عودة صادرات السيارات الإندونيسية إلى فيتنام

Ekspor otomotif Indonesia kembali masuk Vietnam berkat pembicaraan ini

0 680

 

سولو، إندونيسيا اليومصادرات منتجات السيارات من إندونيسيا ستعود إلى فيتنام بعد توقف وصول سوق تصدير منتجات إندونيسية للسيارات إلى البلاد. وهذه من إحدى القضايا التي نوقشت في الاجتماع الثالث للجنة المشتركة بين جمهورية إندونيسيا -فيتنام، كما جاء في البيان الصحفي الصادر عن وزارة الشؤون الخارجية في جاكرتا يوم الثلاثاء.

قد يهمك: الصادرات الإندونيسية إلى الصين ازدياد بنسبة 34%

اجتماع اللجنة المشتركة الذي عقد في هانوي، فيتنام، لقد شارك في رآستها كل من وزير الخارجية ريتنو مارسودي ووزير الخارجية الفيتنامي فام بيهن ميهن.

“إنني مسرورة بأن الصادرات من منتجات السيارات الإندونيسية لإعادة دخول السوق الفيتنامية، ومنتجات السيارات هي من أكبر صادرات إندونيسيا إلى فيتنام، حيث بلغت حوالي 293 مليون دولار أمريكي في عام 2017.” قالت ريتنو.

من قبل، في نهاية عام 2017 أصدرت حكومة فيتنام لائحة تحد من استيراد السيارات في البلاد.

باعتبارها واحدة من الدول المجاورة لإندونيسيا، فإن التعاون الثنائي بين إندونيسيا وفيتنام يتنامى بسرعة عاما بعد عام، وخاصة بعد أن اتفقت الدولتان على اتفاقية شراكة استراتيجية في عام 2013.

قد يهمك: مباحثات للاتفاق على التجارة التفضيلية بين إندونيسيا وثلاث دول

في المجال الاقتصادي، استمرت قيمة التجارة بين البلدين في الزيادة تصل إلى 6.8 مليار دولار أمريكي في عام 2017، أو ارتفع قدرها 8.64 % مقارنة بعام 2016.

بالإضافة إلى ذلك، هناك زيادة في قيمة الاستثمار في اتجاهين بين البلدين. في عام 2017، ارتفع الاستثمار الفيتنامي إلى إندونيسيا بنحو 300%، في حين زاد الاستثمار الإندونيسي في فيتنام بنسبة 36% في عام 2017.

تتوافق مختلف الإنجازات في مجال التعاون الاقتصادي مع أهداف خطة العمل الاستراتيجية للبلدين للفترة 2014 – 2018.

في اجتماع اللجنة المشتركة، اتفق وزيرا الخارجية على ضرورة الحفاظ على قوة الدفع الإيجابية للتعاون الاقتصادي بين البلدين.

وتحقيقا لهذه الغاية، اتفق الوزيران على وضع خطة عمل جديدة على الفور للفترة من 2019 إلى 2023، كدليل وهدف التعاون بين البلدين في السنوات الخمس المقبلة.

قد يهمك: خدمات التصدير المباشر قادرة على الضغط على تكاليف النقل والإمداد

وستتم خطة العمل بحلول نوفمبر 2018. وتشمل العديد من القطاعات الجديدة التي اقترحها وزير الخارجية لتشمل خطة العمل الجديدة صناعة الدفاع الإستراتيجي، وزراعة المحاصيل والحيوانات البحرية، والسياحة البحرية، والطاقة المتجددة والصناعات الإبداعية.

وقالت وزيرة الخارجية ريتينو :”أتوقع أن تكتمل خطة العمل الجديدة بحلول عام 2018 وأن تشمل فرصا جديدة لزيادة تعزيز وتوسيع التعاون الثنائي بين إندونيسيا وفيتنام.”

كما اتفق وزيرا الخارجية على أهمية تعزيز تفاعل القطاع الخاص. فيما يتعلق بذلك، سيشجع وزيرا الخارجية على زيادة التفاعل مع مختلف مجتمعات الأعمال لكي يتمكنوا من استكشاف خطوات مبتكرة للاستفادة من مختلف الفرص المتاحة.

وقالت وزير الخارجية ريتينو :”العديد من القطاعات التي تم تحديدها ما زالت مفتوحة أمام رجال الأعمال الإندونيسيين في فيتنام، مثل قطاع المصب من النفط والغاز والفنادق والممتلكات”.

قد يهمك: الحكومة تهدف إلى 7.8% من نمو الصادرات لتايوان

المترجم : أحمد شكري | المحرر : فارس البدر | المصدر: ريفوبليكا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Ekspor produk-produk otomotif Indonesia kembali akan masuk ke Vietnam setelah akses pasar ekspor produk otomotif Indonesia ke negara tersebut sempat terhenti.

Hal tersebut merupakan salah satu isu yang dibahas dalam Sidang Komisi Bersama (SKB) ke-3 RI-Vietnam, seperti disampaikan dalam keterangan pers Kementerian Luar Negeri yang diterima di Jakarta, Selasa.

SKB yang berlangsung di Hanoi, Vietnam, itu dipimpin bersama oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Vietnam Pham Bihn Mihn.

“Saya senang ekspor produk otomotif Indonesia dapat kembali masuk pasar Vietnam. Produk otomatif merupakan salah satu ekspor terbesar Indonesia ke Vietnam yaitu mencapai sekitar 293 juta dolar AS pada 2017,” kata Menlu Retno.

Sebelumnya, pada akhir 2017 Pemerintah Vietnam mengeluarkan aturan yang membatasi impor otomotif di negara tersebut.

Sebagai salah satu tetangga dekat Indonesia, kerja sama bilateral Indonesia-Vietnam dari tahun ke tahun terus berkembang pesat, khususnya setelah kedua negara menyepakati perjanjian kemitraan strategis pada 2013.

Di bidang ekonomi, nilai perdagangan kedua negara terus meningkat hingga mencapai 6,8 miliar dolar AS pada 2017, atau meningkat sebesar 8,64 persen dibandingkan tahun 2016.

Selain itu, terjadi peningkatan nilai investasi dua arah antarkedua negara. Pada 2017 investasi Vietnam ke Indonesia meningkat sekitar 300 persen, sedangkan investasi Indonesia ke Vietnam meningkat sekitar 36 persen pada 2017.

Berbagai capaian di bidang kerja sama ekonomi tersebut sejalan dengan target pada rencana aksi kemitraan strategis kedua negara untuk periode 2014?2018.

Dalam pertemuan SKB, kedua Menlu sepakat momentum positif kerja sama ekonomi kedua negara harus terus di jaga.

Untuk itu, Kedua Menlu menyepakati untuk segera mengembangkan sebuah rencana aksi baru untuk periode 2019-2023, sebagai sebuah penuntun sekaligus target kerja sama kedua negara dalam lima tahun ke depan.

Rencana Aksi itu akan diselesaikan pada November 2018. Beberapa sektor baru yang diusulkan Menlu RI untuk masuk dalam rencana aksi baru tersebut, antara lain industri strategis pertahanan, budi daya tanaman dan hewan laut, pariwisata laut, energi terbarukan dan industri kreatif.

“Saya mengharapkan rencana aksi baru dapat diselesaikan pada 2018, dan memasukkan peluang-peluang baru guna lebih memperkokoh sekaligus memperluas kerja sama bilateral Indonesia-Vietnam,” ujar Menlu Retno.

Kedua Menlu juga sepakat pentingnya meningkatkan interaksi sektor swasta. Terkait hal itu, kedua Menlu akan mendorong interaksi yang lebih luas dengan berbagai komunitas bisnis untuk dapat mengeksplorasi langkah-langkah yang inovatif guna memanfaatkan berbagai peluang yang tersedia.

“Beberapa sektor yang diidentifikasi masih terbuka bagi pengusaha Indonesia di Vietnam, seperti sektor hilir minyak dan gas, perhotelan dan properti,” ungkap Menlu Retno.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: Antara

 

تعليقات
Loading...