إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

مأكولات غير عادية بيوجياكرتا

Wisata Kuliner Yogya yang Tak Biasa

- الإعلانات -

0 224

يوجياكارتا، إندونيسيا اليومإذا  رغبت في اكتشاف مأكولات جوكجا، لا تقف في الأرز جوديج أو ساتي فقط. فهناك مشروبات فريدة من نوعها ويمكننا تذوقها! إنها أيس كريبو و وعلي نجيت. وكما اكتشفنا بعد العودة من معبد برامبانان حيث كان اليوم حار جداً، وجعلنا نبحث عن مشروب بارد منعش.

مكثنا في الفندق بالقرب من مطار أدي سوجيبتو، بعد عودتنا من معبد برامبانان لإقامة الحدث. عند وصولنا إلى الفندق ووضعنا الحقائب في الغرفة، لاحظنا أن هناك منطقة لتناول الطعام بجوار الفندق. هذا المكان يقع في منطقة معرض الفن بجوكجا للفنان  سابتو هويدجو. بعد الجلوس، نصحنا النادل لطلب الطعام في الصراف. ولا نعرف ما السبب. وسألنا الصراف ما هو مشروبات ومأكولات فريدة عنده.

نصحنا الصراف لطلب أيس كريبو. وتساءلنا عن هذا المشروب. أما بالنسبة للمأكولات، فقد عرض لنا النادل علي نجيت. نعم  الدجاج المقلي المضغوط  لكن النادل يعمد إلى أن يجعله فريدا من نوعه. بعد الانتظار لحظة، وصل طلبنا إلى الطاولة. أول ما يأتي هو أيس كريبو، وما يعني به؟

الآيس كريبو عبارة عن الثلج بالفوكه أو ما يسمى حساء الفواكه، لكنه يضاف إليه الآيس كريم. وهو ألذ من أي شيء آخر. حلاوة الآيس كريم يضاف إليه حساء الفواكه الطازج، مما يزيل العطش وشعرنا بالانتعاش في وسط الطقس الحار.

يتكون الثلج بالفواكه من فاكهة التنين والبطيخ والبابايا والبطيخ. وهو معيار قياسي للثلج بالفواكه عموماً. لكن ما يميزه عن غيره من الثلج، هو الآيس كريم الذي يزيد الانتعاش واللذة. وقد فوجئنا بالنادل عندما قدم لنا الطعام. وعادة ما يقدم الطعام على طبق، لكنه يقدم مع المرقة،. إنها مميزة. بالنسبة للسعر، فإنها رخيصة خمسة وعشرون ألف روبية للآيس كريم وخمسة وثلاثون للدجاج المضغوط. هل تريد أن تجربها؟

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: طلال الشايقي | المصدر: ديتيك


Yogyakarta, Indonesiaalyoum.com – Wisata kuliner Jogja, jangan berburu nasi Gudeg atau sate khlatak saja. Ada kuliner unik di Jogja yang bisa kita icip-icip lho! Es Kribo dan Aly Nyet namanya. Seperti yang kami temukan, seusai pulang dari Candi Prambanan dimana hari begitu panas, dan membuat saya mencari minuman dingin yang menyegarkan.

Kami yang menginap di hotel di dekat Bandara Adisucipto, sepulang dari Candi Prambanan dalam rangka sebuah event lari, kembali ke hotel. Sesampai di hotel dan menaruh tas di dalam kamar, kami kemudian melihat ada sebuah tempat makan di sebelah hotel. Tempat makan ini berada di area galeri seniman Jogja, Sapto Hoedojo. Setelah duduk, pelayan lebih menyarankan kami untuk memesan makanan di kasir. Entah kenapa. Sampai di kasir, kami bertanya, es dan makanan apa yang unik.

Petugas yang ada di kasir pun menyarankan kami untuk memesan es kribo. Kami  pun panasaran dengan es kribo ini. Untuk makanan, kami ditawari Alay Nyet. Ya sebenarnya ini ayam penyet tapi dibikin unik. Setelah menunggu, pesanan kami pun sampai di meja. Yang pertama datang adalah es kribo. Okei, sebenarnya apa sih es kribo ini?

Es kribo ini adalah es buah atau yang biasa disebut dengan sop buah, tapi ditambahkan es krim. Wah lain daripada yang lain. Manisnya es krim ditambahkan dengan segarnya sop buah, mampu membuat kami menghilangkan dahaga dan terasa segar di tengah cuaca panas.

Es buahnya sendiri ada buah naga, semangka, pepaya dan melon. Standard es buah sebenarnya. Tapi yang bikin spesial adalah es krimnya yang menambah kesegaran dan enak es kribo ini. Nah ini ketika makanan disajikan, kami kaget. Kalau biasanya makanan disajikan di piring, dan penyetnya di tempat cobek atau ulekan, kali ini disajikan di ulekan atau cobek batu. Berbeda memang. Soal harga, murah kok. Es Kribo  Rp 25 ribu dan Alay Nyet Rp 35 ribu. Mau mencobanya?

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Talal Al-Shaiqi | Sumber: Detik

(10)

تعليقات
Loading...
Click Me