نائب الرئيس الإندونيسي يختم الاجتماع الثلاثي بين علماء إندونيسيا وأفغانستان وباكستان

JK Tutup Pertemuan Ulama RI, Afghanistan dan Pakistan

0 649

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  اختتم نائب الرئيس  الإندونيسي يوسف كالا اجتماعًا ثلاثيًا بين علماء إندونيسيا وأفغانستان وباكستان. يأمل يوسف كالا كي يساعد هذا الاجتماع على حل النزاع في أفغانستان.

وحضر يوسف كالا في ختام الاجتماع الثلاثي لعلماء إندونيسيا وأفغانستان وباكستان في قصر بوجور، جاوة الغربية، يوم الجمعة (11/5/2018). في كلمته، ذكر يوسف كالا تاريخ قصر بوغور لعقد اجتماع الدول الآسيوية الأفريقية منذ حوالي 60 عامًا. كما أعرب عن امتنانه لجميع المندوبين الحاضرين.

اقرأ أيضا: نصائح سهلة للاستيقاظ في اليوم الأول من رمضان

“شكرا لعلماء باكستان وأفغانستان وإندونيسيا الذين حضروا وقدموا إسهامات قيمة في هذا الاجتماع التاريخي”. قال يوسف كالا في كلمته.

قال يوسف كالا إن هناك العديد من الصراعات والحروب في البلدان الإسلامية بسبب القضايا السياسية والاقتصادية والراديكالية حتى تدخل الدول الكبرى الآخرى. ونتيجة لذلك، أصبح المسلمون الأبرياء ضحايا.

“إن المسلمين الأبرياء يعانون باستمرار ، وتتواصل جهود السلام”. كما قال.

يعد الاجتماع الثلاثي بين العلماء جزءًا من جهود السلام. كما أنها تتفق مع الدستور الإندونيسي الملتزم بالمساهمة في تحقيق السلام العالمي.

اقرأ أيضا: جزيرة جميلة في إندونيسيا تسمى ببوكوري

“بل أكثر من ذلك، كدولة لديها أكبر عدد من المسلمين، بالإضافة إلى أفغانستان وباكستان، فإن إندونيسيا تشارك في تحمل المسؤولية لبناء السلام بين الدول الإسلامية”.

“يعتبر المسلمون الإندونيسيون جسدا واحدا مع المسلمين في الدول الأخرى، فيشعرون بألم المسلمين والمسلمات في أجزاء أخرى من العالم بسبب الصراع والحروب. وحكومة وشعب إندونيسيا يساعدون نضال إخواننا في فلسطين وأفغانستان ومناطق الصراع المختلفة الأخرى، ” كما قال.

اقرأ أيضا: مقرر الأمم المتحدة الخاص: العمل الإسرائيلي في غزة جريمة حرب

بعد اختتام الاجتماع الثلاثي، قرأ ممثلو العلماء الأندونيسيين والأفغانيين والباكستانيين إعلان بوغور للسلام على شرفة قصر بوغور.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر:  ديتيك


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla menutup pertemuan trilateral ulama Indonesia, Afghanistan, dan Pakistan. JK berharap pertemuan tersebut dapat membantu penyelesaian konflik di Afghanistan.

JK hadir di penutupan pertemuan trilateral ulama Indonesia, Afghanistan, dan Pakistan di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (11/5/2014). Dalam sambutannya, JK sempat menyebut sejarah Istana Bogor untuk pertemuan negara-negara Asia-Afrika sekitar 60 tahun yang lalu. Dia pun menyampaikan terimakasih kepada seluruh delegasi yang hadir.

“Terimakasih kepada ulama dari Paskitan, Afghanistan, serta Indonesia yang telah hadir dan memberikan kontribusi berharga dalam pertemuan bersejarah ini,” ujar JK dalam sambutannya.

JK mengatakan, begitu banyak konflik dan peperangan di negara-negara Islam yang disebabkan oleh masalah politik, ekonomi, radikalisme, hingga intervensi negara-negara besar lainnya. Akibatnya umat Islam yang tidak berdosa menjadi korbannya.

“Umat Islam yang tidak berdosa mengalami penderitaan yang terus menerus. Upaya-upaya perdamaian terus dilakukan,” katanya.

Pertemuan trilateral ulama tersebut merupakan bagian dari upaya perdamaian. Hal tersebut juga sesuai dengan konstitusi Indonesia yang berkomitmen untuk berkontribusi dalam mewujudkan perdamaian dunia.

“Namun lebih dari itu, sebagai negara yang berpenduduk Muslim terbesar, dan juga Afganistan dan Pakistan, Indonesia turut memikul tanggung jawab untuk menciptakan perdamaian di negara-negara Islam,” ungkapnya.

“Umat Islam Indonesia yang merupakan satu kesatuhan tubuh dengan umat Islam negara lain ikut merasakan penderitaan kaum Muslimin dan Muslimah di belahan dunia lain akibat konflik dan peperangan. Pemerintah dan rakyat Indonesia turut bahu membahu membantu perjuangan saudara kita di Palestina, Afghanistan, dan berbagai wilayah konflik lainnya,” imbuhnya.

Usai menutup pertemuan trilateral, para perwakilan ulama Indonesia, Afghanistan, dan Pakistan membacakan nota perdamaian di beranda Istana Bogor.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSahiqi | Sumber:  Detik

تعليقات
Loading...