إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

5 أخبار زلزال بالو ودونجغالا تحتاج إلى معرفته: مقتل 844 ولماذا لم يتم الكشف عن بالو تسونامي؟

Lima Berita Gempa Donggala yang Kamu Harus Tahu: 832 Tewas dan Kenapa Tsunami Palu Tak Terdeteksi?

- الإعلانات -

0 338

1. الضحايا “تحديث”: مقتل 844 شخصًا بسبب الزلزال والتسونامي في بالو

ارتفع عدد القتلى من الزلزال والتسونامي في بالو ودونجغالا في سولاويسي الوسط إلى 844 شخصًا. تم نقل أحدث المعلومات من قبل رئيس قسم البيانات والمعلومات والعلاقات العامة في الوكالة الوطنية لإدارة الكوارث سوتوبو بورو نوهروهو (BNPB) ظهيرة يوم الاثنين (10/01/2018).

وقال سوتوبو “مستكملا اثر الكارثة على عدد الضحايا حتى بعد ظهر اليوم في الساعة الواحدة مساءا مقتل 844 شخصا وهم 821 بمدينة بالو و 11 شخصا في دونجغالا و12 في باريغي موتونغ.” عدد القتلى جراء إصابة مبنى والتسونامي.

2. لماذا لم يتم الكشف عن بالو والتسونامي؟ هذه هي المشكلة

سقوط الجسر الأصفر في بالو
سقوط الجسر الأصفر في بالو

في اليومين الماضيين، صارح العديد من الناس عن دهشتهم بشأن الإنذار المبكر وإدارة الكوارث. “كيف لا يتم الكشف عن التسونامي و بالو؟” ” أليس لدينا خريطة المخاطر حتى لا نعرف؟” عبر رئيس وكالة المعلومات الجغرافية المكانية (حسن) حسن الدين ز عابدين عن مدى تعقيد المشاكل التي واجهت خلال زلزال دونجغالا الذي حل بكارثة التسونامي.

3. شرح الخبراء حول التحركات الأرضية في الفيديو المنتشرة عبر النت وقت حدوث الزلزال

نلاحظ من الفيديو يظهر ظهور تدفق الطين تحت منازل الناس بعد الزلزال الذي هز منطقة سولاويسي الوسطى. في الفيديو الذي يستغرق دقيقتين، بدا المنزل والأشجار وكأنهما ينجرفان. تلقى الفيديو انتباه العديد من المواطنين.

4. توضيح من وزير الداخلية حول السكان لاخذ البضائع في المتجر

خمس أخبار زلزال بالو ودونجغالا تحتاج إلى معرفته مقتل 832 ولماذا لم يتم الكشف عن بالو تسونامي؟

نفى وزير الشؤون الداخلية تهجو كومولو الأخبار عن حرية مجتمع بالو، سولاويسي الوسطى، بأخذ البضائع في المتجر لأن الحكومة دفعت المبلغ. كان معروفًا، في السابق أن الأخبار قد تم نشرها تفيد بأن مجتمع بالو سمح له بأخذ سلع في المتجر بعد الزلزال والتسونامي التي حل المنطقة.

احتوت الأخبار على تصريح تهجو الذي ذكر أن المجتمع يمكن أن يأخذ البضائع في المتجر لأن الحكومة تتحمل بتكاليفه. وقال تهجو من خلال بيان مكتوب يوم الأحد (09/30/2018) ” الأخبار المكتوبة (في الواقع) ليس كذلك”.

5. 4 حقائق وراء الشغب بمركز الاحتجاز في دونجغالا، فر من الحجز رغبة للقاء الأسرة

خمس أخبار زلزال بالو ودونجغالا تحتاج إلى معرفته مقتل 832 ولماذا لم يتم الكشف عن بالو تسونامي؟ 4

قام المعتقلون في مركز احتجاز فئة 2 ب، دونجغالا ، بإحراق المباني وحرقها عندما لم يتم الموافقة لمطالبهم. يرغب السجناء العودة إلى ديارهم ومعرفة مصير عائلاتهم بعد الزلزال والتسونامي في دونجغالا وبالو. أبلغ عن هروب 100 سجين.

المترجمة : فتحية غزالي | المصدر: كومباس


1. “Update” Korban: 832 Orang Tewas karena Gempa dan Tsunami Palu Korban tewas akibat gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, bertambah menjadi 832 Orang.

Informasi terbaru tersebut disampaikan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho pada Minggu (30/9/2018) siang.

“Update dampak bencana jumlah korban jiwa sampai siang ini pukul 13.00, total 832 orang meninggal dunia, yakni di Kota Palu 821 orang dan Donggala 11 orang,” kata Sutopo.

Korban tewas akibat tertimpa bangunan dan diterjang tsunami.

2. Kenapa Tsunami Palu Tak Terdeteksi? Ini Masalahnya

Dua hari terakhir, banyak orang mengungkapkan keheranannya soal peringatan dini dan penanganan bencana.

“Kok bisa tsunami Palu enggak tahu?” “Memang kita enggak punya peta hazard sampai enggak tahu?”

Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Hasanuddin Z Abidin mengungkapkan keruwetan masalah yang dihadapi saat gempa Donggala yang diikuti tsunami Palu.

3. Penjelasan Ahli soal Tanah Bergerak di Video yang Viral Pacagempa Donggala

Sebuah video yang menunjukkan munculnya lumpur mengalir di bawah rumah warga menjadi viral setelah gempa yang mengguncang wilayah Sulawesi Tengah.

Dalam video berdurasi 2 menit tersebut terlihat rumah dan pepohonan seolah hanyut.

Video tersebut langsung mendapat perhatian dari banyak warganet.

4. Klarifikasi Mendagri soal Warga Palu Dibebaskan Ambil Barang di Minimarket

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo membantah berita ihwal dibebaskannya masyarakat di Palu, Sulawesi Tengah, mengambil barang di minimarket karena telah ditanggung pembayarannya oleh pemerintah.

Diketahui, sebelumnya beredar berita yang menyatakan diperbolehkannya masyarakat Palu mengambil barang di minimarket pasca gempa dan tsunami di wilayah tersebut.

Berita tersebut memuat pernyataan Tjahjo yang disebut menyatakan masyarakat boleh mengambil barang di minimarket karena telah ditanggung pemerintah.

“Tidak begitu (sebenarnya) berita yang ditulis,” kata Tjahjo melalui keterangan tertulis, Minggu (30/9/2018).

5. 4 Fakta di Balik Kerusuhan Rutan Donggala, Ingin Bertemu Keluarga hingga Kabur dari Rutan

Para tahanan di rumah tahanan ( rutan) Klas II B, Donggala, mengamuk dan membakar bangunan ketika tuntutan mereka tidak dipenuhi petugas.

Para narapidana tersebut ingin pulang dan mengetahui nasib para keluarga mereka pasca-gempa dan tsunami di Donggala dan Palu. Kurang lebih 100 napi diketahui kabur.

Penerjemah: Fathiyah Gazali | Sumber: Kompas

(44)

تعليقات
Loading...
Click Me