إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

مؤتمر نهضة العلماء يوصي بعدم دعوة غير المسلمين بالكفار

Rekomendasi Munas Ulama NU: Jangan Sebut Kafir kepada Nonmuslim

0 614

- Advertisement -

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – اختتم مؤتمر العلماء الوطني و المؤتمر الكبير لجمعية نهضة العلماء في معهد مفتاح الهدى الأزهر في بانجار بجاوا الغربية أعماله بشكل رسمي. أعلن رئيس نهضة العلماء سعيد عقيل عن توصيات الجلسة العامة للمؤتمر، و التي جاء من بينها بألا يطلق لفظ الكفار على غير المسلمين.

قال عقيل بأن مصطلح الكفار ليس له وجود في نظم المواطنة في أي بلد أو أمة. و من ثم فإن كل مواطن له نفس الحقوق في نظر الدستور. لذلك يوجد غير المسليمن، و ليس الكفار.

أكد عقيل أن مصطلح الكافر كان يستخدم هندما كان النبي محمد في مكة، و كان يطلق على عباد الأصنام، ممن ليس لهم كتاب مقدس ولا دين صحيح.

قال عقيل: “لكن عندما هاجر النبي إلى المدينة، لم يكن يستخدم اصطلاح الكفار بالنسبة لمواطنين المدينة. كانت هناك ثلاثة قبائل غير مسلمة في المدينة، و كانوا بدعون بغير المسلمين و ليس الكفار”. الجمعة 1/3.

قد يهمك أيضا: الرئيس جوكوي يطلب نهضة العلماء حماية التنوع في إندونيسيا

التوصية الثانية التي خرج بها المؤتمر بأنه على أساس من الدستور الإندونيسي، لا يجب أن تكون هناك أي جهة تصدر الفتاوى غير المحكمة العليا، و بناءًا على ذلك فإن نتائج هذا المؤتمر لا تعتبر فتاوى.

أصاف عقيل: “هذا نتيجة المشاورات بين العلماء، و ليست فتاوى. لأن إندونيسيا ليست دولة دينية، فتختلف عن دول الشرق الأوسط التي لديها مفتي. و في نفس الوقت غير مسموح أن يكون الإندونيسيين بلا ديانة. و لذلك لدينا وزارة الشئون الدينية، و لكن لا يوجد دار للإفتاء”.

بالإضافة إلى ذلك خرج المؤتمر بثلاث توصيات أخرى تتعلق بالألعاب النقدية، و النفايات البلاستيكية، و تعظيم دور نهضة العلماء في المشاركة في حل النزاعات الدولية لخلق السلام العالمي بالاستعانة بمفاهيم الإسلام الإندونيسي، أو إسلام نوسانتارا.

قد يهمك أيضا: ابن مؤسس نهضة العلماء يدعم الجنرال برابوو رئيسًا. لماذا؟

سكرتير نهضة العلماء بجاوا الشرقية أحمد منهى، و الذي كان ضمن لجنة صياغة البيان الختامي للمؤتمر، قال بأن غير المسلمين في الدول القومية لا يمكن أن يتم إدراجهم تحت مصطلح الكفار، لأن لأنهم في تلك الدولة هم مواطنون لهم نفس حقوق المسلمين و عليهم نفس واجباتهم.

الأفكار التي قدمها وفد جاوا الشرقية لاقت ترحيب من قبل العلماء. ” لا لدعوة غير المسلمين بالكفار. فالمسلم في المجتمع الواحد لا يمكن أن يدعو غير المسلم بـ (هاي كافر).”ختم أحمد.

المترجم : مؤمن السيفي | المصدر: ديتيك نيوز


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Munas Alim Ulama dan Konferensi Besar NU di Ponpes Miftahul Huda Al Azhar, Citangkolo, Banjar, Jawa Barat resmi ditutup. Ketua Umum PBNU Said Aqil Siraj menyampaikan rekomendasi komisi-komisi hasil rapat pleno Munas Ulama, salah satunya tidak menyebut kafir kepada nonmuslim.

Said Aqil mengatakan istilah kafir tidak dikenal dalam sistem kewarganegaraan pada suatu negara dan bangsa. Maka setiap warga negara memiliki hak yang sama dimata konstitusi. Karena itu yang ada adalah nonmuslim, bukan kafir.

Said Aqil mengisahkan, istilah kafir berlaku ketika Nabi Muhammad di Mekah, untuk menyebut orang yang menyembah berhala, tidak memiliki kitab suci dan agama yang benar.

“Tapi Ketika Nabi Muhammad hijrah ke Madinah, tidak ada istilah kafir bagi warga Madinah. Ada tiga suku nonmuslim di madinah, di sana disebut nonmuslim, tidak disebut kafir,” kata Said menjelaskan di lokasi, Jumat (1/3/2019).

Rekomendasi kedua, Said menjelaskan berdasarkan konstitusi, tidak boleh ada lembaga yang mengeluarkan fatwa kecuali Mahkamah Agung. Karena itu, hasil musyawarah ini juga bukan fatwa.

“Kalau ini hasil musyawarah ulama, bukan fatwa. Karena Indonesia bukan negara agama beda dengan negara timur tengah yang ada mufti. Namun sejurus dengan itu. Tidak boleh ada warga negara Indonesia yang tidak beragama. Maka ada Kementerian Agama tapi tidak ada darul fatwa,” ujarnya.

Selain itu, ada tiga rekomendasi lainnya yaitu soal money game, sampah plastik, dan optimalisasi peran NU untuk turut serta menyelesaikan konflik internasional dan mewujudkan perdamaian dunia dengan konsep Islam Nusantara.

Sekretaris LBMNU Jatim yang juga tim perumus, Ahmad Muntaha mengatakan bahwa nonmuslim dalam suatu negara bangsa tidak dapat masuk dalam kategori kafir. Karenanya, kata dia, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara mereka adalah warga negara atau muwathin yang mempunyai kewajiban dan hak yang sama dan setara sebagaimana lainnya.

Ide yang disampaikan oleh delegasi Jawa timur ini mendapat sambutan positif dari para kiai. “Jangan sebut kafir kepada nonmuslim. Ini juga melatih bahwa salam konteks sosial kemasyarakatan seorang muslim semestinya tidak memanggil nonmuslim dengan panggilan yang sensitif ‘hai kafir’,” tutur Ahmad.

Penerjemah: Momen Alsayfi | Siumber: detikNews

(147)

تعليقات
Loading...
Click Me