إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

مدينة أغاتس البيئية

Kenalan dengan Kota Agats! Kota Bebas Polusi di Papua yang Mengapung di Atas Papan

- الإعلانات -

0 170

أغاتس، إندونيسيا اليومإذا كنت تتحدث عن بابوا، وربما لا تعرف عن بابوا سوى طائر سيندراواسيه وراجا أمبات، وسائل النقل الصعبة والسكان المحليين الذين ما زالوا متمسكين بتقاليدهم الخاصة. وبعدهم عن الحضارة، ربما يخطر ببالك أن حضارة بابوا ثابتة لا تتغير ولا يوجد بها إلا السكان الأصليين الجاهلين بالتكنولوجيا.

ولكن عندما نتحدث عن التقاليد، فإن بابوا تتقدم أكثر من المدن الكبرى الأخرى في إندونيسيا. وفي أرض بابوا التي يقال إنها تتخلف في مجال تكنولوجيا المعلومات، فهناك مدينة تقوم على لوح من الخشب. تفضل بالتعرف عليها، اسمها مدينة أغاتس (فوق اللوح) التي تتمتع بجمالها الساحر.

مدينة أغاتس البيئية2

تقع أغاتس بمناطق موحلة ومليئة بالمستنقعات، فلم يكن أحد يظن أنه سيكون هناك مدينة. على عكس المدن الأخرى، لا تقوم أغاتس على منخفضات صلبة ولكن فوق الوحل وعلى المستنقعات. من الواضح أنه من الصعب جدا بناء حضارة هناك.

تتميز أغاتس ببنية تحتية فريدة من نوعها،فهي تربط  بين المباني. وعادة ما نجد طريق أسفلت في مدن أخرى، ولكن لا نجد الأسفلت هنا إلا عبارة عن الواح موحلة حتى أنه من الصعب تشييد المباني عليها. ومع ذلك، وبفضل مثابرة قبيلة أسمت، وجدوا حلاً لبناء مدن على الوحل والمستنقعات.

مدينة أغاتس البيئية3

وبمثل هذه المرافق والبنية التحتية، وبالتأكيد ليس من السهل على سائقي السيارات المرور عليها. ولن تكون اللوحة الخشبية القائمة على الأرض الموحلة والمستنقعات قوية بما يكفي لدعم حمولة المركبات. ولذلك، فإن غالبية نشاطات التنقل التي يقوم بها سكان أغاتس عن طريق المركبات الكهربائية أو سير على الأقدام.

وقد حظر حاكم أغاتس على سكانه استخدام المركبات. وبالإضافة إلى حمولة المركبات الثقيلة، فإن الانبعاثات الصادرة عن المركبات تضر بالصحة أيضًا. تمام! وبهذه الطريقة تعتبر أغاتس واحدة من المدن الخالية من التلوثً في العالم! وهي انفراجة فريدة لا تقتصر قائدتها على السكان المحليين ولكنها أيضا تفيد طبيعتنا بشكل عام.

مدينة أغاتس البيئية4

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: طلال الشايقي | المصدر: هيبوي


Agats, Indonesiaalyoum.com – Mungkin jika bicara soal Papua, yang kamu kenal paling cuma burung Cendrawasih, Raja Ampat, transportasi susah hingga masyarakatnya yang masih memegang teguh kepercayaan adatnya saja. Untuk urusan peradaban. Mungkin dalam benakmu peradaban di Papua ya cuma gitu-gitu doang. Isinya cuma masyarakat adat yang masih belum terlalu melek teknologi.

Namun, kalau bicara soal keelokan adatnya, ternyata Papua memiliki kemajuan yang lebih daripada kota-kota besar lain di Indonesia. Di tanah Papua yang katanya tertinggal dari segi teknologi informasi, nyatanya ada sebuah kota yang berdiri di atas papan kayu. Perkenalkan, namanya Agats; kota di atas papan yang punya keindahan menawan.

Berada di wilayah lumpur dan rawa-rawa, tak ada satu pun orang yang mengira akan ada kota berdiri di atasnya. Berbeda dengan kota-kota lain, Agats tidak berdiri di atas dataran yang kokoh melainkan hamparan lumpur dan rawa-rawa. Jelas saja sangat susah untuk membangun sebuah peradaban di sana.

Keunikan dari Agats adalah sarana dan prasarana penghubung antar bangunan. Jalanan yang biasanya aspal, di sana berupa papan kayu Daratan yang berlumpur dan dipenuhi rawa jelas sulit untuk mendirikan bangunan di sana. Namun, berkat keteguhan dari masyarakat suku Asmat, mereka menemukan satu solusi untuk membangun kota di atas wilayah lumpur dan rawa tersebut.

Dengan sarana dan prasarana yang seperti itu, tentunya bukan hal mudah bagi kendaraan bermotor untuk melewatinya. Papan kayu yang berdiri di atas tanah berlumpur dan rawa-rawa jelas tak akan kuat menopang beban dari kendaraan bermotor. Oleh karena itu, mayoritas mobilitas yang dilakukan oleh penduduk Agats dilakukan dengan motor listrik atau berjalan kaki.

Di Agats juga ada larangan dari Bupatinya agar warga tak menggunakan kendaraan bermotor. Selain karena beban kendaraan bermotor yang berat, emisi yang dikeluarkan kendaraan bermotor juga berbahaya bagi kesehatan. Fix! Dengan begitu bisa dibilang Agats adalah salah satu kota tanpa polusi di dunia! Sebuah terobosan unik yang tak hanya baik untuk warganya namun juga baik untuk alam kita.

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Talal Al-Shaiqi | Sumber: Hipwee

(6)

تعليقات
Loading...
Click Me