خمس حقائق وراء إيقاف الطبيب “تيراوان” عن العمل نتيجة لأسلوب “غسيل الدماغ”

Lima Fakta di Balik Pemecatan Dokter Terawan karena Metode 'Cuci Otak'

0 794

 

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – الكثير من الحقائق المخفيه يجب أن تعرفها عن هذه القضية، هناك خمس حقائق تُظهر أن الأخطاء القاتلة جعلت الطبيب تيراوان (Terawan) موقوفاً وفقاً لقانون الأخلاق المهنة الطبية، وهنا نعرض المزيد من المراجعات.

 من الأشخاص العاديين إلى المسؤولين الذين يروّجون لخبرة الطبيب “تيراوان”

يُعرف الطبيب تيراوان من عامة الناس للمسؤولين، ويبدو أنهم أصبحوا ضحايا “لغسيل الأدمغة” حيث حصلوا على إغراء بالشفاء، وهذا العمل هو فيروس في وسائل الاعلام الاجتماعية، وفي الواقع، أعرب الوزير السابق في حكومة إندونيسيا المتحدة عن رضاه عند التعامل مع الطبيب “تيرانا”، وهذا يثير العديد من الآراء السلبية والشكوك علي المستوي الطبي.

قد يهمك: إندونيسيا وأستراليا توقعان اتفاقية تجارية زيت النخيل الخام

يُوصف بطبيب الخلاص لعلاجه المريض بطرق مثالية

كثيرًا ما كان المرضى الذين عُولجوا من قبل الطبيب “تيراوان أجوس بوترانتو” يصفونه أنه أصبح طبيبًا للخلاص، حتى من بين المسؤولين، ويعتبر هذا انتهاكاً للأخلاقيات المهنية من قبل جمعية الأطباء الأندونيسية (IDI)

وجدير بالذكر أن الرجل الحاصل على درجة علمية متخصصة في العلاج بالأشعة قادر على إنقاذ العديد من مرضى السكتة الدماغية، وأشاد المريض العادي بمهارة الطبيب “تيروان” بجمل منمقة.

قد يهمك: الحكومة الإندونيسية تقرر ثلاث وجهات سياحية للمأكولات الإندونيسية

إنتهاك الأخلاق المهنية

ورداً على ذلك، رئيس مجلس الأخلاقيات الطبية (MKEK) يؤكد على أن الأطباء لديهم ممارسة أخلاقية مهنية حالية، وأن من أسباب إيقاف الدكتور تيراوان هو الإعلان عن نجاحه في التعامل مع المرضى الذين يعانون من الأمراض المزمنة.

وقال دور الدكتور “بريجو” في مؤتمره الصحفي يوم الأربعاء (2018/04/04 ) “هو لم يسمح للأطباء للإعلان عن نتائج أعمالهم، والتعامل معها بنجاح عمليات الآلاف من المرضى الذين يعانون من مرض خطير، وكان قد وعد في يمينه حين بدأ يصبح طبيب بالكتمان”.

وجدير بالذكر أن من قواعد أخلاقيات المهنة، أنه يجب على الطبيب عدم الإعلان عن النتائج، ولا ينبغي أن يمتدح نفسه، ولا ينتهك قسم الطبيب، وإذا انتهاكها، فإنه يعاقب لإنتهاك أخلاقيات (IDI)

قد يهمك: هاهي أوسع قلعة في العالم

وقف الممارسة لسنة واحدة

ققر  (IDI) أن الطبيب “تيراوان” لا ينبغي أن يمارس المهنة الطبية في إطار زمني محدد، حيث ارتكب خطأ فادحًا في “غسيل دماغ المرضى” من العاديين إلى المسؤولين.

ولهذا الخطأ، يجب على الطبيب “تيراوان”  عدم ممارسة الطب وخدمة المرضى منذ 25 فبراير 2018 حتى 25 فبراير 2019، ويجب على المرضى فهم ذالك.

وأضاف الدكتور “بريجو”: “قد يكون للمرضى شهادات على خبرة الطبيب، ولكن إذا كان الأمر مفرطاً، حيث يعده طبيبه بعلاج واضح، فإنه يتعلق بالجرائم الأخلاقية وعلامات القسم الخاصة بالأطباء”.

قد يهمك: يمكن استثمار الذهب من خلال طوكوبيديا بدأ من 500 روبية

كانت دعوى الطبيب مشكلة

شارك المجلس التنفيذي لمؤسسة “IDI” الدكتور “فرانس سانتوزا” في الرد على قضية “غسيل المخ” التي أجراها الطبيب “تيرانا”، وفقا للطبيب، لا ينبغي أن تُنتهك الأخلاق، مثل إعطاء إغراء للمريض لشفاء واضح، هذا يمكن أن يسبب مشاكل، لو فشل علاج المريض.

وقال “الشفاء يُعطى من قبل الله عز وجل، الطبيب وسيط ووسيلة فقط، فإذا وُعد بالتعافي، لكن المريض لم يتعافى، عندئذ سيُصاب المريض بخيبة أمل”.

قد يهمك: وزارة التجارة تطلب من مركز تسوق تعليق سعر السلع الأساسية

المترجم: محمود حسني | المصدر: اوكي زون

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Nama Dokter Terawan mendadak tenar akibat metode ‘cuci otak’ yang digunakannya. Atas hal itu, dia diberhentikan praktik karena melanggar etik kedokteran.

Banyak fakta mencuat yang harus Anda tahu dari kasus ini. Apalagi perbuatannya itu tengah menjadi buah bibir masyarakat. Nah, ada lima fakta yang menunjukkan kesalahan fatal yang dilakukan Dokter Terawan menurut kode etik profesi kedokteran. Supaya Anda tidak penasaran, berikut ulasannya lebih lanjut.

Dari kalangan biasa hingga pejabat promosikan keahlian Dokter Terawan.

Dokter Terawan namanya dikenal dari kalangan orang biasa hingga pejabat. Mereka rupanya menjadi korban ‘cuci otak’ yang mendapat iming-iming kesembuhan. Perbuatannya itu viral di media sosial. Bahkan, mantan menteri dalam Kabinet Indonesia Bersatu pun turut menyatakan kepuasannya saat ditangani Dokter Terawan. Hal ini menimbulkan banyak opini negatif dan kecurigaan dalam dunia medis.

Dianggap menyembuhkan pasien dengan cara sempurna

Pasien yang pernah ditangani oleh Dokter Terawan Agus Putranto sering memuji bahwa dirinya menjadi dokter penyelamat, bahkan dari kalangan pejabat. Hal ini dianggap melanggar etik profesi oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Pria dengan gelar spesialis radiologi tersebut dianggap dapat menyelamatkan banyak pasien stroke. Rata-rata pasien yang pernah ditanganinya memuji keahlian Dokter Terawan dengan kalimat berbunga-bunga.

Telah melanggar etik profesi

Menanggapi hal itu, Ketua Majelis Kode Etik Kedokteran (MKEK) dr Prijo Pratomo, SpRad(K) menegaskan, seorang dokter punya etik profesi saat praktik medis. Pelanggaran yang dilakukan Dokter Terawan yang paling terlihat yakni mengumumkan keberhasilannya dalam menangani pasien dengan penyakit kronis.

“Salah satu yang jadi patokan adalah seorang dokter itu tidak boleh mengumumkan hasil tindakannya. Misalnya berhasil menangani ribuan pasien penyakit serius. Dia sudah berjanji dalam ucap sumpahnya saat mulai menjadi dokter,” ujar dr Prijo dalan keterangan persnya, Rabu (4/4/2018).

Dalam aturan kode etik profesi, seorang dokter tidak boleh mengiklankan produk, tidak boleh memuji diri, juga tidak boleh melanggar sumpah dokter. Apabila itu dilanggar, maka kaitannya dengan sanksi pelanggaran etik yang ditetapkan IDI.

Berhenti praktik satu tahun

IDI memberikan sanksi bahwa Dokter Terawan tidak boleh praktik medis, dalam kurun waktu yang ditentukan. Dia melakukan kesalahan fatal karena ‘mencuci otak pasien’ dari kalangan biasa hingga para pejabat.

Atas kesalahan itu, Dokter Terawan tidak boleh praktik melayani pasien sejak 25 Februari 2018 hingga 25 Februari 2019. Pasien harus mengerti dan tidak boleh tergoda dengan iming-iming prestasinya.

“Pasien boleh saja testimoni keahlian dokter. Tapi kalau berlebihan, seperti dokternya sendiri menjanjikan kesembuhan pasti, itu kaitannya dengan pelanggaran etik dan rambu-rambu sumpah dokter,” imbuh dr Prijo.

Perbuatan Dokter Terawan timbulkan masalah baru

Pengurus Besar IDI dr Frans Santosa ikut menanggapi kasus ‘cuci otak’ yang dilakukan Dokter Terawan. Menurut di, dokter semestinya tidak boleh melanggar etik, seperti memberi iming-iming kepada pasien atas kesembuhan pasti. Hal ini bisa memicu masalah baru, karena mengecewakan pasiennya.

“Sesungguhnya kesembuhan itu diberikan oleh Tuhan Maha Esa. Dokter hanya sebagai perantara saja. Kalau sudah menjanjikan suatu kesembuhan, tapi pasien tidak sembuh, maka pasien akan kecewa,” tegasnya.

Penerjemah: Mahmod Hosni | Sumber: Okezone

 

تعليقات
Loading...