai Bintang. Pantai ini dinamakan demikian karena ada ratusan bintang laut yang terdampar di pantai ini. Datang saja saat pagi hari atau ketika air laut sedang surut, maka kamu akan takjub melihat bintang laut yang ada di sini.

Bintang laut yang ada di sini berwarna putih dan cokelat. Hal ini membuatnya terlihat samar saat sedang berada di pasir pantai. Untuk itu, saat berjalan menyusuri pantai harus ekstra hati-hati. Kalau tidak, kamu akan tidak sengaja menginjak bintang laut yang ada di sana. Terkadang mereka juga bersembunyi di dalam pasir untuk melindungi dirinya.

Jika datang ke Pantai Bintang, usahakan untuk tidak bersentuhan dengan bintang laut, apalagi memegangnya di atas permukaan air. Bintang laut juga bisa stres apabila merasa terancam. Bahkan tidak jarang mereka langsung mati begitu diangkat ke permukaan air. Karena bintang laut bernapas dengan menggunakan papula, yang membuatnya tidak bisa langsung menghirup udara langsung.

Tiket masuk ke Pantai Bintang hanya Rp. 2,500 per orang. Dengan biaya yang terbilang relatif murah ini, pengunjung bisa menikmati semua fasilitas yang ada di Pantai Bintang, seperti hammock dan ayunan. Letaknya cukup jauh dari perumahan warga, sebaiknya sewa sepeda saja untuk datang ke pantai ini. Biaya penyewaan sepeda di Pulau Pari hanya Rp. 20,000/24jam.

Di sepanjang pantai ini juga ada banyak pohon bakau yang sangat berguna untuk mencegah abrasi dan memecah ombak besar. Spot ini bisa kamu jadikan untuk swafoto. Daripada selfie dengan bintang laut, kenapa tidak mencari spot-spot seru lain untuk dipamerkan ke social media, kan? Selamat berlibur!

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Talal Al-Shaiqi | Sumber: Detik

(16)

تعليقات
Loading...
Click Me