الحكومة توفر مساحة اقتصادية واسعة للمؤسسات الصغيرة والمتوسطة

Kementan: Pemerintah Beri Ruang Ekonomi yang Luas untuk UKM

0 572

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – أكد هارى ترايونو الأمين العام لوزارة الزراعة أن الحكومة توفر مساحة واسعة للمؤسسات الصغيرة والمتوسطة في تطوير أعمالها. لقد جعلت إندونيسيا الشركات الصغيرة والمتوسطة في الزراعة من إحدى أسس اقتصاد البلاد.

وقال هاري في تدريب الشركات الزراعية الصغيرة والمتوسطة في بالي يوم الإثنين (5/3) “إننا نعطي مساحة واسعة لتنمية اقتصاد المجتمع، وهذه الشركات الصغيرة والمتوسطة هي الأساس لأن تكون قوية في مواجهة صدمات العولمة”.

وقال يجب أن يفتخر سكان إندونيسيا لأن الأمن الغذائي للبلاد يساهم في تنمية المؤسسات الصغيرة والمتوسطة. خلافا للخارج حيث إن الأمن الغذائي يعتمد على الصناعة. ومع ذلك فهناك التحديات التي لا تزال تواجهها إندونيسيا.

لقد كان قطاع المشاريع الصغيرة والمتوسطة يواجه تحديات خطيرة للتنمية. ويقدر أن هناك نسبة ضئيلة من المشاريع الصغيرة والمتوسطة في إندونيسيا ستتحمل الضغوط في ظل العولمة داخل البلاد أو خارجها.

وقال :”لذلك فإن تنمية الموارد البشرية والتكنولوجيا والتكامل الاقتصادي الإقليمي من الأمور الضرورية لنمو الشركات الصغيرة والمتوسطة”. وهذا القطاع له دور كبير وهو المساهم الرئيسي في الناتج المحلي الإجمالي.

ووفقا للبيانات الحكومية، هناك 57 مليون من الشركات الصغيرة والمتوسطة التي تلبي احتياجات السوق. وقد تبرعت بنسبة 61.41% من الناتج المحلي الإجمالي واستوعبت 97% من القوى العاملة الوطنية.

ولقد كان قطاع المشاريع الصغيرة والمتوسطة أيضا له دور كبير في القدرة على الأمن الاقتصادي والتقليل من الفقر وتأجيج وتحريك النمو الاقتصادي، وضمان التنمية المنصفة العادلة والمستدامة. والمشاكل الرئيسية التي تواجهها هي الوصول إلى رأس المال والوصول إلى الأسواق والتكنولوجيا والابتكار وتنمية الموارد البشرية، والسياسات والإطار التنظيمي التي قد تعارض الواقع الذي تواجهه المشاريع الصغيرة والمتوسطة.

ولذلك، أضاف هاري: أصبح التدريب من قبل منظمة الإنتاجية الآسيوية (APO) من الجهود المهمة. وفي هذا التدريب، يمكن للمشاركين أن يشاركوا بنشاط لتحسين البصيرة وتجديد روح المبادرة من الجهات الفاعلة في قطاع الأعمال.

وأكد هاري بأن هذا التدريب (APO) قد عقد عدة مرات. ولقد حضر فيه أيضا حوالي 400 مؤسسة صغيرة ومتوسطة. وإنه يتمنى أن يزيد عددهم لتسهيل الجهات الفاعلة الذين يرغبون في مواصلة النمو والطوير.

 

المترجم : أحمد شكري I المحرر : فارس البدر I المصدر : ريفوبليكا

Jakarta, Indonensiaalyoum.com – Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Hary Triyono menegaskan pemerintah memberi ruang yang luas untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam mengembangkan bisnisnya. Indonesia telah menjadikan UKM di bidang pertanian sebagai salah satu pondasi ekonomi negara.

“Kita memberikan ruang sangat luas untuk ekonomi kerakyatan, UKM ini menjadi pondasi agar kuat menghadapi guncangan globalisasi,” kata Hary dalam acara pelatihan agribisnis UKM di Bali, Senin (5/3) malam.

Menurutnya, penduduk Indonesia patut bangga karena ketahanan pangan negara juga merupakan kontribusi usaha kecil menengah. Tidak seperti di luar negeri yang ketahanan pangannya dikuasai oleh industri. Meski demikian ada banyak tantangan yang masih dihadapi Indonesia.

Saat ini sektor UKM menghadapi tantangan serius untuk dapat berkembang berkelanjutan. Diperkirakan hanya sebagian kecil UKM di Indonesia yang dapat terus bertahan dalam era globalisasi yang penuh tekanan baik di dalam negeri maupun internasional.

“Oleh karena itu pengembangan sumber daya manusia, teknologi dan integrasi ekonomi regional sangat diperlukan untuk pertumbuhan UKM,” katanya. Sektor UKM memiliki peran yang sangat penting dan merupakan penyumbang utama PDB.

Menurut data pemerintah, ada 57 juta UKM yang saat ini memenuhi pasar. Mereka telah menyumbangkan 61,41 persen PDB serta menyerap 97 persen tenaga kerja nasional.

Sektor UKM juga memainkan peranan penting dalam ketahan ekonomi, mengurangi kemiskinan, memicu pertumbuhan ekonomi, serta memastikan pembangunan yang adil dan berkelanjutan. Berbagai masalah utama masih dihadapi yaitu antara lain akses permodalan, akses pasar, teknologi dan inovasi, pengembangan SDM, serta kerangka kebijakan dan peraturan yang adakalanya kontraproduktif dengan realita dilapangan yang UKM hadapi.

Oleh karena itu, tambah Hary, pelatihan oleh Asian Productivity Organization (APO) menjadi salah satu upaya penting. Dalam pelatihan ini, peserta dapat secara aktif terlibat untuk meningkatkan wawasan dan memperbaharui semangat kewirausahaan pelaku usaha.

Hary menyampaikan pelatihan APO sudah digelar beberapa kali. Diperkirakan sekitar 400 UKM telah mengikuti kursus ini. Ia berharap jumlahnya akan terus bertambah untuk memfasilitasi pelaku usaha yang ingin terus berkembang.

 

Penerjemah I Ahmad Syukri I Editor: Fares alBadr I Sumber: Rol

 

تعليقات
Loading...