صفاء مياه شاطئ سولاماداها كالزجاج

Pantai Sulamadaha yang Sebening Kaca

0 801

تيرناتي، إندونيسيا اليوم – هل زرت شاطئ سولاماداها في تيرناتي؟ قال كثير من السياح إن مياه البحر على هذا الشاطئ صافية مثل الزجاج. ندعوك لتأتي هنا في نهاية هذا الأسبوع!

يقع شاطئ سولاماداها بقرية سولاماداها بمدينة تيرناتي، شمال مالوكو أي على بعد حوالى 14 كم من وسط مدينة تيرناتي. هذا الشاطئ يستحق التجربة لمحبي سنوركلينج أو الغوص، لأنه يحتوي على الشعاب المرجانية الجميلة. فليس للشاطئ رمال بيضاء، لكن سحره تحت الماء يدعو العديد من السياح لزيارته. كما أن تدفق المياه على الشاطئ ليس كبيرا، لذا فهو مناسب للسباحة.

من منطقة وقوف السيارات علينا السير حوالي 10 دقائق إلى الشاطئ حيث يمكننا القيام بالغطس. يضم الشاطئ عددا من الشعاب المرجانية، لذلك إذا أردنا السباحة أو الغطس أبعد عن الشاطئ، يجب أن نحذر لأننا سوف نشعر بقليل من المرضى إذا لم نرتدي الأحذية. ليس بعيدا عن الشاطئ، يمكننا أن نجد جمال أنواع مختلفة من الشعاب المرجانية والأسماك الجميلة. على النقيض من الشاطئ بشكل عام، فإن جو الشاطئ منعش لوجود الحافة العديد من الأشجار الوارفة الظليلة بضفته.

يقع على الشاطئ محلات إضافة إلى بيع المعكرونة سريعة التحضير (فقط على هذا الشاطئ في تيرناتي من يبيع المعكرونة الفورية المغلية أو المقلية) والموز المقلي بشكل فم البط الخاص. ويمكننا استعارة معدات سنوركلينج أو الغوص أو الطفو بأسعار رمزية. للاغتسال بعد الغوص أو السباحة، يمكننا استخدام الحمام لبعض أصحاب المحلات بدفع ألف روبية. بعد الغوص، نأكل المعكرونة سريعة التحضير والموز المقلي على هذا الشاطئ مستمتعين بجو الشاطئ النقي. هل منكم من يريد أن يجرب زيارة الشاطئ؟

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: فارس البدر | المصدر: ديتيك


Ternate, Indonesiaalyoum.com –  Sudah pernah ke Pantai Sulamadaha di Ternate? Banyak traveler yang bilang air laut di pantai ini sebening kaca. Akhir pekan ini, mampir ke sini yuk!

Pantai Sulamadaha terletak di Desa Sulamadaha di Kota Ternate, Maluku Utara. Letaknya sekitar 14 km dari pusat Kota Ternate. Bagi pecinta snorkling, pantai ini patut dicoba karena memiliki terumbu karang yang indah. Pantai ini tidak berpasir putih, namun pesona alam bawah lautnya mengundang banyak wisatawan berkunjung ke sini. Arus di pantai ini juga tidak besar sehingga cocok untuk berenang.

Dari area parkir kita harus berjalan sekitar 10 menit ke bibir pantai tempat dimana kita bisa melakukan snorkling. Pantai ini memiliki banyak karang sehingga jika kita ingin berenang atau snorkling lebih jauh dari pantai, sebaiknya berhati-hati karena agak sakit jika tidak menggunakan alas kaki. Tidak jauh dari bibir pantai, kita sudah bisa menemukan keindahan berbagai jenis karang dan juga ikan-ikan cantik. Berbeda dengan pantai pada umumnya, pantai ini sejuk karena di tepinya terdapat banyak pepohonan rindang.

Di pinggir pantai terdapat warung-warung yang selain menjual mie instan (hanya di pantai ini di Ternate yang menjual mie instan rebus atau goreng) dan pisang goreng mulut bebek yang khas, kita juga bisa meminjam peralatan snorkling ataupun pelampung dengan harga yang terjangkau. Untuk mandi setelah snorkling atau berenang, kita bisa menggunakan kamar mandi yang dimiliki oleh beberapa warung dengan membayar beberapa ribu rupiah. Selepas snorkling, makan mie instan dan pisang goreng di pantai ini sambil menikmati suasana pantai memang paling sip. Siapa mau coba?

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Fares Al-Badr| Sumber: detik

تعليقات
Loading...