قَلَّ مَنْ يعلم هذه هي فائدة الصيام للأسنان والفم

Tak Banyak Yang Tahu, Ini Manfaat Berpuasa Bagi Gigi Dan Mulut

0 1٬172

جاكرتا، إندونيسيا اليوم–  ليس الجهاز الهضمي فحسب، بل الأسنان والفم أيضا حصلت على عدد لا يحصى من الفوائد عندما نصوم. بشرط العناية في تناول الطعام والمشروبات أثناء السحور والإفطار.

لماذا يجلب الصيام العديد من الفوائد لصحة الفم والأسنان؟ لأن العديد من الدراسات تقول هذا النشاط الإيجابي جيد جداً للصحة العامة.

وهنا بعض فوائد الصيام لصحة الفم، كما أوضحت ذلك الطبيبة كليستا أرغينتتنا من موقع Click Doctors:

منع أمراض اللثة

يمكن للصيام المساعدة في الحفاظ على صحة اللثة وأنسجة اللثة. هذا يعني، يمكن تجنب خطر الالتهاب في الأنسجة اللثوية.

هل أعجبتك هذه المزايا؟ تأكد من اهتمامك بنظافة الفم أثناء الصيام. الطريقة هي تنظيف الأسنان مرتين على الأقل يوميًا باستخدام معجون أسنان يحتوي على الفلورايد.

منع تسوس الأسنان

كلما زاد الطعام الذي يأتي، كلما تنوعت الجراثيم الموجودة في التجويف الفموي. فعن طريق الصيام، لن يكون لديك طعام أو شراب لما يقرب من اثنتي عشرة ساعة. في النهاية، يمكن تقليل البكتيريا الواردة، لذلك يمكن أيضا منع تسوس الأسنان والالتهابات عن طريق الفم.

حسنًا، إذا كنت قادرًا على الحفاظ على نظافة الفم بشكل أكثر شمولًا في هذا الشهر، فإنه يمكن الوقاية من مرض المعدة والأمعاء حتى يمكن الوقاية من أمراض القلب.

الحفاظ على توازن الفلورا في الفم

الصيام يعطي الوقت لأعضاء الجسم أن تستريح للحظة. هذا يؤثر أيضا على توازن الفلورا الطبيعية في تجويف الفم، بحيث لا يحدث التجاويف واضطرابات اللثة.

بالإضافة إلى ذلك، فإن توازن الفلورا في الفم يجعل البكتيريا لا تطلق غاز VSCs (مركبات الكبريت المتطايرة عشوائيا)، التي هي سبب رائحة الفم الكريهة.

هذا يعني، عن طريق الصيام والحفاظ على نظافة الفم، لا داعي للقلق بشأن حدوث رائحة الفم الكريهة في المستقبل.

لكي تكون قادراً على الاستفادة من هذه الفوائد، يجب الحفاظ على نظافة الفم أثناء الصيام. الطريقة هي تنظيف أسنانك على الأقل مرتين في اليوم، أي بعد السحور والإفطار. عند تنظيف الأسنان بالفرشاة، تأكد من استخدام فرشاة أسنان رقيق ومعجون أسنان يحتوي على الفلورايد.

صيامكم مبارك

المترجم : أحمد شكري | المحرر : فارس البدر | المصدر : ميرديكا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Tak hanya sistem pencernaan, ternyata gigi dan mulut pun mendapat segudang manfaat ketika kita berpuasa. Asal, kita tidak pilih-pilih dalam menyantap makanan dan minuman saat sahur dan buka puasa.

Mengapa puasa membawa banyak manfaat untuk kesehatan mulut dan gigi? Sebab, banyak penelitian menyebutkan, aktivitas positif ini sangat baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Berikut beberapa manfaat puasa untuk kesehatan gigi dan mulut, seperti diungkap drg. Callista Argentina dari situs Klik Dokter:

Mencegah penyakit periodontal

Berpuasa dapat membantu menjaga kesehatan gusi dan jaringan periodontal. Ini berarti, risiko terjadinya peradangan pada jaringan periodontal bisa dihindari.

Anda tertarik dengan manfaat yang satu ini? Pastikan Anda tetap memperhatikan kebersihan rongga mulut selama berpuasa. Caranya adalah dengan menyikat gigi paling tidak dua kali sehari menggunakan pasta gigi berfluoride.

Mencegah kerusakan gigi

Semakin banyak makanan yang masuk, semakin bervariasi pula kuman yang hinggap di rongga mulut. Dengan berpuasa, Anda tidak akan kemasukan makanan atau minuman selama hampir dua belas jam. Pada akhirnya, bakteri yang masuk bisa ditekan jumlahnya, sehingga kerusakan gigi dan infeksi rongga mulut juga bisa dicegah.

Nah, Jika Anda mampu menjaga kebersihan rongga mulut dengan lebih teliti di bulan puasa ini, penyakit saluran cerna hingga penyakit jantung bisa dicegah, lho.

Menjaga keseimbangan flora di dalam mulut

Puasa memberikan waktu bagi organ-organ tubuh untuk beristirahat sejenak. Hal ini turut memengaruhi keseimbangan flora normal di dalam rongga mulut, sehingga gigi berlubang serta gangguan pada gusi tak akan terjadi.

Di samping itu, keseimbangan flora di dalam mulut juga membuat bakteri tidak serta-merta melepaskan gas VSCs (Volatile Sulphuric Compounds), yang merupakan penyebab bau mulut atau halitosis.

Ini artinya, dengan berpuasa dan menjaga kebersihan rongga mulut, Anda tak perlu khawatir akan kejadian bau mulut di kemudian hari.

Agar benar-benar dapat merasakan sederet manfaat di atas, Anda wajib menjaga kebersihan mulut selama berpuasa. Caranya adalah dengan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, yaitu setelah sahur dan berbuka. Saat menyikat, pastikan Anda menggunakan sikat gigi berbulu halus dan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Selamat berpuasa!

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares Al Badr | Sumber: Merdeka

تعليقات
Loading...