إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

مشاهدة ورشة عمل سفينة فينيسي المشهورة عالميا

Melihat Bengkel Kapal Pinisi yang Mendunia

- الإعلانات -

0 209

بولوكومبا،إندونيسيا اليوم سفينة فينيسي هي مفخرة للشعب الإندونيسي. يمكن أن يشاهد السائح كيف صنعت السفينة من خلال زيارة ورشتها في بولوكومبا، جنوب سولاويسي. تعتبر فينيسي سفينةً تقليدية صنعتها قبيلة بوغيس أو ماكاسار في جنوب سولاويسي  في قرية بيرا، منطقة بونتاهاري، مديرية بولوكومبا.

وكان بناء سفينة فينسي ليس بشكل عشوائي، ولكن لها طقوس خاصة بها، من بداية تصنيع السفينة حتى إكمالها. من يوم البحث عن الخشب وقطع الأشجار حتى تركيب اللوحة. بل حتى قت إطلاقها، كان يقام أيضا حفل خاص بها.

على طول الطريق في قرية بيرا، سنجد سفينة فينيسي التي مازالت في مرحلة الإعداد. هناك أكبر السفن للحاج أولّ. وعندما زرنا السفينة، هناك ما لا يقل عن 4 سفن وهي مازالت في مرحلة الإعداد. لقد أدهشتنا سفينة كبيرة واحدة دخلت عامها الثاني من التصنيع. ويقدر أن يتم تصنيعها حوالي نصف عام.

تحتوي السفينة على طابقين. ولكن ما أدهشنا هو سعر السفينة التي تبلغ قيمتها 10 مليارات. معظم الناس الذين يشترون  السفينة هم من المواطنين الأجانب وهناك من يشتريها أيضا من الإندونيسيين.

وعن طريق الاستئذان من الحارس، يسمح لنا الركوب على متن السفينة التي تكون في مرحلة الانتهاء. أما بالنسبة للسفينة التي ما زالت تحت التطوير فلم يسمح لنا الحارس الركوب على متنها. وبعد رؤية ما فعله شعب آرا ، في بيرا الذين يتقنون صنع مثل هذه السفينة، فزاد في قلوبنا الافتخار بهذا الشعب العظيم.

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: فارس البدر | المصدر: ديتيك دوت كوم


Bulukumba, Indonesiaalyoum.com – Kapal pinisi adalah kebanggaan bangsa Indonesia. Traveler bisa melihat bagaimana cara kapal ini dibuat dengan berkunjung ke bengkelnya di Bulukumba, Sulsel. Kapal pinisi merupakan kapal tradisional yang dibuat oleh suku Bugis atau Makassar di Sulawesi Selatan, tepatnya di Desa Bira, Kecamatan Bonto bahari, Kabupaten Bulukumba.

Pembuatan kapal pinisi ini tidak sembarangan, namun memiliki ritualnya sendiri. Dari pembuatan hingga selesainya pembuatan kapal. Mulai dari hari baik untuk mencari kayu, penebangan pohon, juga pemasangan papan. Pada saat pelepasannya pun terdapat upacara khusus.

Di sepanjang jalan di Desa Bira ini, kita akan menemukan kapal pinisi yang sedang dalam tahap pembuatan. Satu yang terbesar adalah milik Haji Ully. Saat kami berkunjung kesana, setidaknya ada 4 kapal yang sedang dalam tahap pembuatan. Kami terkesima dengan satu kapal besar yang sudah memasuki 2 tahun pembuatannya. Diperkirakan baru akan selesai sekitar setengah tahun lagi.

Kapal besar tersebut memiliki 2 tingkat. Namun yang membuat kami terperangah adalah harga kapal tersebut yang senilai 10 miliar. Kebanyakan orang yang memesan kapal pinisi adalah warga negara asing, meskipun ada juga orang Indonesia yang memesan.

Dengan meminta ijin para penjaga dan pembuat kapal, kita diperbolehkan naik ke kapal yang sudah dalam tahap finishing. Sedangkan untuk kapal yang masih dalam proses pembuatan tidak boleh kita naiki. Melihat apa yang dilakukan oleh orang-orang Ara, Bira yang demikian hebatnya membuat kapal pinisi seperti ini, menambah kebanggaan kami pada bangsa ini.

Penerjemah: Sairul Nafsahu|Editor: Fares Al-Badr| Sumber: detik.com

(9)

تعليقات
Loading...
Click Me