ملك كمبوديا يستقبل السفير الإندونيسي ويأمل تحسين العلاقات الثنائية

Terima Dubes RI, Raja Kamboja Harap Hubungan Bilateral Naik

0 702

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  يتوقع الملك الكمبودي، نوردوم سيهاموني، تحسين العلاقات مع إندونيسيا في مختلف المجالات. خاصة التجارة والاستثمار والسياحة والثقافة والصناعة والاقتصاد والتكنولوجيا والتعاون الدولي. صرح بذلك الملك عند تسلمه أوراق اعتماد السفير الإندونيسي، سوديرمان هاسينغ، في قصر الملك، بنوم بنه، يوم الجمعة (25/5).

“أنا أقدر العلاقة بين إندونيسيا وكمبوديا التى تتطور بشكل جيد في جو من الصداقة والثقة المتبادلة والتضامن، وخاصة في عصر الملك الأب نورودوم سيهانوك حتى اليوم، وآمل أن تتطور العلاقات المستقبلية بين البلدين في مختلف المجالات مثل التجارة والاستثمار والسياحة والثقافة والصناعة والطاقة والاقتصاد والتكنولوجيا والتعاون الدولي،” قال ملك كمبوديا الملقب بصاحب الجلالة برياه بات سامديش برياه بورومنيت نورودوم سيهاموني، كما نقلت صحيفة السفارة الإندونيسية في  بنوم بنه لصحيفة سي إن إن إندونيسيا.

كما هنأه ملك كمبوديا على تعيينه سفيرا جديدا لإندونيسيا في كمبوديا. وتوقع الملك أن يتمكن السفير الإندونيسي بتنفيذ المهام والأهداف بشكل جيد. لا سيما في ظل تشجيع تحسين العلاقات الثنائية بين إندونيسيا وكمبوديا لصالح رفاهية  البلدين.

كما أعرب جلالته عن تقديره للدعم والمساعدة اللذين قدمتهما الحكومة الإندونيسية لكمبوديا في مجالات التعليم والدفاع والطيران المدني.

ومع تبليغ السلام من الرئيس الإندونيسي جوكو ويدودو وشعب إندونيسيا إلى الملك وجميع سكان كمبوديا، أعرب السفير عن ثقته بإنشاء التعاون بين اندونيسيا وكمبوديا على تحقيق اختراقات جديدة نحو شراكة مهمة في المجالات الاقتصادية والسياسية والأمنية والاجتماعية والثقافية.

“إن التعاون بين البلدين ليس مفيدا فقط من أجل المصالح المشتركة، ولكن أيضا من أجل المصالح الإقليمية والدولية، بما في ذلك الدعم المتبادل في المحافل الدولية”. قال السفير الإندونيسي.

“سنواصل تشجيع العلاقات التى تم انشاؤها وخاصة من خلال الذكرى الستين للعلاقات الدبلوماسية بين كمبوديا وإندونيسيا في عام 2019 مع تنفيذ سلسلة من الأنشطة المفيدة للبلدين”. قال السفير الاندونيسى السابق لدى نيجيريا.

ومر الاجتماع بالود والصداقة والخدمة والصحبة مع حضور بعض كبار المسؤولين في كمبوديا. وفي الوقت نفسه، بالإضافة إلى مرافقة زوجته، رافق السفير الإندونيسي مسؤولو السفارة الإندونيسية من قسم البروتوكولات والشؤون السياسية وملحق الدفاع.

وبلغ حجم التبادلات التجارية الثنائية بين إندونيسيا وكمبوديا في عام 2017 ما مجموعه 542,192 مليون دولار أمريكي. وتشمل سلع التصدير الإندونيسية التبغ والأدوية والأغذية والمشروبات والورق والمنسوجات والفحم بالإضافة إلى الضروريات اليومية. بلغ عدد السياح الإندونيسيين إلى كمبوديا في عام 2017 49,878 شخص. وفقا لبيانات من السفارة الاندونيسية في بنوم بنه، وصل عدد المواطنين الأندونيسيين في كمبوديا في شهر فبراير عام 2018 إلى 2,890 شخص. معظمهم في بافي وكري توم حوالي 800 شخص.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر:  سي إن إن إندونيسيا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Raja Kamboja  Norodom Sihamoni mengharapkan peningkatan hubungan dengan Indonesia di berbagai bidang. Terutama perdagangan, investasi, pariwisata, kebudayaan, industri, ekonomi, teknologi dan kerja sama internasional. Hal tersebut disampaikan raja saat menerima surat-surat kepercayaan dari Duta Besar RI Sudirman Haseng di Istana Raja, Phnom Penh, Jumat (25/5).

‘Saya menghargai hubungan Indonesia-Kamboja yang berkembang dengan baik dalam suasana persahabatan, saling percaya dan solidaritas, terutama pada masa King Father Norodom Sihanouk hingga sampai saat ini, saya harap ke depannya hubungan kedua negara dapat berkembang di berbagai bidang seperti bidang perdagangan, investasi, pariwisata, kebudayaan, industri, energi, ekonomi, teknologi dan kerja sama internasional,” kata Raja Kamboja dengan gelar lengkap Yang Mulia Preah Bat Samdech Preah Boromneath Norodom Sihamoni, seperti disampaikan lewat rilis Kedutaan Besar RI (KBRI) Phnom Penh kepada CNNIndonesia.com.

Raja Kamboja juga mengucapkan selamat atas penugasan Dubes RI yang baru untuk Kamboja. Raja mengharapkan Dubes RI dapat melaksanakan misi dan tugas dengan baik. Terutama dalam mendorong peningkatan hubungan bilateral RI-Kamboja demi kepentingan dan kesejahteraan rakyat kedua negara.

Raja juga mengapresiasi dukungan dan bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah Indonesia kepada Kamboja di bidang pendidikan, pertahanan dan penerbangan sipil.

Seraya menyampaikan salam hangat dari Presiden RI, Joko Widodo dan rakyat Indonesia kepada Raja dan seluruh rakyat Kamboja, Dubes RI menyampaikan keyakinannya bahwa RI-Kamboja dapat bekerja sama membuat terobosan baru menuju kemitraan signifikan di bidang ekonomi, politik, kemanan dan sosial budaya.

‘Kerja sama kedua negara tidak hanya bermanfaat demi kepentingan bilateral, namun juga bagi kepentingan regional dan internasional, termasuk melalui saling dukung dalam forum internasional,” kata Dubes RI.

‘Kami akan terus berupaya memperkuat hubungan yang telah terjalin, khususnya melalui peringatan 60 tahun hubungan diplomatik RI-Kamboja pada tahun 2019 dengan penyelenggaraan rangkaian kegiatan yang bermanfaat bagi kedua negara,” kata mantan Dubes RI untuk Nigeria tersebut.

Pertemuan yang berlangsung hangat penuh kekeluargaan, khidmat dan bersahabat yang dihadiri oleh beberapa pejabat tinggi Kamboja. Sementara itu, selain bersama Istri, Dubes RI juga didampingi oleh pejabat Fungsi Protkons, Fungsi Politik, dan Atase Pertahanan.

Data perdagangan bilateral Indonesia-Kamboja pada 2017 total mencapai US$542.192 juta. Komoditas ekspor Indonesia antara lain tembakau, farmasi, makanan dan minuman, kertas, tekstil dan batu bara serta barang-barang kebutuhan sehari-hari. Jumlah wisatawan RI ke Kamboja pada 2017 mencapai 49.878 orang. Menurut data KBRI Phnom Penh, jumlah WNI di Kamboja per Februari 2018 mencapai 2.890 orang. Terbanyak berada di Bavet dan Chrey Thom yakni sekitar 800 orang.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSahiqi | Sumber: cnnindonesia

تعليقات
Loading...