قصة بوديونو عن الأزمة الاقتصادية لعام 1998

Cerita Boediono Soal Krisis Ekonomi 1998

0 646

 

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – عاود نائب رئيس الجمهورية السابق بوديونو في سرد قصة الأزمة الاقتصادية التي مرت بها إندونيسيا في الفترة 1997-1998. وقال إن الأزمة التي حدثت في ذلك الوقت كانت بالفعل تتجاوز الحد الذي توقعته الحكومة.

وذكر إنه كان على إندونيسيا في ذلك الوقت أن تستعد استعدادا تاما لمواجهة الأزمة، لكنها ما استعدت لمواجهة ذلك، لأن الأزمة أشد مما كان في السابق.

اقرأ أيضا: اللائحة الرئاسية بشأن العمالة الأجنبية يقلل من فرص العمالة المحلية

وقال بوديونو في مبنى بنك إندونيسيا المركزي، الأربعاء أمس:” كانت الأزمة عام 1997 بدأت في الأصل من تايلاند ولكن في ذلك العام شعرنا أن اقتصادنا كان جّيداً، وذلك كما قال البنك الدولي في تقريره بيونيو 1997 إن الاقتصاد الإندونيسي جيدٌ، ومن يتوقع أن  اقتصادنا في أغسطس – ديسمبر ينهار وشهد أشد الأزمات.

وأضاف بوديونو أن الأزمة ناجمة عن العامل الخارجي حيث هجم على حساب رأس المال الإندونيسي، الذي أصبح الدعامة الأساسية لتمويل الاقتصاد في إندونيسيا. بما في ذلك تمويل صناعة النفط والغاز في البلاد.

اقرأ أيضا: الوزيرة سوسي: أنا لا أبيع أسرار الدولة، ولكني أبيع بيانات المجرمين

وقال “إن هذه الأزمة شيء جديد جدا بالنسبة لي، لقد شاركت في ذلك الوقت كعضو في مجلس محافظ بنك إندونيسيا. وهذه أول أزمة شديدة رأيتها في حياتي. وإن الأشياء التي لا نخمنها تجعلنا حائرين في البحث عن الحل.”

وأوضح بوديودنو الذي كان يتقلد منصب محافظ بنك إندونيسيا المركزي، أن الاقتصاد الاندونيسي بدأ ينمو  في عام 2004. كان نمو الاقتصاد الإندونيسي في عام 1998  بنسبة 13 ٪ ، ثم ارتفع في عام 2004 إلى 4 ٪. وهذا  بتكاليف غير عادية”.

وأضاف أن الأزمة في عام 1998 أعطت عبرةً لإندونيسيا مفادها أن الأزمة المالية الناجمة عن عكس حساب رأس المال يجب تحديدها مسبقا. لأن إندونيسيا من إحدى دول تعرضت لأشد الأزمات جنبا إلى جنب مع الحالة السياسية التي اضطرت إلى إيجاد الإصلاحات فأدت إلى تفاقم أوضاع إندونيسيا المتدهورة في تلك الفترة.

اقرأ أيضا: بنك إندونيسيا المركزي يتفاءل بنمو الاستهلاك فوق خمسة في المئة

وختم بوديونو قوله: نحن من بين الدول التي تعرضت لأشد الأزمات، ونظام الدفع لنا كان يتعطل، والعالم كان لا يعترف بخطابنا الاعتمادي، وكل اقتصادنا كان ينهار، وكانت إحدى المشاكل السياسية في ذلك الحين هي الرغبة في إصلاح السياسة. لذا، فإن الجانب السياسي يزيد التضرر.  وما كنا ندري قدوم إل نينو والجفاف العظيم. وهذا يزيد عبئنا. وهذه خبرة مهمة بالنسبة لنا.

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: فارس البدر | المصدر: سيندو نيوز

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Mantan Wakil Presiden (Wapres) RI Boediono mengisahkan kembali soal krisis ekonomi yang pernah dialami Indonesia pada periode 1997-1998. Menurutnya, krisis yang terjadi kala itu benar-benar diluar batas yang diperkirakan pemerintah.

Dia mengatakan, seharusnya Indonesia bisa lebih siap dalam menghadapi krisis kala itu. Namun ternyata Indonesia tidak siap menghadapinya, karena krisis terjadi lebih parah dari yang dibayangkan sebelumnya.

“Karena pada 1997 itu mulanya dari Thailand. Tapi pada 1997 itu kita merasa masih bagus (ekonominya), dan Bank Dunia juga mengatakan pada waktu laporan Juni 1997 mengatakan ekonomi Indonesia masih bagus. Siapa yang mengira Agustus-Desember makin parah,” katanya di Gedung BI, Jakarta, Rabu (28/3/2018).

Menurutnya, krisis ini disebabkan oleh faktor dari luar dimana yang diserang saat itu adalah neraca modal (capital account) Indonesia, yang menjadi andalan untuk membiayai perekonomian di Indonesia. Termasuk, untuk membiayai industri nonmigas dan perbankan di Tanah Air.

“Ini suatu yang baru sama sekali. Saya terlibat waktu itu sebagai anggota Dewan Gubernur BI. Ini adalah krisis yang sangat parah yang pernah saya lihat. Suatu yang tidak bisa terka kadang membuat kita bingung untuk mencari solusi” imbuh dia.

Mantan Gubernur BI ini menuturkan, perekonomian Indonesia baru mulai merangkak naik pada 2004. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 1998 -13%, dan kemudian pada 2004 mulai merangkak naik menjadi 4%. “Itupun dengan biaya yang luar biasa,” ucap dia.

Sambung dia menambahkan, krisis 1998 memberikan pelajaran untuk Indonesia bahwa krisis finansial yang disebabkan oleh pembalikan capital account memang harus dipreferensi sejak awal. Sebab, Indonesia termasuk yang paling parah mengalami krisis kala itu. Ditambah lagi, situasi politik yang kala itu menuntut adanya reformasi juga memperparah kondisi Indonesia pada periode tersebut.

“Kita termasuk yang paling parah mengalami dampak krisis itu. Sistem pembayaran kita macet, LC kita nggak diakui dunia, semua runtuh ekonomi kita. Dan masalah politik pada waktu itu ada keinginan melakukan reformasi politik. Jadi aspek politik memperparah. Dan waktu itu kita nggak sadar el nino datang, kekeringan luar biasa. Ini menambah beban kita. Ini pengalaman penting bagi kita,” tandasnya.

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Fares alBadr | Sumber: Sindonews

 

تعليقات
Loading...