إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

من فوق الغيوم في سولاويسي الوسطى

Sulawesi Tengah Punya Negeri di Atas Awan

- الإعلانات -

0 305

سولاويس الوسطى ، إندونيسيا اليوم – هل سمعت باسم تل آسا ؟ تقع في سولاويس الوسطى، المنظر الأبرز فيها يتمثّل في منطقة سياحية تتربّع على الغيوم !

تل آسا واحد من المناطق الجبلية في قرية بانجي ، محافظة تولييتولي،إقليم سولاويسي الوسطى. هذا المكان صار بقعة سياحية مفضّلة عند كثير من السياح.

في ساعات الصباح الأولى وعبر الضباب الذي يلفُ البلدة كعروس تتوشّحُ وِشاحاً أبيضاً… يُعدُّ من مزايا تل آسا. و المسافة من وسط المدينة ليست بعيدة جداً ومن السهل الوصول إليه بواسطة المركبات ذات العجلات الأربع أو ذات العجلتين.

من فوق الغيوم في سولاويسي الوسطى

لأن محافظة توليتولي هي من المناطق التي تبعد كثيرا عن العاصمة، بالو. المسافة من بالو إلى توليتولي يمكن أن تستغرق وقتاً يصل إلى 12 ساعة عن طريق البر. إذا كنت ترغب في الطيران لمدة 45 دقيقة فقط يمكنك الوصول إلى توليتولي باستخدام خطوط وينجس إير.

توجد خيارات متعددة للسياحة في محافظة توليتولي فتل آسا هو أفضلها. من وسط المدينة إلى ذلك التل تستغرق الرحلة حوالي 30 دقيقة. باستخدام الدراجة النارية ، تبدأ من سوق سوبينج، بلدية نالو وتمر عبر طريق دابالاك للوصول إلى قرية بانجي.

هناك خياران للذهاب إلى تل آسا، وهما باستخدام دراجة نارية لمدة تصل لحوالي 5 إلى 7 دقائق أو يمكنك المشي على الأقدام من15 إلى 20 دقيقة.

من فوق الغيوم في سولاويسي الوسطى1

عند الذهاب إلى تل آسا ستمر بطريق منحدر بسيط. لذلك فمن الأفضل استخدام المركب ذي العجلتين الذي يمكن استخدامه في الصعود.

لدخول منطقة التل لا يتطلب الأمر، أي تكلفة مادية، ولكن يجب أن تحافظ على البيئة بعدم إلحاق الضرر بأي شيء من رمي النفايات في غير مكانها .

من فوق الغيوم في سولاويسي الوسطى3

من مزايا تل آسا كما أسلفنا، ذلك الضباب الكثيف الذي يظهر في الصباح مما سوفّر سانحة مناسبة جدا لاستخدامه كخلفية للصور على موقع إنستجرام. عادة ما يبدأ الضباب في الظهور الساعة 7.30 صباحاً إلى 8.30 صباحاً. لذلك إذا كنت ترغب في زيارة تل آسا فمن المستحسن أن تأتي في الصباح حتى يمكنك الحصول على صورة تتضمن الضباب.

في تل آسا ، يوجد أيضًا مكان للتخييم لأولئك الذين يحبون قضاء وقتًا ممتعًا مع الأصدقاء. لكن المكان لا يكفي إلا لخيمتين أو ثلاث خيام. ومع ذلك ، فإنّ المشهد جميل ومدهش!

من فوق الغيوم في سولاويسي الوسطى2

المترجمة : مايا يونياتي | المحرر : د . طلال الشايقي | المصدر: ديتيك


Sulawesi Tengah, Indonesiaalyoum.com – Pernah dengar nama Bukit Asa? Berada di Sulawesi Tengah, panorama di sana bagai Negeri di Atas Awan!

Bukit Asa merupakan salah satu kawasan perbukitan di Desa Pangi, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah. Tempat ini menjadi spot wisata pagi hari yang banyak diminati para wisawatan.

Pemandangan pagi dengan kabut yang menggumpal bak Negeri di Atas Awan menjadi salah satu keunggulan dari Bukit Asa. Jarak dari pusat kota pun tidak begitu jauh dan sangat mudah ditempuh dengan kendaraan roda empat ataupun roda dua.

Pasalnya Kabupaten Tolitoli merupakan salah satu kabupaten yang berada jauh dari Ibu Kotanya, yaitu Palu. Jarak dari Palu menuju Tolitoli bisa memakan waktu sampai 12 jam melalui jalur darat. Jika menggunakan jalur udara hanya dengan 45 menit sudah bisa sampai di Tolitoli dengan menggunakan pesawat Wings Air dari Lion Group.

Ada beberapa spot wisata di Kabupaten Tolitoli. Salah satunya yaitu Bukit Asa. Dari pusat kota menuju Bukit Asa doperlukan waktu kurang lebih 30menit. Jika menggunakan kendaraan roda dua, berjalan menuju Pasar Soping, Kelurahan Nalu dan melewati jalan Dapalak hingga sampai ke Desa Pangi.

Ada dua opsi untuk menuju Bukit Asa sendiri yaitu dengan menggunakan sepeda motor kurang lebih 5 sampai 7 menit hingga sampai di tempat tujuan ataupun bisa dengan berjalan kaki sekitar kurang lebih 15 sampai 20 menit.

Oh iya, untuk menuju Bukit Asa ada sedikit tanjakan yang cukup curam. Jadi disarankan jika menggunakan kendaraan roda dua yang memang bisa digunakan untuk menanjak.

Di Bukit Asa sendiri tidak dipungut biasa masuk sepeser pun, tetapi kalian harus bisa menjaga lingkungan sekitarnya dengan cara tidak merusak apapun dan tidak membuang sampah sembarangan.

Keunggulan dari Bukit Asa sendiri yaitu kabut tebal dipagi hari yang sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang instagram-able. Biasanya kabutnya mulai muncul sekitar jam 7.30 WITA hingga 8.30 WITA, jadi jika kalian ingin berkunjung ke Bukit Asa sangat disarankan untuk datang pagi hari agar bisa mendapatkan foto dengan kabut yang indah.

Di Bukit Asa juga tersedia tempat untuk berkemah bagi kalian yang suka quality time dengan teman-teman kalian. Tetapi tempatnya hanya cukup untuk dua sampai tiga tenda dome saja. Namun, pemandangannya luar biasa indahnya!

Jadi, kalian bisa memilih. Ingin berkemah atau hanya sekedar datang dan mengabadikan foto di pagi hari saja. Well, jika berkunjung ke Tolitoli jangan lupa untuk menyempatkan diri mengabadikan foto di Negeri di Atas Awan Tolitoli ini guys.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Talal Al-Shaigi | Sumber: Detik

(18)

تعليقات
Loading...
Click Me