إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

أشياء سبعة تجعل البعوضة تعضك كثيرا

7 Hal Ini Bikin Anda Lebih Sering Digigit Nyamuk

- الإعلانات -

0 373

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – اعتاد الإندونيسيون على البعوض لأنهم يعيشون في البلدان الاستوائية. وبعض الأمراض الخطيرة تحملها بعض أنواع البعوض.

منها تشيكونعونيا، والحمى، والملاريا، هي الأمراض الأكثر انتشارا بسبب لدغات البعوض. ومع ذلك ، بعض الناس تلدغهم البعوض  أكثر من غيرهم.

نقلت إندياتايمس يوم الإثنين (4/6/2018) ، بعض ما يلي يجعلك أكثر عرضة للعض من البعوض.

1. ارتداء الزي المعين

البعوض هي الحيوانات التي تعتمد على البصرية. تستخدم العيون كوسيلة لتحديد ضحاياهم. قد تكون أنت من يرتدي ملابس ملونة زاهية مثل الأحمر هدفاً سهلاً بالنسبة لها.

2. فصيلة الدم O

تبين أن الأشخاص الذين لديهم من فصيلة الدم O أكثر إثارة للاهتمام من فصيلة الدم “أ” و “ب”.  لأن الحيوانات تحصد كمية أكبر من البروتين مقارنة بالأشخاص الذين لديهم فصيلة الدم O.

بالإضافة إلى ذلك، يفرز 85 % من الأشخاص إشارات كيميائية عبر الجلد وتشير إلى نوع فصيلة الدم لديهم. هذا النوع من الأشخاص بالطبع أكثر جاذبية للبعوض.

3. إخراج أكسيد الكربون

من إحدى طرق البعوض للبحث عن الأهداف هي من خلال انبعاث غاز ثاني أكسيد الكربون من نفس الشخص.

الشخص ذو جسم كبير يميل إلى إصدار هذا الغاز أكثر. بالإضافة إلى ذلك ، يكون البعوض ذكيًا جدًا في انبعاثات غازات الاستنشاق التي تصل إلى 164 قدمًا.

4. كلما كنت أكثر صحة، فإنك أكثر عرضة للخطر

بالإضافة إلى ثاني أكسيد الكربون ، فإن البعوض أيضًا له القدرة على شم حمض اللاكتيك وحمض اليوريك والأمونيا وغيرها من المركبات التي يتم إطلاقها من خلال العرق وارتفاع درجة حرارة الجسم.

التمرين الثقيل يمكن أن يزيد من تكوين الحرارة وحمض اللكتات في الجسم. بالإضافة إلى ذلك ، فإن استهلاك الأطعمة الغنية بالبروتين سيزيد وجود مواد مثل حمض اليوريك.

لذا ، حتى لو كنت سليما، فإن هذا الحيوان لن يتركك.

5. البكتريا في الجلد

وجود عدد كبير من بكتيريا معينة في الجلد هو أيضا يجذب البعوض. بالإضافة إلى ذلك ، بما أن كاحلينا مليء بمستعمرات بكتيرية أكثر ، فلا عجب أن هذا العضو غالباً ما يكون أكثر عرضة للعض.

6. كون المرأة حاملاً

المرأة الحامل “مثيرة” للبعوض. وذلك لأن أجسادهن هي درجة واحدة (أكثر) أكثر دفئا من غيرها.

حوالي 20 % أكثر من ثاني أكسيد الكربون من زفير النساء الحوامل. بالإضافة إلى ذلك ، فإن كتلة جسمها أكبر أيضًا.

7. شرب الخمر

كشفت أبحاث أن البعوض تنجذب إلى شارب الخمر، على الأقل زجاجة واحدة. قد تؤدي إلى زيادة مستويات الإيثانول في العرق . ومع ذلك ، فالسبب الرئيس لم يعرف بعد.

المترجم : أحمد شكري | المحرر : فارس البدر | المصدر : ميرديكا


Jakarta, Indononesiaalyoum.com– Orang Indonesia sudah terbiasa dengan nyamuk karena hidup di negara tropis. Dan, beberapa penyakit berbahaya dibawa oleh beberapa jenis nyamuk.

Sebut saja chikungunya, demam berdarah, dan malaria, merupakan penyakit yang paling dikenal yang diakibatkan oleh terbawa gigitan nyamuk. Namun, beberapa orang ternyata digigit oleh nyamuk lebih sering ketimbang yang lainnya.

Melansir Indiatimes pada Senin (4/6/2018), beberapa hal berikut membuat Anda lebih rentan untuk digigit nyamuk.

1. Mengenakan pakaian tertentu

Nyamuk merupakan hewan yang tergantung pada visual. Mereka menggunakan mata sebagai metode untuk mengidentifikasi korbannya. Anda yang mengenakan pakaian berwarna terang seperti merah, mungkin menjadi sasaran empuk bagi mereka.

2. Golongan darah O

Orang dengan golongan darah O ternyata jauh lebih menarik daripada golongan darah A maupun B. Hewan tersebut ternyata memanen protein lebih banyak dari orang dengan golongan O.

Selain itu, 85 persen orang mengeluarkan sinyal kimia melalui kulit mereka dan menunjukkan jenis golongan darah yang dimiliki. Orang semacam ini tentu saja lebih menarik bagi nyamuk.

3. Karbondioksida yang dikeluarkan

Salah satu cara nyamuk mencari sasaran adalah melalui pancaran karbondioksida dari napas seseorang.

Orang yang bertubuh besar cenderung memancarkan gas ini lebih banyak. Selain itu, nyamuk sangat pintar dalam mengendus emisi gas hingga 164 kaki.

4. Semakin sehat, semakin rentan Anda

Selain karbondioksida, nyamuk juga memiliki penciuman yang mampu mengendus asam laktat, asam urat, dan amonia, serta senyawa lain yang dikeluarkan melalui keringat dan suhu tubuh yang lebih tinggi.

Olahraga berat mampu meningkatkan pembentukan panas dan asam laktat dalam tubuh. Selain itu, konsumsi makanan kaya protein mampu meningkatkan keberadaan zat seperti asam urat.

Sehingga, sekalipun sehat, Anda tak akan lepas jadi incaran hewan tersebut.

5. Bakteri di kulit

Memiliki sejumlah besar bakteri tertentu di kulit juga menarik bagi nyamuk. Selain itu, karena pergelangan kaki kita mengandungg koloni bakteri yang lebih banyak, tidak heran jika bagian ini kerap digigit lebih sering.

6. Sedang hamil

Wanita hamil ternyata ‘menggairahkan’ bagi nyamuk. Hal ini karena tubuh mereka sekitar satu derajat (bahkan lebih) lebih hangat daripada yang lain.

Sekitar 20 persen lebih banyak karbondioksida dihembuskan dari ibu hamil. Selain itu, massa tubuhnya juga lebih besar.

7. Hobi minum bir

Sebuah penelitian mengungkapkan, nyamuk ternyata tertarik pada orang yang mengonsumsi bir paling tidak sebotol. Peningkatan kadar etanol dalam keringat mungkin menyebabkan hak ini. Namun, alasan pastinya masih belum diketahui.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares Al Badr | Sumber: Merdeka

(30)

تعليقات
Loading...
Click Me