أربعة أنواع من بقر اليابان منتجة للحم الواغيو

Empat Tipe Sapi Jepang Penghasil Wagyu

0 1٬408

 

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – لحم الواغيو اللحم الشهير في جميع أنحاء العالم بسبب ليونته. دون جهد زائد فإن لحم البقر واغيو يمكن الاستمراء به بسهولة.

الوغيو باللغة اليابانية يأتي من دوا ووا وغيو يعني البقرة اليابانية. على الرغم من أنه من اليابان فإن لحوم الواغيو تنتج أيضا من قبل العديد من البلدان الأخرى مثل أمريكا وأستراليا.

لهذا السبب فإن لحم الواغيو المستورد من اليابان له شعاره الخاص. الهدف هو تمييزه عن لحم الواغيو في الدول الأخرى وضمان الأصالة للمشترين.

تؤخذ من ستريت تايمز الثلاثاء (3/4)، أن هناك أربعة أنواع من الأبقار التي تنتج لحم الواغيو. عموما اليابانية السوداء تنتج أكثر الواغيو في السوق. والباقية هي اليابانية السمراء واليابانية بولليد واليابانية شورطرن.

اليابان هي أكبر دولة منتجة للواغيو. يعني النقية 100 % مستمدة من البقرة نوع الواغيو.

ولكن هناك ثلاث علامات تجارية تصبح رصيفًا رائعًا من نوع سانداي واغيو وهي لحم البقر كوبي وماتسوساكا وأومي. وهذه الثلاثة كلها موجودة في اليابان فحسب. يحتوي الواغيو المميز على نسبة لحم فيه دهون أعلى، مما يعني أن المذاق لذيذ وناعم مع أسعار أعلى.

الواغيو كوبي نوع في الوقت القريب يمكن أن يتمتع المواطنون بوجودها في ماليزيا. وافقت ماليزيا على استيراد لحم الواغيو من اليابان منذ العام الماضي. مرّ مصنعان للتجهيز في اليابان بمراجعة موقع التقدم الإسلامي ماليزيا (Jakim) للحصول على شهادة حلال منذ العام الماضي. المكانان هما شركة لحوم زانكي لمحافظة كوماموتو ولحوم البقر نيشياوا من محافظة طوكوشيما.

وسيتوفر لحم الواغيو الحلال من اليابان تجاريًا في ماليزيا. لن يمر وقت طويل قبل أن يتمكن المشترون من مشاهدة هذه اللحوم الممتازة في المطاعم ومحلات السوبر ماركت المؤهلة. ولكن للتأكد من شراء اللحوم الحلال من قبل السلطات اليابانية، يجب على المشترين أن يبحثوا عن الشعار الرسمي لرأس البقرة مع خلفية العلم الياباني ولحم البقر الياباني المدرج على الصندوق. “إذا لم يكن هناك شعار، فإن اللحم ليس من اليابان.” قال ذلك مدير لجنة ترويج الصادرات في واغيو الياباني تسويوشي هيشينوما.

المترجم : أحمد شكري |المحرر : فارس البدر | المصدر: ريفوبليكا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Daging wagyu terkenal seantero dunia karena kelembutannya. Tanpa usaha keras daging sapi wagyu dengan mudah dilumat mulut.

Wagyu dalam bahasa Jepang berasal dari dua wa dan gyu yang berarti sapi Jepang. Meski berasal dari Jepang daging wagyu diproduksi juga oleh beberapa negara lain, yaitu Amerika dan Australia.

Itu mengapa daging wagyu yang diimpor dari Jepang memiliki logonya sendiri. Tujuannya tentu untuk membedakannya dengan daging wagyu negara lain dan memastikan keautentikannya kepada pembeli.

Dilansir dari Strait Times, Selasa (3/4), ada empat tipe sapi yang menghasilkan daging wagyu. Umumnya jenis Japanese Black menghasilkan wagyu paling banyak di pasaran. Sisanya adalah Japanese Brown, Japanese Polled, dan Japanese Shorthorn.

Jepang adalah negara penghasil wagyu murni terbesar. Murni artinya 100 persen berasal dari sapi tipe wagyu.

Namun ada tiga merek yang menjadi wagyu premium atau sandai wagyu, yaitu daging sapi kobe, matsusaka, dan omi. Ketiganya cuma ada di Jepang. Wagyu premium memiliki rasio daging lemak yang lebih tinggi, yang berarti rasanya lebih nikmat dan lebih empuk dengan harga yang lebih tinggi.

Wagyu tipe kobe dalam waktu dekat bisa dinikmati versi halalnya di Malaysia. Malaysia telah menyetujui impor daging wagyu dari Jepang sejak tahun lalu. Dua pabrik pengolahan di Jepang melewati audit Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (Jakim) untuk sertifikat halal sejak tahun lalu. Dua tempat itu adalah Korporasi Daging Zenkai dari Prefektur Kumamoto dan Daging Sapi Nishiawa dari Prefektur Tokushima.

Berarti daging wagyu halal dari Jepang akan tersedia secara komersial di Malaysia. Tidak akan lama lagi pembeli bisa melihat daging premium ini disajikan di lebih banyak restoran dan supermarket terpilih. Namun untuk memastikan daging yang dibeli adalah daging wagyu Jepang bersertifikat halal, pembeli harus mencari logo resmi yakni kepala sapi dengan latar belakang bendera Jepang dan bertuliskan Beef JAPAN pada paketnya. “Jika tidak ada logonya, maka dagingnya bukan dari Jepang,” kata Direktur Japan Wagyu Export Promotion Committee Tsuyoshi Hishinuma.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: ROL

 

تعليقات
Loading...