نائب الرئيس الإندونيسي يستقبل السفير الأسترالي

Wapres Terima Kunjungan Kehormatan Dubes Australia

0 654

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  استقبل نائب الرئيس، يوسف كالا،  السفير الأسترالي لدى إندونيسيا، غاري كوينلان، في مكتبه في جاكرتا، يوم الاثنين.

” ناقشنا التعاون الاقتصادي والتجاري والاستثماري بيننا، كما تطرقنا إلى موضوع فريق المباحثات لدينا الذي يعمل حاليا ونأمل في اكمال مسودة الاتفاق هذا العام،” قال جاري بعد اجتماعه مع نائب الرئيس كالا.

خلال الاجتماع الذي استغرق 30 دقيقة، تحدث نائب الرئيس كالا والسفير جاري عن تطوير التعاون بين إندونيسيا وأستراليا، بما في ذلك الشراكة الاقتصادية الشاملة بين إندونيسيا وأستراليا (IA-CEPA) التي سيتم الانتهاء منها هذا العام.

أوضح جاري أن فريق المباحثات من كل دولة يدرس مسودة واتفاقية للمداخلات المتبادلة لتطوير التعاون الاقتصادي بين إندونيسيا وأستراليا.

وخلال الاجتماع، قال جاري إن مفاوضات الشراكة الاقتصادية الشاملة بين إندونيسيا وأستراليا تشمل الكثير من الأمور التي يحرص عليها نائب الرئيس يوسف كالا عن طريق متابعة المفاوضات مباشرة.

“إن نائب الرئيس حريص على متابعة المفاوضات بشكل مباشر، والآن نقوم بتبادل المسودات والسجلات، كما نبحث ما يمكننا القيام به لجعل الدولتين أفضل في إتمام الصفقة خلال الأشهر القليلة القادمة،” كما قال.

وقبل الاجتماع مع نائب الرئيس يوسف كالا، قال جاري إنه زار عدة وزراء وقادة في مجلس النواب طلبا للمشورة في تنفيذ مهامه كسفير لاستراليا تمتد فترته حتى عام 2022.

“لقد قمت بزيارة فخرية إلى الوزراء، وقمت بزيارة نائب الرئيس قبل قليل، وصباح اليوم قمت بزيارة مجلس النواب للحصول على توجيهات حول ما يجب أن أقوم به لتحسين العلاقة بين إندونيسيا وأستراليا من سنة إلى أخرى،” كما قال.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر:  وكالة أنتارا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Wakil Presiden M. Jusuf Kalla di ruang kerjanya, Jakarta, Senin, menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan.

“Secara khusus kami membahas mengenai kerja sama ekonomi kita, hubungan dagang dan investasi, termasuk saat ini tim negosiasi kita sedang berunding dan kami berharap dapat menyelesaikan draf perjanjian itu tahun ini,” kata Gary usai bertemu Wapres Kalla.

Dalam pertemuan selama sekira 30 menit tersebut, Wapres Kalla dan Dubes Gary membicarakan mengenai peningkatan kerja sama Indonesia-Australia, termasuk The Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership (IA-CEPA) yang akan diselesaikan tahun ini.

Gary menjelaskan saat ini tim negosiasi dari masing-masing negara sedang mempelajari rancangan perjanjian untuk saling diberikan masukan guna meningkatkan kerja sama ekonomi Indonesia dan Australia.

Dalam pertemuan tersebut, Gary mengatakan bahwa perundingan IA-CEPA melibatkan banyak hal sehingga Wapres Kalla tertarik untuk mengawal langsung proses perundingan tersebut.

“Pak Wapres tertarik untuk mengawasi langsung perundingan kerja sama tersebut, dan sekarang kita sedang bertukar draf dan catatan, juga mencari apa yang bisa kita lakukan untuk membuat kedua negara semakin baik lagi dalam merampungkan kesepakatan itu beberapa bulan ke depan,” ujarnya.

Sebelum bertemu Wapres Jusuf Kalla, Gary mengatakan telah melakukan kunjungan kepada sejumlah menteri dan pimpinan DPR untuk mencari masukan dalam menjalankan tugasnya sebagai Duta Besar Australia untuk masa kerja hingga 2022.

“Saya juga melakukan kunjungan kehormatan kepada para menteri, baru saja kepada Wapres, dan tadi pagi ke DPR untuk mendapatkan arahan terkait apa yang harus saya lakukan agar hubungan Indonesia-Australia semakin membaik dari tahun ke tahun,” demikian Gary Quinlan.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSahiqi | Sumber: Antara

تعليقات
Loading...