عطلة نهاية الأسبوع وزيارة أكبر مهرجان مينانجكابو في آنتشول

Weekend Ini, Kunjungi Festival Minangkabau Terbesar di Ancol

0 703

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – يقوم آنتشول بمهرجان مينانجكبو في 10-13 مايو 2018. وهو أول و أكبر مهرجان مينانج الذي يقام في آنتشول.

مهرجان أنتشول قرية مينانجكبو 2018 جاهز للترحيب بالزوّار في عطلة نهاية هذا الأسبوع. مجموعة متنوعة من الفنون الثقافية وجولات مينانجكبو و الطهي التي يمكن أن يتمتع بها جميع الزوار.

يفتح المهرجان يوم الخميس (10/5) في الساعة 15.00 في شاطئ لاجون أنتشول مع احتفالات فنونية مينانج وتامبوا تانسا.

اقرأ أيضا: وزير تنسيق الشؤون السياسية والقانونية والأمنية يذكر مادتين مهمتين في تعديل قانون الإرهاب

تامبوا تانسا هي عبارة عن آلة موسيقية تقليدية من مينانجكبو. لعبت هذه الأداة من قبل ما لا يقل عن أربعة أشخاص لاعب الدرامز مع الملابس المخصصة مينانجكبو.

غالبًا يقام هذا الفن في مناسبات مهمة مثل الزواج والترحيب بالضيوف المهمين.

هناك أيضا أداء رقص مينانج نموذجي هو رقص باسامباهان و رقص بيريانج. سيستمر المهرجان حتى 13 مايو 2018 وسيفتتح رسميا من قبل حاكم محافظة سومطرة الغربية.

بالإضافة إلى ذلك ، هناك العديد من عناصر الفن والثقافة التي ستظهر مثل ماكان باجامبا ، والراباب التقليدي ، و صلوات دولانج التقليدية والألعاب التقليدية التفاعلية ومسابقة مينانج. كما سيتم إحياء المهرجان من خلال أداء فنانين من مينانجكبو وهي كينتاني ومن مستخدمي اليوتيوب المشهورين ، دايوكوتو ، وكذلك عروض خاصة من المغني الذي له شعبية كبيرة صاحب أغنية تاك تونتوانج ، وهو أوبياك إيسيل.

اقرأ أيضا: مشكلة قنبلة في سورابايا وسائل الإعلام الإنجليزية هل من الآمن السفر إلى إندونيسيا

أحد فنون مينانجكبو الفريدة هو فن رانداي ، فريد لأن رانداي يجمع بين العديد من عناصر الفن من التَمْثِيْلِيَّة والرقص والموسيقى وفنون الدفاع عن النفس ، من العادة أن يتم لعب فن رانداي في مجموعات مكونة من 14 إلى 25 شخصًا. في هذا المهرجان سيعقد مهرجان 1000 فلاش موب رانداي يقودها مجموعة جيموني (حركة مودو مينانجكبو). يمكن لجميع الزوار الحاضرين المشاركة في هذا الحدث.

وخلال هذه الأيام الأربعة ، سيقدم للزائرين أشهر المأكولات في مينانجكابا و ذات النكهة الحارة من استخدام التوابل المميزة. يطلق عليه أرز كاباو، ريندانك، إيتياك الفلفل الأخضر و شُوَاء دانجوانج –نجوانج.و لا تفوت وجبات خفيفة مثل تخمين الجليد، ومارتاباك هايودا ، لونتونج كابوا و بيكا اماك ستقدم في هذا المهرجان.

وقال توكو ساهر ساهالي , مدير السياحة في شركة أنتشول حديقة الأحلام.”هذا المهرجان هو الأول والأكبر الذي عقدناه في هذا المكان. ونأمل أن يؤدي وجود هذا النشاط إلى جعل زوار “أنتشول” يبدون وكأنهم في عالم “مينانج” حتى يجذب الكثير من الزوار “

المترجمة :مايا يونياتي | المحرر: فارس البدر | المصدر: ديتيك

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Ancol akan mengadakan Festival Minangkabau pada tanggal 10-13 Mei 2018. Ini merupakan festival Minang pertama dan terbesar yang diadakan di Ancol.

Ancol Kampoeng Minangkabau Festival 2018 siap menyambut pengunjung di akhir pekan minggu ini. Berbagai macam kesenian budaya dan juga wisata kuliner khas Minangkabau yang dapat dinikmati oleh semua pengunjung.

Dari rilis yang diterima detikTravel, Jumat (11/5/2018) festival ini dibuka pada Kamis (10/5) pukul 15.00 di Pantai Lagoon Ancol dengan kemeriahan kesenian arak-arakan khas minang dan Tambua Tansa.

Tambua & Tansa adalah alat musik gendang tradisional Minangkabau. Alat ini ditabuh oleh minimal empat orang penabuh dengan pakaian adat Minangkabau. Kesenian ini kerap dilakukan pada acara seperti perkawinan dan juga penyambutan tamu-tamu penting.

Nantinya juga ada penampilan tari khas Minang yaitu Tari Pasambahan dan Tari Piriang. Acara festival ini akan berlangsung hingga tanggal 13 Mei 2018 dan akan dibuka secara resmi oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat.

Selain itu masih ada banyak lagi unsur-unsur seni budaya yang akan tampil seperti Makan Bajamba, Rabab Tradisional, Salawat Dulang Tradisional dan Permainan Tradisional Kuis Interaktif Minang. Festival ini juga akan dimeriahkan oleh penampilan seniman-seniman asal Minangkabau yaitu Kintani, Youtuber Minang (YTM), Dayukoto, serta penampilan spesial dari penyanyi yang mempopulerkan lagu Tak Tuntuang yaitu Upiak Isil.

Salah satu kesenian Minangkabau yang cukup unik adalah kesenian randai. Uniknya karena Randai menggabungkan banyak unsur seni yaitu drama, tari, musik dan juga beladiri. Kesenian Randai umumnya dimainkan berkelompok antara 14 hingga 25 orang. Pada Festival ini akan diadakan flashmob Festival 1.000 Randai yang digerakkan oleh Komunitas Gemumi (Gerakan Mudo Minangkabau). Seluruh pengunjung yang hadir dapat pula ikut serta dalam acara ini.

Selama empat hari ini juga, pengunjung akan dimanjakan dengan sajian kuliner khas Minangkabau yang terkenal memiliki rasa pedas dari penggunaaan bumbu khas dan rempah-rempah. Sebut saja nasi kapau, rendang, itiak lado hijau dan sate danguang-nguang tersaji dalam perhelatan ini. Tidak ketinggalan jajanan seperti es tebak, martabak hayuda, lontong kapua dan bika amak juga akan dapat ditemui di festival ini.

“Ancol Kampoeng Minangkabau Festival merupakan yang pertama dan terbesar yang kami selenggarakan di kawasan Ancol. Kami berharap dengan hadirnya kegiatan ini dapat membuat pengunjung Ancol serasa berada di ranah minang sehingga menarik banyak minat pengunjung,” ucap Teuku Sahir Syahali, Direktur Rekreasi PT Taman Impian Jaya Ancol.

Bagi masyarakat asli Sumatera Barat yang tinggal di Jabodetabek, yuk bernostalgia di Ancol Taman Impian.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Fares alBadr | Sumber: Detik

تعليقات
Loading...