إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

ويتو جيرنج، مزيج بين النحت الإنساني والطبيعي

Watu Giring, Perpaduan Antara Pahatan Manusia dan Alam

- الإعلانات -

0 176

يوجياكرتا، إندونيسيا اليوم تقدم يوجياكرتا كثير من الإمكانات السياحية الجميلة والفريدة. هناك مصادر المياه، والشواطئ والغابات والصخور ذات الأشكال الساحرة. كما أن هناك وجهة سياحية تسمى بواتو جيرينج تتمتع بشكل فريد وجميل. وبسبب هذا الشكل الرائع، يأتي العديد من الشباب إلى هذا الموقع لالتقاط الصور . صار الموقع أحد وجهات السياحة البديلة إذا تتجول حول مدينة يوجياكرتا.

أصل واتو جيرينج

ويتو جيرنج، مزيج بين النحت الإنساني والطبيعي1

واتو جيرينج لم تنشأ من تلقاء نفسها. تحولت هذه الوجهة إلى محجر سابق من الحجر الجيري. لا أحد من يعرف، عن قصد أو لا، هذا الموقع التعديني المستخدم منذ عقود يشبه مبنى المعبد القديم. تشكل المبنى بشكل أنيق وجميل، لذلك إذا نظرنا إلى المبنى بنظرة خاطفة فإنه يشبه كثيرا المعابد الوثنية الصغيرة التي بنيت في شكل مدرجات. ولشدة فرادته، يقول الكثيرون إن هذه الوجهة السياحية تشبه بوكيت بريكسي في كالاسان.

2. موقع واتو جيرينج

ويتو جيرنج، مزيج بين النحت الإنساني والطبيعي2

كان سكان ويتو جيرينج قد أطلقوا عليه نغرينجان ويقع ببادوكوهان جيلوك، قرية باشاريجو، حي سيمانو، مديرية جونونج. شرق مدينة ونوساري.الذهاب إليه يمر على نفس الطريق إلى كالي سوتشي، من يوجياكرتا عبر طريق ونوساري ثم إلى سيمانو، قبل مستشفى بيليتا هوسادا عليك أن تنعطف إلى اليمين، حيث توجد علامة تشير إلى هذا الموقع. الموقع جميل جداً، مثل المدرج ، لذلك يرغب في زيارته العديد من الناس.

3. رسم الدخول إلى واتو جيرينج

ويتو جيرنج، مزيج بين النحت الإنساني والطبيعي 3

إذا أردت أن تمر على هذا الموقع، فعليك أن تدفع رسوم دخول زهيدة. للسكان المحليين الذي يقومون بإدارته، فإنه يكلف ألفين روبية فقط لوقوف السيارات. في حين أن رسوم وقوف السيارات خمسة آلاف روبية اعتبارا من يوليو 2018. بالطبع لن تكون الرسوم عالية وأنت تستمتع ببانوراما جميلة التي تقدمها واتو جيرينج.

4. تسهيلات بواتو جيرينج

ويتو جيرنج، مزيج بين النحت الإنساني والطبيعي4

لم تكن المرافق في هذه الوجهة السياحية التي يطلق عليها اسم يوجياكرتا كافية. ولكن على الأقل هناك مقاعد من الخيزران للراحة. كما أن هناك أكشاك تبيع الأطباق التقليدية مثل الجراد المقلي خاصة لجونونج كيدول. ويمكنك أن تجد هذه الوجبة خلال زيارتك لتكون هدية تذكارية للأسرة في المنزل.

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: طلال الشايقي | المصدر: ترفيلين يوك


Yogyakarta, Indonesiaalyoum.com – Jogja menyuguhkan banyak sekali potensi wisata yang cantik dan unik. Ada sumber air, pantai, hutan, bahkan bebatuan dengan bentuk menawan. Ada sebuah destinasi wisata bernama Watu Giring yang memiliki bentuk begitu unik, Instagenic sekaligus cantik. Karena bentuknya yang keren inilah, banyak muda mudi datang ke lokasi ini hanya untuk berselfie. Lokasi ini bisa menjadi salah satu alternatif wisata jika berjelajah Jogja.

1. Asal Usul Destinasi Watu Giring

Watu Giring ini bukan yang ada dengan sendirinya. Destinasi ini ternyata merupakan bekas tambang batu kapur. Tidak diketahui, sengaja ataupun tidak bekas tambang yang telah berusia puluhan tahun ini menyerupai bangunan candi kuno. Struktur bangunannya tertata apik dan cantik, sehingga memang jika dilihat sekilas bangunannya menyerupai bentuk candi candi kecil yang berundak. Bahkan saking uniknya, banyak yang menyebutkan jika destinasi wisata ini mirip dengan wisata Bukit Breksi di Kalasan.

2. Lokasi Tepatnya Watu Giring

Watu Giring atau masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Nggiringan ini berlokasi di Padukuhan Jelok, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Lokasinya berada di sebelah timur Kota Wonosari. Rutenya sama dengan menuju ke Kali Suci, dari Jogja lewat jalan Wonosari lalu ke Semanu, sebelum Rumah Sakit Pelita Husada belok kanan, di situlah ada plang penunjuk jalan menuju ke wisata ini. Lokasinya begitu cantik, seperti candi berundak dipadu dengan lingkungan alam yang cukup asri. Tidak salah jika banyak orang berkunjung ke sini.

3. Harga Tiket Masuk di Watu Giring

Bagi Teman Traveler yang ingin mampir sejenak di lokasi ini, bisa banget. Biaya retribusi yang ditarik sangatlah murah. Lantaran dikelola oleh masyarakat setempat, biayanya hanya uang parkir Rp2,000 untuk sepeda motor. Sementara untuk biaya parkir mobil Rp5,000 berlaku per Juli 2018. Tentu saja itu tidak akan sebanding dengan panorama dan keindahan yang ditawarkan oleh Watu Giring.

4. Fasilitas di Ditawarkan Watu Giring

Fasilitas di destinasi wisata Jogja ini memang belum terlalu memadai. Namun setidaknya sudah ada tempat duduk dari bambu yang bisa digunakan untuk istirahat. Ada juga warung yang menjual kuliner tradisional seperti halnya belalang goreng yang sangat khas di Gunungkidul. Bisa jadi santapan saat berkunjung ataupun jadi oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Talal Al-Shaiqi | Sumber: Travellingyuk

(8)

تعليقات
Loading...
Click Me