أنيس متى ينوي الانسحاب من حزبه إذا تحولت حركة جاربي إلى حزب سياسي

Anis Matta akan Keluar dari PKS Saat Garbi Jadi Parpol

1٬032

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  قال مؤسس حركة الاتجاه الجديد الإندونيسي (جاربي)، أنيس ماتا، إن المنظمة التي تم تأسيسها تضم ​​مسئولين في كل أنحاء إندونيسيا. وقال أنيس إن جاربي مستعدة لأن تصبح حزبًا سياسيًا.

وقال أنيس للصحفيين في شيكيني، جاكرتا الوسطى، يوم الأحد (14/7/2019): “أما الآن، فقد انتشرت الحركة في إندونيسيا”.

أكد أنيس أنه مستعد لمغادرة حزب العدالة والرفاهية (PKS) إذا أصبحت جاربي حزبًا سياسيًا. في الوقت الحاضر، من المعروف أن أنيس مازال عضوًا في مجلس شورى حزب العدالة والرفاهية.

وأضاف أنيس للصحفيين في شيكيني، جاكرتا الوسطى، الأحد (14/7/2019): “مازلت إلى الآن مسجلاً كعضو مجلس الشورى. لكنني أعتقد أنه إذا أصبحت (جاربي) في وقت لاحق حزبًا سياسيًا، سوف أخرج تلقائيًا (من حزب العدالة والرفاهية)”.

أنيس مؤسس حركة جاربي وهو القائم بأنشطة المنظمة. والأنشطة المذكورة ليست مخالفة لسياسة الحزب.

وأضاف: “بالنسبة لجاربي هي إلى الآن منظمة مجتمعية”.

يذكر أن نائب رئيس مجلس النواب، فخري حمزة، قال بأن المنظمة المجتمعية ستصبح حزبًا سياسيًا. لكن فخري لم يفسر بالضبط متى ستصبح جاربي حزبًا سياسيًا.

“نعم بالفعل، بعد أكثر من عام انتشرنا في جميع أنحاء إندونيسيا، لدينا تطلعات قوية من الأصدقاء، هناك حركة فكرية بدأتها Garbi، و انتشرت جميع أنحاء إندونيسيا. يمكننا أن نستمر إلى أن نصبح حركة سياسية في شكل حزب سياسي يذيب الجليد في مجتمعنا”، قال فهري للصحفيين يوم الخميس (11/7).

وأضاف: “أخيرًا تم الاتفاق في المحادثات، ولو إننا لم نبدأ بالإجراءات الرسمية بعد، لذلك مسألة تشكيل الحزب السياسي مسألة شكلية فقط”.

أوضح فهري أن الحزب الجديد الذي يراد تشكيله على أساس الحراك الذي أنشأته حركة Garbi هو حزب يهدف لتخطى العقبات التي تعرقل التعاون بين أبناء الشعب الإندونيسي. وفقًا لفهري، يهدف الحزب إلى إظهار عظمة إندونيسيا.

“لهذا السبب نحن لا نريد أن نكون محاصرين في التصنيفات الأيديولوجية. حتى لو كان هناك تصنيف أيديولوجي، نريد أن نكون مصنفين بشكل منهجي، أي حول الطريقة التي نتعامل بها مع المشكلات وحل مشاكل أمتنا. أعتقد أن المهم هو الفاعلية والإنتاجية،و ليس إلى أي فئة أيديولوجية ننتمي”.

 

 

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: مؤمن مجدي| المصدر: ديتيك


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Pendiri Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi)Anis Matta, menyebut organisasi yang dibangun telah memiliki pengurus di tiap daerah Indonesia. Anis menyebut Garbi sudah siap menjadi partai politik.

“Kalau sekarang, sudah tersebar di Indonesia,” kata Anis kepada wartawan di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (14/7/2019).

Anis menegaskan siap keluar dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) jika Garbi menjadi partai politik. Saat ini, Anis diketahui masih duduk di posisi Majelis Syuro PKS.

“Sekarang saya masih terdaftar di anggota Mejelis Syuro. Tapi, saya kira kalau nanti (Garbi) menjadi parpol, otomatis saya keluar (dari PKS),” ucap Anis kepada wartawan di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (14/7/2019).

Anis adalah pendiri Garbi dan aktif memperkenalkan organisasi tersebut. Kegiatannya, disebut tidak bertentangan dengan kebijakan partai.

“Kalau Garbi, (saat ini) kan Ormas,” ucap Anis.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyatakan ormas Garbi akan menjadi parpol. Namun Fahri belum menjelaskan kapan tepatnya formalisasi Garbi menjadi parpol.

“Ya memang setelah lebih dari setahun ke seluruh Indonesia, kami mendapatkan aspirasi yang kuat dari teman-teman, ada gerakan pemikiran yang telah dimulai oleh Garbi di seluruh Indonesia itu bisa kita teruskan menjadi sebuah gerakan politik berbentuk sebuah partai politik yang memecah kebekuan yang sekarang muncul di tengah-tengah masyarakat kita,” ujar Fahri kepada wartawan, Kamis (11/7).

“Dan akhirnya disepakatilah dalam pembicaraan-pembicaraan belum kita formalkan, sehingga tinggal menunggu waktu kapan kita melakukan fomalisasi pembentukan partai politik,” imbuhnya.

Fahri menjelaskan partai baru yang ingin dibentuk dengan latar belakang Garbi adalah partai yang ingin keluar dari stigma yang kontraproduktif terhadap peluang kolaborasi sesama anak bangsa. Menurut Fahri, pihaknya ingin memulai dengan pendekatan yang menumbuhkan optimisme kebesaran Indonesia.

“Itulah sebabnya kami tidak mau dijebak untuk masuk dalam kategorisasi ideologis. Kalaupun ada kategorisasi ideologis, kami mau dikategorisasi secara metodologis, yaitu tentang cara kami menghadapi persoalan dan menyelesaikan persoalan-persoalan bangsa kita. Saya kira itu jauh lebih produktif dari pada kita memaku dan mengekang dalam kategori ideologis yang tidak produktif,” jelasnya.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Momen Magdy | Sumber: Detik

تعليقات
Loading...