المصلى الوحيد في منطقة جبال أرفاك في بابوا الغربية الإندونيسية

Satu-satunya Tempat Salat di Pegunungan Arfak Papua Barat

0 977

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  جبال أرفاك يُعدُّ منطقة جديدة نسبيّاً وهو من المناطق النائية في غرب بابوا. ليس فيه  سوى مصلّى بسيط يصلي فيه المسلمون.

تُعدُّ منطقة جبال أرفاك في غرب بابوا التي لم يمر وقت طويل على إنشائها،فقد تم التوقيع على إنشائها كمنطقة جديدة في عام 2012 وفي عام 2013 بدأ السكان يفدون إليها ومن ثم قامت الحكومة أيضاً ببناء إدارات تابعة لها في المنطقة.

كشف موقع ديتيك ترافل ومجموعة من عشّاق الطبيعة هذه المنطقة المسماة بيغاف خلال رحلة أرض سيندراواسيه الأسبوع الماضي. كل شيء فريد، والمصلّى إحدى أوجه الفرادة .

و هو مصلى الرحمن. يقع هذا المصلى في مكتب مركز شرطة أنجي ، وسط مدينة منطقة جبال أرفاك.

ووفقا لأحد أفراد مركز شرطة أنجي ، موسيس وارينوسي أن بناء المصلى للمسلمين هذا لايزال في شكل المصلى الصغير البسيط. ويرجع ذلك إلى الحاجة إلى إجراء التكيف مع المجتمع الذين ما يزالون متمسكين بعاداتهم المحلّية.

لذلك فإن بناء مصلى الرحمن قام في حي مكتب مركز الشرطة. و هذا من أجل الحفاظ على أمن وحيادية المكان.

على الرغم من أن بنائه بسيط، لكن هذا المصلى دائما مفتوح لصلاة الجمعة ولأول مرة صُلّيت فيه صلاة عيد الأضحى. وقد جاء هذا التجمع من بعض الوافدين الذين يعملون في منطقة بيغاف ، وأفراد من الشرطة و الجيش الذين يخدمون هناك.

وأضافوا عدداً من المرافق في هذا المصلى. وتشمل المرافق سجاد الصلاة ، موكينا ، عباءات ، منبر الخطيب، و مكان الوضوء. جميع المرافق بسيطة ومجهزة داخل المصلى الذي تبلغ مساحته 462 متر مربع فقط.\

ولا يزيد عدد المصلين فيه عن 50 مصلِ في صلاة الجمعة و القليل في صلاة عيد الأضحى. لكنهم الخشوع هو السِمة البارزة هنا.

رغم أنّ الأغلبية في منطقة بيغاف هم من النصارى. لذلك نادرا ما توجد أماكن عبادة أخرى بخلاف الكنائس.

تقع منطقة أرفاك على ارتفاع 1700 متر فوق مستوى سطح البحر. توجد فيها العديد من المعالم الطبيعية، مثل البحيرات، مراقبة الطيور المحمية ، الفراشات ، و الثقافة المحلية التي لا تزال محفوظة.

بعد رحلة ديتك ترافل الطويلة لمدة 7 ساعات تقريبًا من مانوكواري إلى منطقة جبال أرفاك، كان الأمر متعبًا للغاية.  لأن التضاريس وعرة جدًا ولا يمكن السير فيها إلا بواسطة سيارات الدفع الرُباعي.

المترجمة  : مايا يونياتي | المحرر :  د . طلال الشايقي | المصدر: ديتيك


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Pegunungan Arfak adalah kabupaten baru di pedalaman Papua Barat. Di sana baru ada sebuah musala yang sederhana untuk tempat salat umat Muslim.

Kabupaten Pegunungan Arfak di Papua Barat baru seumur jagung. Pemekarannya ditandangani di tahun 2012 dan pada 2013 baru ditempati dan memiliki struktur pemerintahan.

detikTravel diajak Mapala UI menjelajah Kabupaten Pegaf dalam Ekspedisi Bumi Cenderawasih pekan lalu. Segala hal unik sebisa mungkin terekam dan ini salah satunya.

Namanya Musala Ar Rahman. Musala ini berada di kantor Polsek Anggi, pusat kota Kabupaten Pegunungan Arfak.

Menurut salah satu anggota Polsek Anggi, Bripka Moses Warinusi pembangunan tempat ibadah bagi muslim memang masih berupa musala. Hal ini dikarenakan perlunya penyesuaian dengan masyarakat yang masih kental dengan adat istiadatnya.

Oleh karena itu pembangunan Musala Ar Rahman ini ada di lingkungan kepolisian. Hal ini untuk menjaga keamanan dan kenetralan tempat berkegiatannya.

“Masih berupa musala karena kegiatan muslim ini ada di kawasan yang masih kental adatnya dan masih perlu penyesuaian dengan adat setempat,” ucap Moses.

“Lokasinya ada di Polsek Anggi. Di tempat yang netral,” jelas dia menambahkan.

Walau berbentuk musala, tempat ini selalu digunakan untuk Salat Jumat dan pertama kali Salat Idul Adha lalu. Jemaahnya berasal dari para pendatang yang bekerja di Pegaf, anggota Polisi dan TNI yang bertugas di sana.

Sejumlah fasilitas sudah ada di Musala Ar Rahman. Fasilitas itu meliputi, sajadah, mukena, sarung, tempat mimbar khatib, hingga tempat wudhu. Semua fasilitas yang masih sederhana itu ada di ruang tak lebih dari 15X20 meter persegi.

Tak lebih dari 50 orang saat Salat Jumat dan saat Salat Id Idul Adha lebih banyak. Mereka tetap khusyuk saat ibadah berangsung.

Seperti diketahui bahwa mayoritas di Pegaf adalah Nasrani. Oleh karenanya di sana jarang ditemui tempat ibadah selain gereja.

Kabupaten Arfak berada di ketinggian 1.700 mdpl. Beragam potensi wisata alam ada di sini, mulai dari danau kembar, pengamatan burung dilindungi, kupu-kupu, hingga budaya lokal yang masih terjaga.

Setelah detikTravel merasakan perjalanan panjang selama kurang lebih 7 jam dari Manokwari hingga kota Kabupaten Pegunungan Arfak memang cukup melelahkan. Hal itu dikarenakan medannya terbilang berat karena hanya bisa dilewati mobil 4X4.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Talal Al.Shaiqi | Sumber : Detik

تعليقات
Loading...