متى تذهب إلى سوبوسير, راجا أمبات المصغرة في سولاويسي

Kamu Kapan ke Sombori, Raja ampat mini Sulawesi

0 572

 

جاكرتا، إندونيسيا اليوم–  هل تعلم أن هناك مقاصد سياحية تُلقَب براجا أمبات المصغرة، هذه هي جزر سومبوري التي تقع في منطقة موروالي ، وسط سولاويزي.

يتكون الأرخبيل من جزر ، مثل جزيرة مبوكيتا ، و كوكو ، و كايانجان ، و سومبوري ، و دوا لاووت. للوصول إلى سومبوري ، من كينداري نذهب إلى الميناء ثم نواصل بالقارب السريع إلى سومبوري.

قد يهمك: ثناء وزيرة مُؤَسَّسَةُ العَمَلِ الحُكُومِيِّ على قرية دوريان بانيووانجي

للوصول إلى سومبوري ، عادة سنتوقف عند لابينجكي أولاً  . في سومبوري ، يمكننا البقاء في قرية مبوكيتا ، حيث تعيش قبيلة باجو . لا يوجد سكن هناك ، لذلك إذا ذهبنا إلى هناك مع مجموعة فعادة يكون البقاء في قاعة القرية باستخدام مرتبة.

جزيرة كوكو هي جزيرة صغيرة من الرمال البيضاء. لأننا صادفنا هناك في فترة ما بعد الظهر ، يمكن أن نتمتع بالمياه صعودا وهبوطا. ومن الممتع جدًا التقاط صورة هنا.

قد يهمك: رؤية بيليتونج من منارة جزيرة لينغواس

في سومبوري يمكننا التوقف عند كهف ألو يمتلئ الجزء الأمامي من هذا الكهف بالمياه الضحلة وهناك رمال على جانبه مثل الشاطئ . في الداخل هناك مكانة إذا كنا نجرؤ على النزول والدخول في كوة تشبه الحوض الصغير.

وفي الكهف ، ظلام بالطبع  , إذا ذهبت إلى هناك ، يجب عليك استخدام تعويم نعم. بالإضافة إلى ذلك ، يمكننا زيارة منزل الجدة الذي يحتوي على مكان بارد لالتقاط الصور. في منزل الجدة هذا يمكننا التوقف والتحدث مع الجدة.
المكان الرئيسي هو سومبوري هيل. لتسلق هذا التل هو في الواقع صراع. لأنه لا يوجد مسار خاص ، يجب علينا تسلق التل بين صخور كارست وهو حاد جدا , لذلك ، ينصح بشدة ارتداء القفازات.

قد يهمك: افتتح رسميا معرض غارودا اندونيسيا للسفر من وإلى جاكرتا

ولكن بمجرد انتهائه ، يتم دفع جميع الجهود. لركوب التلال الخضراء ومياه البحر الخضراء أيضًا أمام العينين . انها لن تتحرك من هذا المكان. على هذا التل ، علينا أن نكون حذرين ، لأنه في اليمين واليسار ليس لدينا سياج أمان.

المترجمة :مايا يونياتي | المحرر: فارس البدر | المصدر: ديتيك

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Tahukah anda bahwasanya ada destinasi wisata berjuluk Raja Ampat mini. Inilah Kepulauan Sombori yang terletak di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Kepulauan ini terdiri dari pulau-pulau, seperti Pulau Mbokita, Koko, Kayangan, Sombori, dan Dua Laut. Untuk mencapai Sombori, dari Kendari kita menuju pelabuhan dan kemudian melanjutkan dengan naik speed boat ke Sombori

Untuk menuju Sombori, biasanya kita akan singgah di Labengki terlebih dahulu. Di Sombori, kita bisa menginap di Desa Mbokkita, tempat bermukimnya Suku Bajo. Tidak ada penginapan disana, jadi jika kita pergi kesana dengan grup biasanya menginap di balai desa dengan menggelar kasur.

Pulau Koko merupakan pulau kecil berpasir putih. Karena kami kebetulan berkunjung kesana di sore hari, kita bisa merasakan dari air masih pasang hingga surut. Seru sekali berfoto di sini.

Di Kepulauan Sombori kita bisa singgah ke Gua Allo. Bagian depan gua ini memang dipenuhi air dangkal dan ada pasir di sisinya layaknya pantai. Di bagian dalam terdapat ceruk yang jika kita berani, bisa turun dan masuk ke dalam cerukan yang seperti palung.

Namanya juga gua, jadi gelap pastinya. Jika masuk kesini, sebaiknya memakai pelampung ya. Selain itu, kita bisa berkunjung ke rumah nenek yang punya spot keren untuk berfoto. Di rumah nenek ini kita bisa mampir dan ngobrol-ngobrol dengan sang nenek.

Yang menjadi spot utama adalah Bukit Sombori. Untuk naik ke bukit ini memang perlu perjuangan. Karena belum ada jalur khusus, kita harus menaiki bukit diantara bebatuan karst yang sangat tajam. Oleh karena itu memakai sarung tangan sangat dianjurkan.

Tapi sesampainya di atas, semua usaha terbayarkan. Hamparan bukit-bukit hijau dan air laut yang juga berwarna kehijauan tampak di depan mata. Cantik sekali. Rasanya tidak mau beranjak dari sini. Di atas sini perlu berhati-hati juga ya, karena di kanan kiri kita tidak ada pagar pengaman.

Jangan sampai keasyikan selfie membuat kita lengah. Kamu kapan ke Sombori?

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Fares alBadr | Sumber: Detik.com

 

تعليقات
Loading...