إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

آثار التاريخ الإندونيسي في كونينغان

Jejak Sejarah Indonesia di Kuningan

0 435

كونينغان ، إندونيسيا اليوم – إذا كنت تتحدث عن تاريخ استقلال إندونيسيا ، فلا تنسي كونينغان. مرحبًا بكم في النصوص التاريخية المنقوشة في لينجارجاتي.

إحدى الطرق لتعزيز الإحساس بالوطنية، هو زيارة المواقع التاريخية في إندونيسيا. مثل زيارة لينجارجاتي الموجود في منطقة كونينجان، جاوة الغربية.

الوصول إلى الموقع في غاية السهولة. فهو يبعد حوالي 25 كم من مركز مدينة سيريبون أو 15 كم من مدينة كونينجان. إذا كنت من اتجاه سيريبون ، اذهب مباشرة إلى كونينجان ، حتى تمر بسيليموس.وعند ملتقى طريق لينجارجاتي، انعطف يمينًا على الطريق المؤدي إلى الجهة اليسرى من الطريق الكبير لكونينجان.

آثار التاريخ الإندونيسي في كونينغان1

لا تشعر إلا والرحلة في صعود . يبدو أن حكومة كونينجان تدرك تمامًا أن مبنى النصوص في لينجارجاتي يعتبر واحدًا من معالمها المهمة التي تستحق عناء الوصول إليها، و ثبت ذلك بعد وصولنا إلى هذا المبنى التاريخي،فقد وجدناه مزدحما بالسياح. وقد رأينا متحفا مليئاً بالزوار.

تم بناء هذا المبنى على مساحة 25،675 متر مربع و 800 متر مربع. تقع عند سفح جبل سيريماي على ارتفاع 613 متر فوق مستوى سطح البحر. فلا عجب ، أن استقبلنا الهواء البارد على الفور.

عند دخول المبنى الذي على الطرازالهولندي كأننا في رحلة استكشافية عبر الزمن. لم يتغير شيء من هذا المبنى الذي لا يزال قائماً منذ أن تم بناؤه في عام 1930. إلا من بعض الترميم للسقف فحسب.

الزوار مدعوون لاستكشاف كيف جرت المفاوضات. تم ترتيب الأثاث في كل غرفة تمامًا كما حدث عند إجراء مفاوضات لينجارجاتي ، أي في الفترة من 11 إلى 13 نوفمبر 1946.

آثار التاريخ الإندونيسي في كونينغان2

في قاعة المحكمة كانت هناك طاولات مع أعضاء الوفد من كل بلد. طاولة طويلة على الجانب الأيمن ، حيث كان الوفد الإندونيسي ، برئاسة رئيس الوزراء سوتان شجرير ، يتألف من السيد سوتسانتو تيرتوبرودجو ، والدكتور عدنان كابو غاني ، والسيد محمد روم. على الجانب الأيسر ، كانت طاولة الوفد الهولندي ، برئاسة البروفسور الدكتور إير شيرميرهورن ، و السيد فان بول و الدكتور إف. دي. برار و الدكتور فان موك. طاولة صغيرة في الوسط ، حيث اللورد كيلروين ةهو وسيط بريطاني. كما تم توفير صور ثلاثية الأبعاد لتوضح سير المفاوضات.

عرض كل جدار في المبنى تقريبًا صورًا للأحداث التاريخية ، مع استكمال المعلومات أدناه مكتوبة بلغتين (الإندونيسية والإنجليزية). هناك صورة تظهر بعض الصحفيين الأجانب الذين جلسوا على الدرج أثناء التغطية باستخدام آلة كاتبة. فقد جذب هذا الحدث انتباه العالم. بالنظر إلى كيف أعلن الشعب الإندونيسي استقلاله في عام 1945، و لكن لم يستطع الهولنديون الاعتراف به.

بالإضافة إلى قاعة المحكمة ، هناك أيضاً غرفة للطعام وحمامات وغرفة كي الملابس (التي تحولت إلى غرفة للصلاة) وقاعة اجتماعات الرئيس سوكارنو واللورد كيلرني والعديد من غرف النوم التي يستخدمها المندوبون لقضاء الليل.

آثار التاريخ الإندونيسي في كونينغان3

يمكن للضيوف الاسترخاء في كل ركن من أركان هذا المبنى التاريخي ، كما يمكنهم الاسترخاء في ساحة فناء واسعة وجميلة. لمجرد النزهة أو نقع قدميك في بركة تحيط بك أسماك صغيرة ، في الفناء الجانبي. و لا تنس رمي القمامة في مكانها، حتى يتم الحفاظ على النظافة.

للدخول إلى المنطقة السياحية التاريخية في هذا المتحف التذكاري ، يدفع الشخص 2000 روبية. و 3،000 روبية كرسوم لوقوف السيارات، للمركبات ذات العجلتين و 5000 روبية للمركبات ذات أربع عجلات. ساعات عمل المتحف من الاثنين إلى الجمعة من الساعة 07:00 إلى الساعة 15:00 بتوقيت غرب إندونيسيا، و في يومي السبت والأحد تبدأ من الساعة 08:00 إلى الساعة 17:00 بتوقيت غرب إندونيسيا.

لا داعي للقلق بشأن وقوف السيارات لأنه تتوفر مساحة وقوف كبيرة جدا. بالقرب من موقف السيارات توجد عربات الطعام والشراب.

لا تنس ، قبل العودة إلى المنزل ، شراء حمالة مفاتيح أو كتاب صغير يحتوي على تاريخ مفاوضات لينجارجاتي ، كتذكار. و تباع ب5000 روبية.

آثار التاريخ الإندونيسي في كونينغان4

للأصدقاء من خارج المدينة لا تقلق بشأن السكن. مجرد تحميل تطبيق Pegipegi ، ما عليك سوى اختيار ، أين تريد أن تذهب. لاسيما أن Pegipegi ، في كثير من الأحيان يعطي خصومات. يمكنك المكوث في سيريبون، أو في كونينجان.

المترجمة : مايا يونياتي | المحرر : د . طلال الشايقي | المصدر: ديتيك


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Jika bicara sejarah tentang kemerdekaan Indonesia, maka jangan lupakan Kuningan. Selamat datang di Gedung Perundingan Naskah Linggarjati.

Salah satu cara memupuk rasa nasionalisme dan semangat patriotisme adalah dengan mengunjungi tempat bersejarah di Indonesia. Seperti menyambangi Gedung Perundingan Naskah Linggarjati yang terletak di kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Lokasinya mudah sekali dicapai. Hanya berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Cirebon atau 15 km dari kota Kuningan. Bila dari arah Cirebon, lurus saja menuju Kuningan, hingga melewati Cilimus. Begitu menemui perempatan Linggarjati, tinggal belok kanan mengikuti jalan sampai ke tujuan yang berada di sebelah kiri Jl. Raya Kuningan.

Perjalanan yang terus menanjak menjadi tidak terasa dikarenakan akses jalan yang mulus. Tampaknya pemerintah daerah Kuningan sadar betul bahwa Gedung Perundingan Linggarjati merupakan salah satu wisata unggul mereka.

Bangunan berstatus Cagar Budaya ini dibangun di atas tanah seluas 25.675 meter persegi dengan luas bangunan 800 meter persegi. Terletak di kaki Gunung Ciremai pada ketinggian 613 meter di atas permukaan air laut. Tak heran, udara yang sejuk pun langsung menyapa kami.

Memasuki bangunan bergaya kolonial Belanda ini ibarat tengah menjelajahi lorong waktu. Tidak ada yang berubah dari bangunan yang masih kokoh berdiri sejak dibangunnya pada tahun 1930. Hanya bagian langit-langit saja yang mengalami perbaikan.

Pengunjung diajak menyelami bagaimana detik-detik perundingan berlangsung. Perabot-perabot di tiap ruangan pun disusun sama persis seperti pada saat Perundingan Linggarjati berlangsung, yaitu pada tanggal 11-13 November 1946 silam.

Pada ruang sidang terdapat meja-meja bertuliskan anggota delegasi dari masing-masing negara. Meja panjang di sisi kanan, tempat delegasi Indonesia yang diketuai oleh PM Sutan Sjahrir, beranggotakan Mr.Soesanto Tirtoprodjo, Dr.Adnan Kapau Gani, dan Mr.Mohammad Roem. Di sisi kiri, meja delegasi Belanda yang diketuai oleh Prof.Dr.Ir.Schermerhorn, beranggotakan Mr.Van Poll, Dr.F.De Broer, dan Dr.Van Mook. Sebuah meja kecil di tengah, tempat Lord Killearn selaku mediator asal Inggris. Disediakan pula diorama yang menggambarkan saat berlangsungnya perundingan.

Hampir di setiap dinding gedung dipajang foto-foto dokumentasi peristiwa bersejarah tersebut, lengkap dengan keterangan di bawahnya yang ditulis dalam dua bahasa (bahasa Indonesia dan bahasa Inggris). Ada sebuah foto yang menggambarkan beberapa wartawan asing tengah duduk di tangga sembari mengetik liputan menggunakan mesin tik. Ya, peristiwa tersebut memang menarik perhatian dunia. Mengingat bagaimana bangsa Indonesia telah memproklamirkan kemerdekaannya di tahun 1945, namun Belanda masih juga belum bisa mengakuinya.

Selain ruang sidang, terdapat pula ruang makan, kamar mandi, ruang setrika (yang telah berubah fungsi menjadi ruang untuk sholat), ruang pertemuan Presiden Soekarno dan Lord Killearn, dan beberapa kamar tidur yang digunakan anggota delegasi untuk menginap.

Puas menapaki tiap sudut bangunan bersejarah ini, pengunjung juga bisa bersantai-santai di halaman yang luas nan asri. Sekadar berpiknik atau merendamkan kaki sambil dikerubuti ikan-ikan kecil pada kolam ikan di halaman samping. Jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya, ya, agar kebersihan tetap terjaga.

Untuk menikmati wisata sejarah di museum memorial ini, pengunjung hanya dikenai HTM Rp 2.000 per orang. Ditambah Rp 3.000 untuk retribusi parkir kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk roda empat. Jam operasional museum di hari Senin-Jumat pukul 07:00-15:00 WIB, pada hari Sabtu dan Minggu mulai buka pukul 08:00-17:00 WIB.

Tak perlu risau soal parkiran karena tersedia area parkir yang sangat luas. Di dekat parkiran juga berderet gerobak-gerobak makanan dan minuman.

Jangan lupa, sebelum pulang, belilah gantungan kunci atau buku kecil berisi sejarah terkait Perundingan Linggarjati, sebagai kenang-kenangan. Masing-masing seharga Rp 5000 saja.

Bagi teman-teman dari luar kota jangan khawatir soal penginapan. Download saja aplikasi Pegipegi, tinggal pilih deh, penginapan mana yang diinginkan. Apalagi Pegipegi, sering sekali memberi potongan harga. Mau menginap di Cirebon, bisa! Di Kuningan juga bisa!

Bila menggunakan kendaraan umum, kalian juga bisa sekalian memesan tiket kereta melalui aplikasi Pegipegi. Tinggal sesuaikan budget mau naik kereta ekonomi atau eksekutif.

Di Pegipegi juga ada Travel Tips untuk para traveller. Berguna banget, lho! Seperti pengalaman saya kemarin waktu membaca salah satu Travel Tips yang mengingatkan agar tidak membawa muatan terlalu banyak bila bepergian menggunakan mobil, dikarenakan akan mengganggu kerja mesin, dan lain sebagainya. Apalagi kondisi jalanan dari arah Cirebon menuju Gedung Linggarjati yang terus-terusan menanjak. Tapi tidak masalah, karena kami sudah meminimalkan muatan kami.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Talal Al-Shaigi | Sumber: Detik

تعليقات
Loading...
Click Me