الديمقراطي يؤكِد حُسن نية جوكوي

Demokrat Yakin Niat dan Tujuan Jokowi Baik

388

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – أعلن الأمين العام للحزب الديمقراطي، هينشا بانجايتان، أنه قد تم دعوته من قبل الرئيس الإندونيسي جوكوي ليشغل منصب وزيرً في الحكومة الجديدة 2019-2024. ولكن، في الحقيقة، لم تتم دعوة أي شخص آخر مِن الحزب للمشاركة في الحكومة.

ومع ذلك، أكد هينشا على أن الحزب يحترم الرئيس جوكوي، ويحترم قرارته. حيث أن تشكيل الحكومة هو حق مُطلق له.

قال هينشا في بيان صحفي: “نَعتقد أنه بالرغم مِن عدم مشاركتنا في الحكومة الجديدة، أن جوكوي نواياه جيدة وطيبة”. الخميس (24/10).

وعندما سُئل عَن مَوقف الحزب مِن الحكومة، هل سيكون مؤيدًا لسياستها أم مُعارِضًا. أكد على أن هذا القرار يرجع للرئيس العام للحزب، سوسيلو بامبانج يودهويونو. ولكن، بشكل عام، فإن الحِزب يُريد أن يشارك ويساهم في نجاح حكومة جوكوي.

وأضاف: “إن الديمقراطيون مهتمون للغاية بتحقيق مطالِب الشعب الإندونيسي وتطلعاته في العدالة والتنمية والسلام والحرية. حيث أن كل هذه الحقوق يكفلها الدستور  الإندونيسي”.

وبينما يُنتظر خطاب الرئيس العام للحزب، أكد هينشا على باقي كوادِر الحزب، عَدم إصدار أي تصريحات عن موقفهم مِن الحكومة. وبالتأكيد، فإن هذا الخطاب سَوف يتم فيه التعليق على هذا الأمر.

وشكَرَ هينشا جَميع كوادِر الحزب، مِن مَن أتبعوا التعليمات ولَم يُصدروا أي تصريحات عَن هذا الموضوع.

حيث قال: “يتمنى الحزب الديمقراطي أن تنجح حكومة الرئيس جوكوي في مهامِها، طبقًا لما يتطلع له الشعب الإندونيسي، وطبقًا للوعود التي قالها الرئيس جوكوي في حملته الإنتخابية”.

 

المترجم : محمد علي | المصدر: وكالة ريبوبليكا الإخبارية


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengaku pihaknya sempat diajak oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi bagian dari koalisi pemerintahan pada periode keduanya ini. Namun, pada kenyataannya tidak ada satu pun kader Partai Demokrat yang mendapatkan jatah kursi di kabinet periode 2019-2024.

Kendati demikian, Hinca menegaskan bahwa Partai Demokrat tetap menghormati keputusan Jokowi. Karena bagaimana pun juga pemilihan kabinet adalah hak prerogatif Presiden Jokowi yang tidak bisa dipengaruhi oleh pihak manapun.

“Partai Demokrat meyakini bahwa keputusan Jokowi untuk tidak menyertakan Partai Demokrat memiliki niat dan tujuan yang baik,” ujar Hinca dalam pers rilisnya, Kamis (24/10).

Kemudian, kata Hinca, tentang posisi Partai Demokrat apakah akan berkoalisi dengan pemerintah atau oposisi akan ditentukan oleh Ktua Umum Partai Demokrat Susilo bambang Yudhoyono (SBY). Namun, pada prinsipnya Partai Demokrat ingin berperan dan berkontribusi agar pemerintahan Presiden Jokowi sukses dalam mengemban amanahnya.

“Tentu saja Demokrat akan sangat serius memperjuangkan aspirasi rakyat kita memiliki masa depan yang lebih  baik. Serta mendapatkan kesejahteraan, keadilan, kedamaian, dan kebebasan hakiki yang dijamin oleh konstitusi kita,” harap Hinca.

Sembari menunggu pidato dari politik ketua umum, Hinca menginstruksikan agar para kader partai tidak mengeluarkan sikap dan pernyataannya sendiri-sendiri. Tentunya berkaitan dengan penyusunan kabinet Presiden Jokowi yang baru saja dilaksanakan, apalagi yang sifatnya negatif. Hinca pun mengucapkan terima kasih atas kepatuhan seluruh kader untuk tidak memberikan komentar apapun berkaitan dengan kasus ini.

“Partai Demokrat mendoakan agar kabinet presiden Jokowi sukses dalam mengemban tugas-tugasnya, sesuai dengan harapan rakyat dan janji-janji kampanyenya yang disampaikan dalam pemilu 2019 lalu,” ucap Hinca.

Penerjemah: Mohamed Ali | Sumber: nasional.republika.co.id

تعليقات
Loading...