البنك الدولي يتوقع أن ينمو اقتصاد إندونيسيا بنسبة 5.3 %

Bank Dunia proyeksikan ekonomi Indonesia tumbuh 5,3 persen

0 683

 

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – توقع البنك الدولي أن يصل معدل النمو الاقتصادي في إندونيسيا في عام 2018 إلى 5.3 %، أي أقل من المعدل المستهدف في عام 2016 بنسبة 5.4 % في ميزانية الدولة لعام 2018.

وقال ديريك تشين الخبير الاقتصادي في البنك الدولي في جاكرتا يوم الخميس :”نتوقع أن تكون إندونيسيا في عام 2018 يكون النمو الاقتصادي 5.3 % من 5.1 % عام 2017.”

قد يهمك: اندونيسيا تحتل المرتبة الثانية للسياحة الحلال في العالم

ويرى تشن، أن النمو الاقتصادي في إندونيسيا هذا العام سيكون مدفوعا بالاستثمار فضلا عن استهلاك الأسر المعيشية (RT) لاسيما بوجود الانتخاب الجماعي هذا العام.

وقال تشن :”الاستثمار قوي للغاية ونرى أن استهلاك الأسر المعيشية سيرتفع قليلا وفقا لوجود الانتخابات”.

ويرى تشن، أن الانتخابات في 2018 و 2019 لن تتداخل مع النشاط الاقتصادي المحلي. بعد الانتخابات، سينمو الاستثمار بشكل أسرع لأن عدم اليقين السياسي يبدأ يتراجع.

“الآن، يمكن للمستثمرين أن ينتظروا ما سيحدث في 2018 و 2019 يتمنون أن لا يحدث شيء مدهش، ثم إن الاستثمار سوف يتدفق مرة أخرى لأنها خفض عدم اليقين السياسي، وهذا لا يحدث فقط في إندونيسيا ولكن أيضا بلدان أخرى تشهد هذه الدورة.” كما قال.

قد يهمك: الرئيس جوكوي سيحضر المؤتمر الوطني للعلماء والذكرى السنوية لحزب الاتحاد والتنمية

في تقرير صدر في شهر إبريل 2018 بعنوان “تحسين الإمكانات الاقتصادية” الصادر عن البنك الدولي لشرق آسيا والمحيط الهادئ للتحديث الاقتصادي، من المتوقع أن يظل النمو الاقتصادي للبلدان النامية في شرق آسيا وباسيفك قوياً ويصل إلى 6.3 % بحلول عام 2018.

إن التوقعات لانتعاش عالمي واسع، بالإضافة إلى قوة الطلب المحلي تدعم هذه التوقعات الإيجابية. ومع ذلك، فإن الأخطار الناشئة على الاستقرار والنمو المستدام تتطلب اهتماما جادا.

يؤكد البنك الدولي أنه حتى مع وجود آفاق مربحة، ينصح صانعو السياسات في المنطقة بالتعارف وحل التحديات التي يواجهونها.

مواجهة المخاطر قصيرة المدى المرتبطة بارتفاع أسعار الفائدة في البلدان المتقدمة التي ترتفع بأسرع مما هو متوقع، وإمكانية تصاعد التوترات التجارية فإنها ستتطلب قرارا نقديا أكثر تشدداً وعزلاً ماليًا أكبر.

قد يهمك: عدد الوفيات بسبب الخمور المغشوشة في جاوة الغربية يصل إلى 58 شخصا

في نظر البنك الدولي، فإن تعزيز النمو بعيد المدى، وزيادة الاستثمارات العامة والخاصة، ونمو الإنتاجية، والموارد البشرية، أصبحت مفتاحا.

المترجم : أحمد شكري | المحرر : فارس البدر | المصدر: انتارا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2018 akan mencapai 5,3 persen, lebih rendah dibandingkan target dalam APBN 2018 sebesar 5,4 persen.

“Kami memprediksi Indonesia di 2018 itu 5,3 persen, naik dari 5,1 persen di 2017,” kata Ekonom Senior Bank Dunia Derek Chen di Jakarta, Kamis.

Menurut Chen, pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini akan didorong oleh investasi dan juga konsumsi Rumah Tangga (RT) mengingat adanya gelaran Pilkada Serentak pada tahun ini.

“Investasi sangat kuat. Dan kami melihat konsumsi RT akan naik sedikit seiring dengan adanya pemilu,” ujar Chen.

Chen menilai, gelaran Pemilu pada 2018 dan 2019 tidak akan mengganggu kegiatan ekonomi domestik. Setelah pemilu, investasi akan tumbuh lebih cepat karena ketidakpastian politik mulai reda.

“Sekarang, investor mungkin sedang menunggu apa yang akan terjadi di 2018 dan 2019 dan berasumsi tidak terlalu mengejutkan. Kemudian investasi akan mengalir lagi karena sudah berkurang ketidakjelasan politiknya. Dan ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tapi juga negara lain mengalami siklus ini,” katanya.

Dalam laporan “World Bank East Asia dan Pacific Economic Update edisi April 2018: Enhancing Potential” yang dirilis Kamis ini, pertumbuhan ekonomi negara-negara berkembang di kawasan Asia Timur dan Pasiflk diperkirakan akan tetap kuat dan mencapai 6,3 persen pada 2018.

Prospek dalam pemulihan global yang luas serta permintaan domestik yang kuat mendukung proyeksi positif ini. Namun, risiko yang muncul terhadap stabilitas dan pertumbuhan yang berkelanjutan membutuhkan perhatian yang serius.

Bank Dunia menggarisbawahi, bahwa bahkan dengan prospek yang menguntungkan, pembuat kebijakan di kawasan disarankan untuk mengenali dan mengatasi tantangan yang muncul.

Menghadapi risiko jangka pendek terkait kenaikan suku bunga negara maju yang naik lebih cepat dari perkiraan serta kemungkinan adanya eskalasi ketegangan perdagangan akan membutuhkan kebijakan moneter yang lebih ketat dan penyangga fiskal yang lebih besar.

Menurut Bank Dunia, untuk meningkatkan pertumbuhan jangka panjang, meningkatkan investasi publik dan swasta, pertumbuhan produktivitas, dan sumberdaya manusia, menjadi kunci.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: Antara

 

تعليقات
Loading...