مراوح رذاذ الماء وطلاء أبيض للأسفلت.. تقنيات متقدمة تقي ضيوف الرحمن من الحر

Kipas kabut air dan cat aspal putih.. Teknologi canggih melindungi jemaah haji dari panas

0 171

مكة المكرمة، إندونيسيا اليوم – تنفذ الجهات المعنية في المملكة العربية السعودية عدة برامج متطورة لتخفيف وطأة الحرارة على ضيوف الرحمن ممن يؤدون مناسك الحج لعام 1444 هـ الموافق 2023، وذلك في ظل درجات حرارة مرتفعة تشهدها المملكة عادة خلال هذه الفترة من العام.

وتنتشر في أرجاء المشاعر المقدسة نقاط ضخ رذاذ الماء الذي يتطاير تلطيفاً للأجواء، وتخفيفاً للحرارة على جموع الحجاج. وتسهم هذه الطريقة في تخفيض درجة الحرارة من 5 إلى 7 درجات، في وقت أعلن فيه المركز الوطني للأرصاد أن درجات الحرارة خلال موسم حج هذا العام ستتراوح في مواقع الأماكن المقدسة ما بين 42 – 45 درجة مئوية.

ووفرت وزارة الصحة أكثر من 200 سرير لاستقبال حالات ضربات الشمس والإجهاد الحراري، إضافة إلى توفير عدد كبير من مراوح الرذاذ بالماء، التي أثبتت فعاليتها في التعامل مع هذه الحالات، وزودت بها جميع المرافق الصحية.

من جانبها، نفذت الهيئة العامة للطرق إجراءات بالشراكة مع الجهات المعنية بخدمة ضيوف الرحمن، لاستخدام تقنية طلاء الأسطح الإسفلتية، التي عملت عليها الهيئة علمياً، لزيادة مستوى التبريد للمناخ من حول تلك الأسطح

ويسهم الطلاء الأبيض في خفض درجة حرارة السطح بحوالي 30 درجة مئوية، باستخدام عدة مواد محلية الصنع لها القدرة على امتصاص كمية أقل من الأشعة الشمسية.

وقال عبد العزيز العتيبي المكلف بالشؤون الإعلامية بالهيئة، إن الطلاء يُستخدم ضمن مناطق محددة، وذلك في طرق المشاة بالمشاعر المقدسة التي ترتفع بها درجات الحرارة بهدف إيجاد بيئات أكثر راحة وأسهل في أماكن المشاة، وفقا لما نقلت عنه صحيفة الشرق الأوسط.

وكانت الهيئة العامة للطرق، وبالشراكة مع وزارة الشؤون البلدية والقروية والإسكان، قد بدأت قبل أشهر بإجراء تجربة “لتبريد الأسطح الأسفلتية”.

وتهدف هذه التجربة لخفض درجة الحرارة في الأحياء والمناطق السكنية، وتقليل الطاقة المستخدمة في تبريد المباني وتقليل آثار تغير المناخ، وتسهم هذه التقنية في توفير بيئة أكثر راحة في مناطق الانتظار، والمناطق التي يتجمع فيها الناس.

الجدير بالذكر أن الهيئة العامة للطرق تعمل على تطوير الأبحاث والتجارب العملية؛ التي تسهم في الارتقاء بتجربة مستخدمي الطرق، وتحقيق مستهدفات إستراتيجية قطاع الطرق التي تهدف لتعزيز سلامة واستدامة قطاع الطرق؛ بقيادة كفاءات وطنية، والرفع من جودة شبكة الطرق وتجربة مستخدميها، والتشجيع على الابتكار.

//إندونيسيا اليوم/المركز الإعلامي الإفتراضي//


Makkah, Indonesiaalyoum.com – Berbagai cara dilakukan Pemerintah Arab Saudi di musim haji tahun ini 1444 H untuk memberikan fasilitas dan layanan yang aman dan nyaman kepada jutaan tamu Allah, di antaranya adalah teknologi  untuk mendingikan udara panas yang biasanya meningkat di musim haji.

Teknologi kabut air ini tersebar di seluru titik pelaksanaan ibadah haji, membuat pelaksanaan ibadah haji lebih sejuk dan mengurangi panas yang dirasakan seluruh jamaah haji. Metode ini disebut berkontribusi menurunkan suhu panas antara 5 menjadi 7 derajat. Dimana Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi mengumumkan bahwa suhu selama musim haji tahun ini berkisar antara 42 dan 45 derajat Celcius di tempat-tempat suci.

Sementara itu Kementerian Kesehatan Arab Saudi telah menyediakan lebih dari 200 tempat tidur khusus menghadapi kondisi paparan panas matahari dan kelelahan akibat panas, selain itu juga menyediakan sejumlah besar kipas angin yang terbukti efektif menangani kasus tersebut, dan telah dipasok ke seluruh fasilitas kesehatan.

Selain itu, Dinas PU Arab Saudi bekerjasama dengan lembaga terkait telah menyediakan fasilitas dan teknologi Marmer putih – yang dikenal sebagai marmer Thassos – untuk menambah tingkat pendidinginan, teknologi ini berkontribusi menurunkan panas suhu permukaan sekitar 30 derajat celcius, pembuatan teknologi ini dengan menggunakan beberapa bahan buatan dalam negeri yang memiliki kemampuan menyerap lebih sedikit radiasi matahari.

Abdulaziz Al-Otaibi, penanggung jawab urusan media di otoritas tersebut, mengatakan bahwa cat tersebut digunakan di area tertentu, di jalan pejalan kaki di tempat suci yang bersuhu tinggi, dengan tujuan menciptakan lingkungan yang lebih nyaman dan mudah di tempat pejalan kaki. menurut surat kabar Al-Sharq Al-Awsat.

Otoritas Jalan Umum, bermitra dengan Kementerian Kota, Urusan Pedesaan dan Perumahan, telah mulai melakukan percobaan beberapa bulan lalu untuk “mendinginkan permukaan aspal”.

Eksperimen ini bertujuan untuk mengurangi suhu lingkungan dan pemukiman, mengurangi energi yang digunakan untuk mendinginkan bangunan, dan mengurangi efek perubahan iklim. Teknologi ini berkontribusi menyediakan lingkungan yang lebih nyaman di ruang tunggu dan tempat berkumpulnya orang.

Perlu dicatat bahwa Dinas PU Arab Saudi sedang mengembangkan penelitian dan eksperimen praktis. Yang berkontribusi untuk meningkatkan pengalaman pengguna jalan, dan mencapai tujuan strategi sektor jalan, yang bertujuan untuk meningkatkan keselamatan dan keberlanjutan sektor jalan; Yang dipimpin oleh ahli  kompeten Arab Saudi juga peningkatan kualitas jaringan jalan dan pengalaman penggunanya, serta mendorong inovasi.

Sumber: VPC Media

تعليقات
Loading...