إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

مسجد أساسي، أقدم المساجد لسومطرة الغربية

Masjid Asasi, Masjid Tertua Milik Sumatra Barat

- الإعلانات -

0 247

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – مسجد أساسي هو أقدم مسجد يقع في مدينة فادانج فانجانج، غرب سومطرة. لو نظرنا بلمحة البصر  إلى سقف المسجد فإنه يذكرنا بسقف مسجد أغونج ديماك على شكل هرم المستويات الثلاثة. في حين أن المبنى الرئيسي مقيّد ومليء بالنقوش ويشبه البيت التقليدي لغرب سومطرة ، روماه جادانج.

يعتبر هذا المسجد ثاني أقدم في إندونيسيا بعد مسجد ساكا تونغال في بانيوماس، جاوا الوسطى وتم بناؤه حوالي عام 1200. وقال معلم بروضة تعليم القرآن في مسجد أساسي، داتو فونو باتواه، “بحسب اسمه، فإن كلمة أساسي مأخوذ من الأساس الذي يعني القاعدة أو شيء يصبح قاعدة”

واستنادا إلى المقال بعنوان ” أقدم عشرة مسجد في إندونيسيا” الذي نشرته وزارة الشؤون الدينية، فمن المعروف أن المسجد تم بناؤه حوالي عام 1400. ومنذ إنشائه، يعتبر المسجد محور النشاط الإسلامي في أربع مناطق (المنطقة الإدارية). تم بناء مسجد أساسي على فكرة من أربع مناطق وهي  غونونج، فانيجاوان، تامبانغان، وجاوو فوق أراضي المزرعة الموهوبة من المجتمع.

بالإضافة إلى بناء المساجد، تدار حقول الأرز بالمشاركة. وتقسم أرباح المزرعة إلى قسمين، نصف للمزارع ونصف الآخر للمسجد. وذكر داتو فونو، “حتى الآن، لا يزال تطبيق نظام التقسيم في تلك المزرعة الواسعة التي تديرها أربع دفعات، كلها في ناجاري غونونج.

وأوضح داتوك فونو أن المسجد دخل في قائمة التراث الثقافي وقد تم إصلاحه مرتين دون تغيير شكله الأصلي. في البداية كان سقف المسجد على شكل ألياف ثم تغيره إلى سقف من الصفيح. كما تم استبدال الجدران الخشبية المتعفنة بالمسجد. وهناك أيضا تحسينات صغيرة على المنحوتات ، ولكن 10% فقط، حتى لا تزال المنحوتات الأصلية باقية.

في غضون ذلك، لا تزال الأرضية و 9 أعمدة خشبية في قاعة الصلاة أصليةً. كما لا تزال إحدى الغرف في مسجد أساسي تحتفظ بالأشياء القديمة مثل خزائن التراث الاستعماري الهولندي. للأسف الشديد لا يمكن لأحد فتحها حتى الآن. على جانب المسجد هناك مبنى صغير يشبه الشرفة ، وهو مكان القرعة أو بيدوغ. وما زال بيدوغ  يستخدمه الناس كتذكير أوقات الصلاة.

وسرد داتو فونو أن مسجد أساسي كان يزوره زعماء دينيون من دول مختلفة مثل مصر والمغرب وتايلاند. وقال داتوك بونو “إنهم يأتون أيضا للعبادة في هذا المسجد ويتقاسمون المعرفة حول تعاليم الإسلام”.

يزور العديد من السياح هذا المسجد خلال أيام الأسبوع حتى العيد الإسلامي. وأضاف داتوك بونو أنه قبل ثلاثة أيام من عيد الفطر، عادة ما يبدأ شباب المسجد بعقد العديد من المناسبات العجيبة.

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: فارس البدر | المصدر: سي إن إن إندونيسيا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com Masjid Asasi merupakan masjid tertua yang terletak di Kota Padang Panjang, Sumatra Barat.  Sekilas bagian atapnya mengingatkan pada atap Masjid Agung Demak yang berbentuk limas tiga tingkat.  Sementara bangunan utama yang berjendala dan penuh ukiran mirip dengan rumah adat Sumatra Barat, Rumah Gadang.

Masjid ini tertua kedua di Indonesia, setelah Masjid Saka Tunggal di Banyumas, Jawa Tengah, yang dibangun sekitar tahun 1200.  “Sesuai namanya, Asasi diambil dari asas yang berarti dasar atau sesuatu yang jadi tumpuan,” kata guru Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) Masjid Asasi Datuk Pono Batuah.

Berdasarkan tulisan berjudul ’10 Masjid Tertua di Indonesia’ yang diterbitkan oleh Kementerian Agama, diketahui bahwa Masjid Asasi dibangun sekitar tahun 1400. Sejak awal berdiri, masjid ini merupakan pusat aktivitas Islam dari empat nagari (wilayah administratif). Masjid Asasi dibangun atas gagasan dari empat nagari yaitu Gunung, Paninjauan, Tambangan dan Jawo di atas lahan sawah yang merupakan hibah dari masyarakat.

Selain dibangun masjid, lahan sawah juga dikelola bersama. Hasil dari sawah dibagi menjadi dua, setengah untuk pengelola sawah dan setengah untuk masjid.”Sampai saat ini pola tersebut masih berjalan dengan luas sawah yang dikelola empat tumpak, semuanya berada di Nagari Gunung,” kata Datuk Pono.

Datuk Pono menjelaskan bahwa masjid yang masuk dalam daftar Cagar Budaya ini sudah mengalami perbaikan dua kali tanpa mengubah bentuk aslinya. Semula atap masjid berupa ijuk kemudian diganti menjadi atap seng. Dinding kayu di bagian dalam yang sudah lapuk juga ikut diganti. Terdapat pula perbaikan kecil pada ukiran, namun hanya 10 persen sehingga sisanya masih ukiran asli.

Sementara itu lantai dan sembilan tiang kayu di ruang salat masih asli. Salah satu kamar di Masjid Asasi masih menyimpan benda kuno seperti brankas peninggalan penjajah Belanda. Sayangnya tidak ada yang bisa membukanya sampai saat ini. Di sisi masjid terdapat satu bangunan kecil menyerupai teras, yang berfungsi sebagai tempat tabuh atau beduk.  Tabuh itu masih digunakan sebagai pengingat masuk waktu salat.

Datuk Pono menceritakan bahwa Masjid Asasi pernah beberapa kali dikunjungi oleh tokoh agama dari berbagai negara seperti Mesir, Maroko dan Thailand.  “Mereka selain datang untuk beribadah di masjid ini juga berbagi ilmu mengenai ajaran Islam,” kata Datuk Pono.

Wisatawan banyak yang berkunjung ke masjid ini pada hari biasa sampai hari raya Islam.  Datuk Pono menambahkan biasanya tiga hari menjelang Idulfitri para remaja masjid mulai menggelar beragam acara menarik.

Penerjemah: Sairul Nafsahu|Editor: Fares Al-Badr| Sumber: cnnindonesia.com

(9)

تعليقات
Loading...
Click Me