إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

احذر هشاشة العظام عند اتباع الحمية

Waspadai Tulang Rapuh Saat Turunkan Berat Badan

- الإعلانات -

0 302

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – عندما يتجاوز الوزن الحد الطبيعي، فإن الحمية هي الاختيار الصحيح. ومع ذلك، كن حذرا من بعض الآثار السلبية لانخفاض الوزن.

إذا لم تكن على حذر، قد تجعل الحمية العظام هشا، سواء أكان شكلا أم قوة العظام. أسفرت نتائج بعض الدراسات عن ذلك باستخدام بيانات حول تغير الوزن لأكثر من 40 عامًا لآلاف المشاركين.

الدراسة كانت من دراسة فرامينغام (دراسة القلب والأوعية الدموية على المدى الطويل الجارية في عدد سكان فرامينغهام، ماساتشوستس، الولايات المتحدة). بدأت الدراسة في عام 1948 لـ 5.209 من الأشخاص البالغين.

وجد أن الرجال والنساء الذين يعانون من انخفاض الوزن على المدى القصير) أكثر من 4-6 سنوات) وانخفاض الوزن على المدى الطويل )أكثر من 40 عامًا) كان لديهم ضرر أكبر في شكل العظام أكثر من الأشخاص الذين لم ينخفض وزنهم، كما يوضح دوغلاس بي كييل.

يتغير حجم شكل العظم سريريًا تقريبًا بمقدار ثلاثة أضعاف، مما يجعل الشخص عرضة لخطر الكسر. خطر هذا الكسر إذا فقدوا 5 % أو أكثر من الوزن على مدى السنوات الأربعين الماضية.

كبار السن، الذين ينخفض وزنهم يجب أن يكونوا مدركين للآثار السلبية المحتملة على العظام. وقالت إليزابيث )ليزا( ساميلسون، نقلاً عن صحيفة هندوستان تايمز يوم الإثنين (4/6/2018) ، إن مواجهة هذا التأثير يمكن أن يكون من خلال ممارسة حمل الوزن وأكل نظام غذائي متوازن.

وقد تم نشر هذه الدراسة في مجلة بحوث العظام والمينرال.

آثار جانبية أخرى

هناك أيضا بعض الآثار الجانبية الأخرى لانخفاض الوزن تحتاج إلى أن تكون معروفة.

1. انخفاض الوزن بسرعة بسبب اتباع الحمية القوية أو تناول حبوب انقاص الوزن يمكن أن يسبب مشاكل في القلب والمرارة. هذا يؤدي إلى الصداع مع عدم التوازن الغذائي.

2. قد يؤثر نقص المغذيات على إفراز المواد الكيميائية في الدماغ، مثل الإندورفين ، والتي قد تسبب الاكتئاب. هذا يجعلك تشعر بالضيق.

3. الحمية قد تؤدي إلى نقص الكالسيوم وفيتامين )د)، والذي قد تسبب هشاشة العظام وتكون عرضة للكسر.

4. قد يسبب اتباع الحمية وانخفاض الكربوهيدرات إلى ضعف في الجسم، ورائحة الفم الكريهة، والإمساك، والجفاف، وتشنجات العضلات، والرغبة في استهلاك المزيد من السكر.

5. من دراسة أجريت في عام 2018 ، قد يسبب اتباع الحمية الغنية بالبروتين لانخفاض الوزن فيؤدي إلى زيادة خطر الإصابة بقصور القلب لدى الرجال في منتصف العمر.

6. قد يؤدي اتباع حمية أكل الفاكهة فحسب إلى نقص العناصر الغذائية التي تدخل الجسم. ما يؤدي إلى فقدان الكالسيوم.

المترجم: أحمد شكري | المحرر: فارس البدر | المصدر: ميرديكا


Jakarta, Indonesiaalyoum.comKetika timbangan tubuh sudah melewati ambang normal, diet menjadi pilihan tepat. Namun, waspada beberapa efek negatif penurunan berat badan.

Jika tidak hati-hati, penurunan berat badan bisa menurunkan kepadatan tulang, baik bentuk dan kekuatan tulang. Temuan yang diteliti tersebut menggunakan data tentang perubahan berat badan selama lebih dari 40 tahun dari ribuan partisipan.

Penelitian ini dari Framingham Study (studi kardiovaskular jangka panjang yang tengah berlangsung pada penduduk Framingham, Massachusetts, Amerika Serikat). Penelitian dimulai pada tahun 1948 dengan 5.209 subjek dewasa.

Kami menemukan, pria dan wanita dengan penurunan berat badan jangka pendek (lebih dari 4-6 tahun) dan penurunan berat badan jangka panjang (lebih dari 40 tahun) punya kerusakan lebih pada bentuk tulang ketimbang orang yang tidak turun berat badan, papar peneliti Douglas P Kiel.

Besarnya perubahan bentuk tulang secara klinis meningkat hampir tiga kali lipat, yang membuat seseorang berisiko patah tulang. Risiko patah tulang ini bila mereka kehilangan 5 persen atau lebih berat badan selama 40 tahun terakhir.

Orang dewasa yang lebih tua, yang turun berat badan harus sadar akan potensi efek negatif pada tulang. Untuk menangkal efek ini bisa latihan menahan beban dan makan diet seimbang,kata Elizabeth (Lisa) Samelson, dikutip dari Hindustan Times, Senin (4/6/2018).

Studi soal berat badan dan tulang ini telah dipublikasikan dalam Journal of Bone & Mineral Research.

Efek samping lainnya

Ada pula beberapa efek samping penurunan berat badan lainnya yang perlu diketahui.

1. Turun berat badan dengan cepat berkat diet ketat atau mengonsumsi pil penurun berat badan dapat menyebabkan masalah jantung dan batu empedu. Ini mengakibatkan Anda didera pusing karena ketidakseimbangan nutrisi.

2. Kekurangan nutrisi dapat memengaruhi sekresi zat kimia otak, seperti endorfin, yang dapat menyebabkan depresi. Hal ini membuat Anda merasa mudah tersinggung.

3. Diet dapat menyebabkan kekurangan kalsium dan vitamin D, yang dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh dan rentan terhadap patah tulang.

4. Diet rendah karbohidrat dapat menyebabkan kelemahan pada tubuh, bau mulut, sembelit, dehidrasi, kram otot, dan keinginan konsumsi lebih banyak gula.

5. Dari studi tahun 2018, diet protein tinggi untuk menurunkan berat badan dapat meningkatkan risiko gagal jantung pada pria paruh baya.

6. Diet hanya makan buah akan membuat kekurangan nutrisi yang masuk ke tubuh. Ini dapat menyebabkan hilangnya kalsium.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares Al Badr | Sumber: Merdeka

(6)

تعليقات
Loading...
Click Me