إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

إندونيسيا وأستراليا توقعان اتفاقية تجارية زيت النخيل الخام

RI-Australia Selesaikan Kesepakatan Perundingan Perdagangan CPO

0 307

 

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  قال وزير التجارة أنغارتياستو لوكيتا بجاكرتا، يوم الاثنين، إن حكومة اندونيسيا واستراليا يتوصلان إلى اتفاق  في تجارة زيت النخيل الخام بين البلدين.

“اتفقنا مع أستراليا  على التوقيع في شهر أغسطس.” قال أنغارتياستو عقب اجتماعه مع نائب الرئيس يوسف كالا في مكتب نائب الرئيس بجاكرتا، يوم الاثنين.

كما اجرى  وزير التجارة اتصالآت بشكل مكثف مع البرلمان الأسترالي فيما يتعلق بصياغة السياسات المتعلقة باستخدام زيت النخيل ومنتجاته المشتقة في أستراليا.

اقرأ أيضا: الحكومة الإندونيسية تقرر ثلاث وجهات سياحية للمأكولات الإندونيسية

“هناك بعض الأمور في المفاوضة، وكنت اتفق مع ستيف سيوبو (عضو البرلمان الأسترالي) على أن الجولة المقبلة من المفاوضات تجري في وقت قريب، وبعض البنود متروكة. وفي وقت لاحق، سيقوم الوزيران باتخاذ الخطوات النهائية” أوضح.

بالإضافة إلى أستراليا، يقوم الاتحاد الأوروبي والولايات المتحدة بمراجعة استخدام زيت النخيل ومنتجاته المشتقة في البلاد.

ويرون بأن منتجات زيت النخيل ليست جيدة للاستدامة البيئية، وكذلك كونها من أكبر سبب في قطع الأشجار غير القانوني.

ومع ذلك، رأى وزير التجارة الإندونيسي أن هناك دافع في التنافس الصناعي وراء فرض حظر على استخدام زيت النخيل الخام في الاتحاد الأوروبي والولايات المتحدة وأستراليا.

اقرأ أيضا: هاهي أوسع قلعة في العالم

ولذلك، فإن الحكومة الإندونيسية سيوقف استيراد السلع من أوروبا، عندما أصر البرلمان في هذه الدول على وقف استخدام زيت النخيل الخام من اندونيسيا.

“اذا بدءوا مثل ذلك  (حظر استخدام زيت النخيل الخام)، كذلك أخبرت النرويج أني أود حظر الأسماك (تدخل إلى إندونيسيا). وكذلك بالنسبة للطائرات، مثل ايرباص وبوينغ. وإذا كان (الحظر) يتطور باستمرار، فإنه ليس من المستبعد أن نوقف ذلك أيضا.” أوضح الوزير.

وقال أنغارتياستو إن اندونيسيا لديها مكانة عالية في العرض مع الدول الأوروبية بشأن زيت النخيل الخام، لأنه كما هو الحال في بعض المحاكم الأوروبية  إن لزيت النخيل الخام حق في أن يعمم في هذه الدول.

اقرأ أيضا: يمكن استثمار الذهب من خلال طوكوبيديا بدأ من 500 روبية

“ومن ناحية أخرى (إندونيسيا) فاز في بعض القضايا، لكنهم يصرون حتى عام 2021 على إخراج الديزل الحيوي من هناك، من أوروبا” أكد الوزير.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: وكالة أنتارا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Pemerintah Indonesia dan Australia sedang menyelesaikan kesepakatan perundingan/negosiasi perdagangan minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil) kedua negara, kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di Jakarta, Senin.

“Kita dengan Australia sedang dalam proses, kita sepakat Agustus ini sudah harus final kesepakatannya,” kata Enggartiasto seusai menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres Jakarta, Senin.

Mendag juga terus berkomunikasi intensif dengan parlemen Australia terkait pembentukan rancangan kebijakan penggunaan kelapa sawit dan produk turunannya di Australia.

“Masih ada beberapa hal dalam negosiasi, dan saya dengan Steve Ciobo (anggota parlemen Australia) sepakat bahwa tim perunding putaran berikutnya akan segera berlangsung, menyisakan beberapa items. Nanti dua menteri yang akan mengambil langkah-langkah final,” jelasnya.

Selain Australia, Uni Eropa dan Amerika Serikat sedang mengkaji kembali penggunaan kelapa sawit dan produk turunannya di negara tersebut.

Mereka beralasan produk kelapa sawit tidak ramah terhadap keberlangsungan lingkungan hidup, serta penyumbang terbesar pembalakan hutan.

Namun, Mendag melihat ada motif persaingan industri di balik pelarangan penggunaan minyak kelapa sawit mentah di Uni Eropa, Amerika Serikat dan Australia.

Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia akan menghentikan impor komoditas dari Eropa, apabila parlemen negara-negara tersebut bersikeras menghentikan masuknya minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil) dari Indonesia.

“Kalau mereka mulai seperti itu (melarang CPO), saya juga sampaikan ke Norwegia bahwa saya juga akan melarang ikannya (masuk ke Indonesia). Juga dengan pembelian pesawat terbang, antara lain Airbus dan Boeing. Kalau (pelarangan) ini terus berkembang, maka bukan tidak mungkin kita akan menghentikan itu juga,” jelas Mendag.

Enggartiasto mengatakan Indonesia memiliki posisi tawar tinggi dengan negara-negara Eropa terkait CPO tersebut, karena di beberapa peradilan Eropa, minyak kelapa sawit mentah Indonesia berhak beredar di negara tersebut.

“Di satu sisi kita (Indonesia) sudah menang di beberapa perkara, tapi mereka tetap berkeras sampai 2021 biodiesel dikeluarkan dari sana, dari Eropa,” tegasnya.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSahiqi | Sumber: JPP/Antara

 

تعليقات
Loading...
Click Me