السنغال تحجز الناقلة والشحن من إندونيسيا

Senegal pesan kapal tanker dan kargo dari Indonesia

0 552

 

لندن، إندونيسيا اليوم – بعد شراء طائرة وقطار من إندونيسيا، ستشتري السنغال ناقلة شحنا تزن 18.500 طن، وترغب في شراء قاربين للدوريات بطول 60 مترا للإشراف على 700 كيلومتر من المناطق الساحلية.

وقد نقل ذلك وزير تطوير شبكة السكك الحديدية الوطنية السنغالية، عبدو ندين سال، ممثلا لحكومة السنغال خلال زيارته إلى شركة بال ومنتدى إندونيسيا-أفريقيا (IAF) في بالي الأسبوع الماضي.

المعلومات والشؤون الاجتماعية والثقافية لسفارة جمهورية إندونيسيا بضاحى، ديماس بريهادي في تصريح إلى أنتارا لندن، الجمعة، قال إن رغبة حكومة السنغال لشراء ناقلة من إندونيسيا في تأكيد من جانب رئيس مدير شركة بال إندونيسيا، بوديمان صالح الذي قال إن السنغال سوف تشتري ناقلة وشحنا وزنها 18.500 طن.

بالإضافة إلى ذلك، ترغب السنغال في شراء قاربين  للدورية التي يبلغ طولها 60 متراً لمراقبة المنطقة الساحلية التي يبلغ طولها 700 كم.

ويرى بوديمان صالح أن السنغال تعتزم أيضا شراء بعض السفن الأخرى من شركة بال، من بينها سفينة ممتازة ل50 راكبا للرئيس، و250 راكبا لنقل الركاب إلى جزيرة غاري والسفينة السريعة ل500 و 2000 مسافر لنقلهم إلى منطقة زيغوينتشور والمنطقة المحيطة بها مع مواصفات الدرجة الاقتصادية، والمتوسطة والدرجة الأولى.

وقال السفير الاندونيسي في داكار، مانشيور بانجيران، إن السفينة المستخدمة لنقل الركاب من داكار إلى زيغوينتشور هي سفينة من كوريا الجنوبية.

وقال السفير مانشور بانجيران :”نأمل أن تتمكن إندونيسيا من تحقيق هذا التعاون على الفور لتلبية احتياجات النقل البحري في السنغال لأنه يوجد بين إندونيسيا والسنغال رابطة تاريخية في هذا المجال”.

وقال وقد بدأت عملية شراء سفينة منذ 2017 والوكالة التي تتولى الأمر هي كونسيل دأدمنستراتون دو كونسيل س ن غالايس ديس تشارجيرس (كوسيك) أيضا قد قامت بزيارة شركة بال. فالحاجة إلى السفينة في السنغال كبيرة.

ووفقاً للسفير منشيور، فإن إندونيسيا والسنغال تربطهما علاقات تاريخية عندما غرقت سفينة جولا السنغالية “مع مسار داكار – زيغوينتشور واستبدلت بسفينة “ويليس” المستأجرة من إندونيسيا (بيلني) كاملة مع قبطان السفينة وأعضائها.

وقال :”إن هذه الرابطة التاريخية تثبت التزام حكومة إندونيسيا العالي بتعزيز التعاون مع السنغال.”

يرحب بوديمان بمصلحة السنغال، وسوف تقدم شركته عرضًا بمواصفات للحصول على رد رسمي من السنغال. كما يقدم بوديمان “القاطرات أو زوارق السحب” ويطلب من الوزير نديني أن يتمكن من نقلها إلى الأطراف ذات الصلة في السنغال.

المترجم : أحمد شكري | المحرر : فارس البدر | المصدر: انتارا

London, Indonesiaalyoum.com – Setelah membeli pesawat dan kereta dari Indonesia , Senegal akan membeli kapal tanker dan kargo seberat 18.500 ton dan berminat membeli dua kapal patroli ukuran 60 meter untuk mengawasi wilayah pesisirnya sepanjang 700 km.

Hal itu disampaikan Menteri Urusan Pengembangan Jaringan Perkeretaapian Nasional Senegal, Abdou Ndene Sall, mewakili Pemerintah Senegal dalam kunjungannya ke PT. PAL dan Indonesia-Africa Forum (IAF) di Bali pekan lalu.

Pensosbud KBRI Doha, Dimas Prihadi dalam keterangan kepada Antara London, Jumat menyebutkan bahwa keinginan pemerintah Senegal membeli kapal tanker dari Indonesia di konfirmasi oleh Direktur Utama PT. PAL Indonesia, Budiman Saleh yang mengatakan Senegal akan membeli kapal tanker dan kargo seberat 18.500 ton.

Selain itu, Senegal juga berminat membeli dua kapal patroli ukuran 60 meter untuk mengawasi wilayah pesisirnya sepanjang 700 km.

Menurut Budiman Saleh, Senegal juga berniat akan membeli beberapa kapal lainnya dari PT. PAL, antara lain kapal VIP 50 penumpang untuk presiden, kapal feri 250 penumpang untuk transportasi ke Pulau Goree dan kapal feri cepat kapasitas 500 dan 2000 penumpang untuk transportasi ke Provinsi Ziguinchor dan wilayah sekitarnya dengan spesifikasi kelas ekonomi, bisnis dan first class.

Dubes RI di Dakar, Mansyur Pangeran, mengatakan saat ini kapal yang digunakan untuk mengangkut penumpang dari Dakar ke Ziguinchor adalah kapal dari Korea Selatan.

“Kami harap Indonesia dapat segera merealisasikan kerja sama ini untuk memenuhi kebutuhan transportasi laut di Senegal karena antara Indonesia dan Senegal sudah pernah ada ikatan sejarah di bidang ini,” kata Dubes Mansyur Pangeran.

Dikatakannya proses pembelian kapal ini sudah dimulai sejak tahun 2017 dan instansi menangani yaitu Conseil d`Administration du Conseil S n galais des Chargeurs (COSEC) pun sudah melakukan kunjungan ke PT. PAL, kebutuhan kapal di Senegal sangat besar.

Menurut Dubes Mansyur, Indonesia dan Senegal memiliki ikatan historis ketika kapal Senegalle Joola” dengan trayek Dakar – Ziguinchor tenggelam dan digantikan kapal feri Wilis yang disewa dari Indonesia (Pelni) lengkap dengan kapten kapal dan awaknya.

“Ikatan historis ini membuktikan komitmen yang tinggi dari Pemerintah Indonesia untuk membina kerja sama dengan Senegal,”ujarnya.

Budiman menyambut baik minat Senegal, dan perusahaannya akan menyampaikan proposal dengan spesifikasinya untuk mendapatkan tanggapan resmi dari Senegal. Budiman juga menawarkan?kapal tunda atau tug boat?dan meminta agar Menteri Ndene Sall dapat menyampaikan kepada pihak terkait di Senegal.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: Antara

 

تعليقات
Loading...