إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

استكشاف سوق سنغافورة لزيارة بحيرة توبا

Menpar Sajikan Danau Toba untuk Gaet Pasar Singapura

368

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  تقوم وزارة السياحة باستمرار في استكشاف سوق سنغافورة. هذه المرة كانت الاستراتيجية التي أعدت هي التركيز على المبيعات في بحيرة توبا. سيعقد برنامج لهذا الغرض في فندق فوراما سيتي سنتر ، سنغافورة ، 2-5 سبتمبر 2018.

وفقا لوزير السياحة عارف يحيى،فبحيرة توبا هي إحدى الوجهات الإلزامية التي سيتم إدخالها إلى سوق سنغافورة. تُعدُّ بحيرة توبا واحدة من أفضل الوجهات. السياح لديهم العديد من الخيارات لاستكشافها.

قال عارف ، في بيان مكتوب يوم السبت (1/9/2018).”هذه المنطقة من بحيرة توبا فريدة من نوعهاو جذابة للغاية. سهولة الوصول والمرافق جيدة. وهي مدعومة بوسائل الراحة الكاملة. لذا يجب الترويج لها. و يمكن تحقيق ذلك من خلال التركيز على المبيعات فيها”.

توفر وجهة بحيرة توبا أيضا مضمار لسباق الخيل في شمال تابانولي. يمكن الوصول إليه في 20 دقيقة من مطار سيلانجيت. و إذا كنت ترغب في التمتع بجمال بحيرة توبا مم أفضل موقع يمكنك زيارة برج الرؤية. فهناك يسهل الجمع بين جبل بوسوك بوهيت والبحيرة الزرقاء كأفضل خلفية للصور.

متحف هوتا بولون سيمانيندو,يُعدُّ واحد من سلسلة الجبال في المنطقة ويمكن مشاهدته من على  برج الرؤية، يمكن للسياح الاستمتاع بمتحف  بني على الطراز التقليدي القوي ومشاهدة الحصون ونباتات الخيزران ، لا يزال حزب مانغالاهات هوربو الأصلي موجوداً ويشكّل حضوراً فاعلاً وهو من أقدم الأحزاب في البلاد.

بالإضافة إلى ذلك ، يمكن للسياح الاستمتاع بالرقص التقليدي لقبيلة باتاك كل يوم. الذي يكون عادة في 10:30 أو 11:45 صباحا بتوقيت غرب إندونيسيا.

يوجد أيضًا متحف باتاك المركزي. تحفظ فيه أفضل مجموعات من تراث أرض باتاك. من الهندسة المعمارية ،والآداب ، والأعمال الفنية ، والدين ، وكذلك الاحتفالات التقليدية ، إلى الأدوات اليومية. و يخزن فيه أيضا سفر يحتوي على  مكونات طبية تقليدية،و دستور القبيلة. وكذلك سيف للبطل الوطني الذي يُدعى سيسينجامانجاراجا.

قال عارف ” هذه الوجهة في بحيرة توبا غنية للغاية. فكل شيء  موجود هنا. فهي ثريّة بالثقافات المتنوعة .أنا متأكد من نجاح هذه المنطقة وتحقيقها مبيعات كبيرة”.

في حين، قال مساعد نائب مدير التسويق الأول في وزارة السياحة ، مصرورة ، إن بعثة المبيعات هذه المرة ركزت بالفعل على الترويج للسياحة في بحيرة توبا. ومع ذلك ،نحن لا ننسى الوجهات الأخرى ليتم تقديمها أيضاً.

وقال مصرورة “نريد أن تكون بحيرة توبا واحدة من الوجهات المفضلة للسياح الأجانب. وقد تم إدخالها في قائمة ال10 التي سميت ببالي الجديدة. كما أننا تضيف اختيار وجهات جديدة أخرى للسياح الأجانب”.

وفقا له ، يعتقد أن تأثير البرنامج في السوق ستكون جيدة جدا. توقع قدرة المداخل السياحية الأجنبية سوف تنتشر أكثر إلى وجهات أخرى. حتى لا يتجمع السياح الأجانب في وجهات قليلة.

و أضاف “خلال هذه الفترات يقدر عدد السياح الأجانب الذين يدخلون بالي 40٪ ، و جاكرتا 30٪ ، و باتام-بنتان والمناطق المحيطة بها 20٪ ، و المدن الأخرى 10٪. لذا يجب أن يكون هناك تقدم في الوجهات السياحية الجديدة لأن سعة مداخل الثلاثة محدودة”.

قد يعجبك أيضا: بحيرة ليدو روعة الطبيعة بين ثلاثة جبال

للعلم ، ارتفع عدد السياح السنغافوريين القادمين إلى إندونيسيا في عام 2017 من العام السابق. في عام 2016 ، تم تسجيله 1،472،767 سائحًا. و من هذا الرقم يزداد قليلا في عام 2017 حيث بلغ عدد السياح السنغافوريين الذين يزورون إندونيسيا 1،512،813 سائحًا.

“هذه ملاحظة مهمة بالنسبة لنا للحفاظ على سوق سنغافورة. الزيادة صغيرة نسبيا ، لذلك نحن معنيون بالتقدم من خلال جلب وجهات جديدة بأسعار تنافسية. ، حتى تكون لدى سياح سوق سنغافورة خيارات عديدة من الوجهات ولا يكتفوا بوجهة محددة”. قال مصرورة.

لتحقيق أقصى قدر من البرنامج ، سوف تجلب وزارة السياحة 13 من صنّاع الوجهات السياحية من إندونيسيا. سوف يشرحون كل الإمكانات التي لديهم إلى 50 مشترِ أو مشغل رحلات من سنغافورة.

بالإضافة إلى ذلك ، فإن سهولة الوصول إليها، وضمها مباشرة من قبل جارودا اندونيسيا ولنائب رئيس منطقة آسيا الأولى وايان سوباكيا.  وسيحضر أيضا المدير التنفيذي لشبكة السياحة البيئية الإندونيسية، آري سوهاندي، كمتحدث.

“و لا ننسى عرض الفنون والثقافة الإندونيسية لجذب المشترين. حتى يكون فهمهم لمنطقة بحيرة توبا سليما من حيث الطبيعة والثقافة”.

المترجمة  : مايا يونياتي | المحرر :  د . طلال الشايقي | المصدر: ديتيك


Jakarta, Indonesiaalyoum.com –   Kementerian Pariwisata tidak henti-hentinya mengeksplorasi pasar Singapura. Kali ini strategi yang disiapkan adalah Sales Mission Danau Toba. Program ini akan digelar di Furama City Centre Hotel, Singapura, 2-5 September 2018.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, Danau Toba menjadi salah satu menu wajib untuk diperkenalkan ke pasar Singapura. Danau Toba merupakan salah satu destinasi terbaik. wisatawan memiliki banyak pilihan untuk dieksplorasi.

“Kawasan Danau Toba ini luar biasa eksotisnya. Atraksi, aksesibilitas, dan amenitasnya bagus. Serta didukung dengan amenitas yang lengkap. Maka ini perlu didorong terus untuk dipromosikan. Salah satunya melalui Sales Mission ini,” ujar Arief, dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/9/2018).

Destinasi Danau Toba juga memiliki fasilitas Pacuan Kuda di Tapanuli Utara. Venue ini hanya ditempuh 20 menit dari Bandara Silangit. Bila ingin menikmati keindahan Danau Toba dengan sudut terbaik, wisatawan bisa berkunjung ke Menara Pandang Tele. Kombinasi Gunung Pusuk Buhit dan biruanya air danau menjadi background foto terbaik.

Menjadi satu rangkaian dengan Menara Pandang Tele, wisatawan bisa menikmati Museum Huta Bolon Simanindo. Memiliki nuansa tradisional yang kuat dengan benteng dan tanaman bambu, kawasan ini dahulu juga didiami oleh raja. Hingga kini, Pesta Adat Mangalahat Horbo masih dilestarikan. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati Tarian Batak Tradisional setiap harinya. Bisa pukul 10.30 atau 11.45 WIB.

Belum lagi Museum Batak TB Silalahi Center. Beragam koleksi terbaik peninggalan tanah Batak ada disini. Dari mulai arsitektur, aksara dan sastra, karya seni, religi juga upacara adat, hingga peralatan keseharian. Museum ini menyimpan Pustaha Batak yang berisi pengetahuan ramuan obat, umpasa (pantun), dan padan (hukum). Begitu juga dengan pedang milik Pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII.

“Destinasi Danau Toba ini sangat kaya. Semua yang terbaik ada di sana. Selalu memberikan inspirasi dengan beragam budaya yang ditawarkan. Dengan kekuatan alam dan budayanya, saya yakin sales mission ini akan sukses,” kata Arief.

Sementara itu, Asisten Deputi Bidang Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata Masruroh mengatakan, Sales Mission kali ini memang menitikberatkan promosi pariwisata Danau Toba. Namun, destinasi lain tak lupa untuk diboyong.

“Kami ingin Danau Toba sebagai salah satu destinasi tujuan favorit wisman. Destinasinya kan masuk menjadi 10 Bali Baru. Sekaligus menambah pilihan destinasi baru bagi wisman,” kata Iyung sapaan akrabnya.

Menurutnya, dampak program tersebut terhadap pasar diyakini akan sangat bagus. Diprediksi kapasitas pintu masuk wisman akan menyebar lebih banyak ke destinasi lain. Sehingga wisman tidak menumpuk di segelintir destinasi saja.

“Pintu masuk wisman selama ini dari Bali 40%, Jakarta 30%, Batam-Bintan dan sekitarnya 20%, dan kota lainnya 10%. Jadi harus ada terobosan destinasi wisata baru dengan cepat karena kapasitas tiga pintu itu sudah terbatas,” kata Iyung.

Untuk diketahui, jumlah wisatawan Singapura yang datang ke Indonesia pada tahun 2017 mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2016 tercatat 1.472.767 wisatawan Singapura masuk ke Indonesia. Angka tersebut terkatrol sedikit ditahun 2017 dengan 1.512.813 wisatawan Singapura untuk berkunjung ke Indonesia.

“Hal ini menjadi catatan penting kami untuk me-maintain pasar Singapura. Pasalnya kenaikan yang ada tergolong sangat kecil, sehingga kami melakukan penetrasi dengan membawa destinasi baru dengan harga yang kompetitif. Sehingga semakin wisatawan Singapura memiliki banyak pilihan destinasi dan bukan itu-itu saja,” terang Iyung.

Untuk memaksimalkan program, Kemenpar akan memboyong 13 industri serta destinasi pariwisata dari Indonesia. Mereka akan memaparkan seluruh potensi yang mereka miliki kepada 50 buyer atau pelaku usaha wisata asal Singapura.

Selain itu, kemudahan aksesibilitas menjadi salah satu yang akan disampaikan. Dan ini akan disampaikan langsung oleh VP Asia Region Garuda Indonesia I Wayan Subagia. Selain itu turut dihadirkan pula Executive Director of Indonesia Ecotourism Network (Indecon), Ary Suhandi sebagai narasumber.

“Tidak lupa kita sajikan seni budaya Indonesia untuk memikat para buyer. Sehingga pemahaman mereka atas destinasi Danau Toba akan utuh baik itu dari segi alam mau pun budayanya,” paparnya.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Talal Al.Shaiqi | Sumber : Detik

(19)

تعليقات
Loading...
Click Me