وزارة الحج والعمرة السعودية: تُمكّن 450 شخصاً من ذوي الإعاقة والأيتام من الحج

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi undang 450 orang penyandang disabiltas berhaji

0 175

مكة المكرمة، إندونيسيا اليوم – مكّنت وزارة الحج والعمرة السعودية 450 شخصاً من ذوي الإعاقة والأيتام من أداء فريضة الحج لهذا العام 1444 ه، ضمن النسخة الثالثة من مبادرتها الوطنية لحج الأشخاص ذوي الإعاقة، بالشراكة مع عدد من الجهات الحكومية وغير الربحية، تحقيقا لأحد مستهدفات رؤية السعودية 2030 والمتمثلة في الارتقاء بالخدمات المقدمة لضيوف الرحمن. حسبما ذكرته وكالة الأنباء السعودية.

وتهدف المبادرة إلى تمكين وإتاحة الفرصة لذوي الإعاقة والأيتام من أداء فريضة الحج بكل يسر وسهولة، إضافة إلى تعزيز دورهم في المجتمع، بُغية تأديتهم مناسكهم بيسر وسهولة.
وبينت الوزارة أنه جرى توفير سيارات حديثة ومجهزة للتنقل، وتخصيص مسارات خاصة لأداء المناسك داخل المشاعر، إلى جانب توفير الخدمات التي تلبي احتياجاتهم مثل الأدوية والمستلزمات، ومترجمين إشارة ، ولغة برايل، بهدف الارتقاء بجودة الخدمات المقدمة لهم.

يذكر أن المبادرة الوطنية لحج ذوي الإعاقة والأيتام انطلقت في العام 1442 هـ، وشهدت مشاركة 200 حاج وحاجة، أما عام 1443 هـ، فقد بلغ عدد المشاركين فيه 300 حاجًا وحاجة من كافة مناطق المملكة.

//إندونيسيا اليوم/واس//


Makkah, Indonesiaalyoum.com – Sebanyak 450 orang penyandang disabilitas dan yatim piatu mendapat kesempatan berhaji tahun ini 1444 H melalui Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, sebagai bagian dari “Inisiatif Nasional Haji Penyandang Disabilitas edisi ketiga” berkerjasama dengan lembaga pemerintah dan organisasi nirlaba, untuk mewujudkan salah satu visi Saudi 2030 yang meningkatkan layanan yang diberikan kepada jamaah haji.

Inisiatif tersebut bertujuan untuk memampukan dan memberikan kesempatan kepada penyandang disabilitas dan anak yatim untuk menunaikan ibadah haji dengan mudah dan gampang, selain untuk memperkuat peran mereka di masyarakat. Seperti dikutip dari SPA.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menjelaskan bahwa untuk kelompok rentan ini, kementerian telah menyediakan transportasi khusus mobil modern lengkap dengan fasilitasnya, dan jalur khusus yang disediakan untuk melakukan ritual ibadah haji, selain menyediakan layanan yang memenuhi kebutuhan mereka seperti obat-obatan dan perbekalan, penerjemah isyarat, dan bahasa dan huruf Braille, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada mereka.

Perlu diketahui bahwa prakarsa haji nasional untuk penyandang cacat dan anak yatim diluncurkan pada tahun 1442 H yang diikuti sebanyak 200 jamaah, pria dan wanita, dan pada tahun 1443 H, jumlah peserta di dalamnya mencapai 300 jamaah dari seluruh wilayah Kerajaan Arab Saudi.

تعليقات
Loading...