إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

لا تخطئ، السجائر الكهربائية تصيب الإنسان بالإدمان

Jangan salah, rokok elektrik tetap bikin kecanduan

- الإعلانات -

0 298

إندونيسيا اليوم — منذ ظهور السجائر الكهربائية، أصبحت مغناطيس للمدخنين. يدعي بعض المصنعين أن هذه السجائر أكثر أمانًا وأقل إدمانية من السجائر العادية.

هل هذا صحيح؟ ليس هناك أحد يضمن أن السجائر الكهربائية لا تضر بصحة الجسم. هذا لأن المواد الكيميائية المختلفة الواردة فيها لم يتم اختبارها من أجل السلامة.

“في إندونيسيا، نرى اليوم اتجاه الأشخاص الذين يستخدمون السجائر الإلكترونية، لماذا هذه السجائر، لأنها أغلى. بالنسبة للشباب الذين يستخدمون السيجارة الإلكترونية، فإنها أكثر روعة، ذلك لأنها أغلى. ولكن ما زلنا نقول أن هذا المنتج ضار بالصحة ، “قال طبيب القلب ، د. آدي ميديان أمباري.

وكذا أوضحت الرئيسة الثالثة لمؤسسة القلب الإندونيسي ورئيسة اللجنة الوطنية لمكافحة التبغ، لاكسمياتي أ. حنفية، أن هناك احتمال بأن السجائر الكهربائية لا تزال تحتوي على النيكوتين على الرغم من العديد من الادعاءات بعدم وجود مثل هذه المادة الكيميائية فيها.

“أنا لست متأكدة،لو كانت )السجائر الكهربائية) لا تحتوي على النيكوتين تماما .. النيكوتين هو بالضبط ما يجعل الشخص مدمنا ،” قالت المرأة التي تسمى ميا بشكل مألوف.

وتقول ميا إن النيكوتين يصنف في الحقيقة على أنه مادة مسببة للإدمان أعلى من الهيروين والكوكايين.

وقالت ميا: “الأمر هو أن المستهلك يستخدمها شيئا فشيئا، ولا يشعر بها، لكنه لا يزال مدمنا أكثر من إدمان الهيروين والكوكايين. بمعنى أن التوقف أكثر صعوبة”.

يبقى خطرا على الآخرين

وقال آدي، إن الدخان المنبعث من السيجارة الكهربائية يعرض الناس من حوله للخطر.

“على الرغم من أنهم يدعون،” أوه… نحن لا نستخدم النيكوتين، لا تستخدم الأيروسول النيكوتين، “ولكن لا تزال هناك مواد كيميائية أخرى خطيرة” ، قال آدي.

وأضاف: “هناك دراسة واحدة مفادها أنه إذا فتحنا فإن ذلك يسبب الإصابة بسرطان الرئة”.

وبالإضافة إلى السجائر، قال آدي إن منتجات التبغ المختلفة مثل الشيشة والسجائر الكهربائية والفابي والسيجار تسبب أضرارًا بالجسم، حتى لو لم يكن لها تأثير مباشر.

المترجم : أحمد شكري | المحرر : فارس البدر | المصدر : ميرديكا


Jangan salah, rokok elektrik tetap bikin kecanduan

Indonesiaalyoum.com — Sejak muncul, rokok elektrik menjadi magnet bagi perokok. Sebagian produsen mengklaim rokok ini lebih aman dan tidak menimbulkan kecanduan dibandingkan dari rokok biasa.

Benarkah demikian? Ternyata, tidak ada jaminan rokok elektrik tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh. Hal ini karena berbagai cairan kimia yang terkandung di dalamnya belum teruji keamanannya.

“Di Indonesia kita lihat sekarang ini trennya orang pakai e- cigarette (rokok elektrik) kenapa, satu lebih mahal. Untuk anak muda yang pakai e-cigarette itu lebih keren katanya, karena lebih mahal. Tapi tetap kita katakan produk ini berbahaya bagi kesehatan,” ujar kardiologis, dr. Ade Meidian Ambari.

Senada dengan Ade, Ketua III Harian Yayasan Jantung Indonesia dan Ketua Harian Komnas Pengendalian Tembakau Laksmiati A. Hanafiah mengungkapkan bahwa ada kemungkinan rokok elektrik tetap mengandung nikotin sekalipun banyak klaim yang menyatakan tidak ada kimia tersebut di dalamnya.

“Saya kok tidak yakin ya bahwa (rokok elektrik) tidak mengandung nikotin sama sekali. Nikotin itu justru yang membuat seseorang menjadi kecanduan,” ujar perempuan yang akrab disapa Mia ini.

Mia mengatakan, nikotin sesungguhnya dikategorikan sebagai zat adiktif yang lebih tinggi ketimbang heroin dan kokain.

“Hanya saja karena pemberiannya itu sedikit-sedikit, tidak terasa. Tapi tetap dia lebih tinggi kecanduannya daripada heroin dan kokain. Dalam arti kata, berhentinya lebih sulit,” ujar Mia.

Tetap berbahaya bagi orang lain

Ade sendiri mengatakan bahwa asap dari rokok elektrik pun juga membahayakan orang di sekitarnya.

“Walaupun mereka klaim, ‘oh kita gak pakai nikotin, aerosolnya tidak pakai nikotin,’ Tapi tetap ada bahan kimia lain yang itu berbahaya,” ungkap Ade.

“Ada satu penelitian yang kalau kita buka, bahwa itu menyebabkan kanker paru itu ada,” tambahnya.

Selain rokok, Ade mengatakan berbagai produk tembakau seperti shisha, rokok elektrik, vape, hingga cerutu menyebabkan kerusakan pada tubuh, sekalipun tidak akan berdampak secara langsung.

Penerjemah : Ahmad Syukri | Editor : Fares Al Badr| Sumber : Merdeka

(10)

تعليقات
Loading...
Click Me