إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

فنانون من 6 دول يحيون الفنون الأدائية في سولو الإندونيسية

Seniman dari 6 Negara Akan Meriahkan Seni Pertunjukan di Solo

0 405

سولو ، إندونيسيا اليوم – ستقام فعاليات للفنون المسرحية على المستوى الدولي ، باسم سولو لفنون الأداء الدولية 2018 ، في قلعة فاستنبورج. يُشاع أن فنانين من ستة بلدان سيؤدون عرضًا في هذا الحدث الذي سيقام من 6 إلى 8 سبتمبر.

وتشمل الدول المشاركة إيطاليا وتايوان والفلبين وروسيا وكوريا الجنوبية وإندونيسيا.

يعتقد وزير السياحة ، عارف يحيى ، أن هذا العرض الفني تحت شعار “نحن العالم – نحن الأمة” يمكن أن يكون له تأثير إيجابي على السياحة الإندونيسية.

“هذا حدث دولي. فلا تقتصر آثاره على الفنون المسرحية فقط، ولكن التقليد يمكن أن يكون وسيلة لخلق فرص للتعاون مع تلك الدول،و في النهاية نشر الإمكانات السياحية لمدينة سولو وإندونيسيا ، “قال آريف في بيانه المكتوب.

فنانون من 6 دول يحيون الفنون الأدائية في سولو الإندونيسية

تم اختيار قلعة فاستنبورج لتكون موقع هذا الحدث الدولي نظرًا لكونها ذات قيمة تراثية عالية. كونها من فترة الاستعمار الهولندي تقع في كلاداك ، سوراكارتا وتتميز بموقع استراتيجي في وسط المدينة. و لا يزال المبنى يقف منتصبا على مساحة 31،553 متر مربع.

“من الطبيعي أن لجان هذا الحدث تستهدف 10 آلاف زائر في الليلة الواحدة. و يأمل عارف أن يكون 50 في المئة من الزائرين هم من السياح”.

سيضم هذا المعرض مجموعة متنوعة من الفنون المسرحية من مختلف أنحاء العالم لمدة ثلاث ليال ، مثل الرقص والموسيقى والمسرح. هناك أيضا بازار مليء بمعارض لأنواع الباتيك ، والحرف اليدوية ، إلى أكشاك الطهي الخاصة التي ستبيع الأطعمة والمشروبات النموذجية من سولو و خارج سولو.

مساعد نائب قسم تطوير التسويق الإقليمي الثاني ، سومارني ،يقول أن الأنشطة ستكون ناجحة.

فنانون من 6 دول يحيون الفنون الأدائية في سولو الإندونيسية1

“لأنه سيتم عرض الثروة الثقافية لسولو. من موقعه في قلعة فاستنبورج. و هو موقع تاريخي يرتاده السياح ،” أوضح.

بينما كشف رئيس التسويق في المنطقة الأولى لوزارة السياحة ، واوان جوناوان ، أن مدينة سولو تمتلك ثلاثة عناصر يمكن أن تدعم نجاح الحدث.

“لا تتردد أبدا في مشاهدة المعالم السياحية في سولو لأن الحدث جيد ويستحق. سولو تتمتع أيضا بكثير من وسائل الراحة من الفنادق ذات النجوم و هوم ستاي. و هذا سيسهل إقامة السياح. سولو تتمتع بمطار دولي ، يمكن الوصول إليها أيضا عن طريق القطار. لذلك ، أنا أضمن أن تكون سولو مريحة للسياح ، “كما قال.

و أوضح مدير البرنامج أن الموضوع الذي أثير في هذا الأداء العاشر كان له معنى “أمة واحدة وعالم واحد”.

فنانون من 6 دول يحيون الفنون الأدائية في سولو الإندونيسية2

“الوحدة هي رسالة أخلاقية سيتم التعبير عنها وتنفيذها على خشبة المسرح هذا العام. و كان سبب اختيار الموضوع هو لأن السلام يحتاجه جميع البشر الآن”.

المترجمة : مايا يونياتي | المحرر : د . طلال الشايقي | المصدر: ديتيك


Solo, Indonesiaalyoum.com – Ajang seni pertunjukan level internasional, Solo Internasional Performing Arts (SIPA) 2018, bakal digelar di Benteng Vastenburg. Seniman dari enam negara dikabarkan akan tampil di pergelaran yang akan diselenggarakan pada 6-8 September mendatang.

Adapun negaranya antara lain Italia, Taiwan, Filipina, Rusia, Korea Selatan dan Indonesia.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, yakin SIPA 2018 yang mengusung tema ‘We Are The World-We Are The Nation’ bisa membawa dampak positif bagi pariwisata Indonesia.

“Ini event internasional. Semangatnya tak sekadar memfungsikan seni pertunjukan untuk persoalan kesenian semata, tapi juga tradisi bisa menjadi sarana untuk memunculkan semangat kebersamaan. Akhirnya adalah membumikan dan menggairahkan pariwisata Kota Solo dan Indonesia,” ujar Arief dalam keterangan tertulisnya.

Benteng Vastenburg dipilih menjadi lokasi diselenggarakannya SIPA 2018 karena memiliki nilai heritage yang tinggi. Benteng peninggalan Belanda yang terletak di kawasan Gladak, Surakarta ini juga strategis karena berada di tengah kota. Bangunannya pun masih berdiri megah di atas lahan seluas 31.553 meter.

“Menjadi wajar bila SIPA 2018 ini panitianya menargetkan ada 10 ribu pengunjung dalam satu malam. Diharapkan 50 persen dari penonton adalah wisatawan,” harap Arief.

SIPA 2018 akan menampilkan beragam seni pertunjukan dari berbagai belahan dunia selama tiga malam, seperti seni tari, musik, hingga teater. Ada juga bazar yang diisi oleh pameran produk, distro batik, handcraft, hingga stand khusus kuliner yang akan menjual makanan-makanan dan minuman khas dari Solo ataupun di luar Solo.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional II, Sumarni, turut menilai kegiatan akan sukses.

“Sebab, kekayaan budaya Solo akan diperlihatkan. Termasuk juga kekayaan kulinernya. Apalagi lokasinya di Benteng Vastenburg. Lokasi bersejarah yang sering dikunjungi wisatawan,” paparnya.

Sementara Kabid Pemasaran Area I Kementerian Pariwisata, Wawan Gunawan, mengungkapkan Solo memliki unsur 3A yang bisa mendukung kesuksesan acara.

“Jangan pernah ragu untuk menyaksikan atraksi di Solo karena kemasannya selalu bagus. Solo juga punya banyak amenitas berupa hotel berbintang sampai homestay. Ini akan memudahkan wisatawan. Solo mempunyai bandara internasional, bisa diakses juga melalui kereta api. Jadi, Solo dijamin nyaman buat wisatawan,” katanya.

Direktur SIPA, Irawati Kusumorasri menjelaskan tema yang diangkat pada pergelaran SIPA yang ke-10 memiliki arti satu bangsa dan satu dunia.

“Persatuan menjadi pesan moral yang akan disuarakan dan digelorakan di panggung tahun ini. Pemilihan tema tersebut dikarenakan perdamaian saat ini sangat dibutuhkan semua manusia,” jelasnya.

Ira pun menjelaskan soal maskot SIPA 2018, yakni Melati Suryodarmo yang merupakan alumni Universitas Padjadjaran Bandung jurusan Hubungan Internasional. Melati MEmulai pendidikan seni rupa dan performance di Hochschule Fuer Bildende Kuenste Braunschweig Jerman dan menyelesaikan pascasarjana pada 2003. Melati juga sekaligus bekerja dan berkesenian selama 20 tahun di Eropa.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Talal Al-Shaigi | Sumber: Detik

تعليقات
Loading...
Click Me