الرئيس: إندونيسيا تصنيف اثنين من الاستثمارات الأكثر جاذبية

Presiden: Indonesia peringkat dua paling menarik investasi

0 628

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – كشف الرئيس جوكو ويدودو نتائج استطلاع يو أس نيوز وورلد ريبورت أنها وضعت إندونيسيا في المرتبة الثانية في البلدان الأكثر جاذبية للاستثمار في العالم.

“قبل أسبوعين أجرت مجلة “يو أس نيوز وورلد ريبورت” في الولايات المتحدة دراسة استقصائية دولية حول أي البلدان هي الأكثر جاذبية، وليست الأفضل وإنما الأكثر جاذبية.” قال ذلك الرئيس في كلمته أمام زعماء البنوك التجارية الذين اجتمعوا في قصر الرئاسة جاكرتا، الخميس.

وقال جوكووي طريقة الاستقصاء التي أجرتها المجلة من الولايات المتحدة تجري مقابلات مع 21000 المستجيبين لترتيب واختيار 6.000 المستجيبين صانعي القرارات التنفيذية.

“شيء واحد تعلمته، لقد اتضح لي أن المستثمرين يتخذون قرارات الاستثمار في بلد ما، وليس من أجل حالة البلد، ولكن بسبب اتجاه البلاد” ، قال ذلك الرئيس.

أوضح رئيس الدولة أن الاستثمار الأكثر جاذبية في البلد المرغوب فيه هو على وجه الدقة الظروف ليست مثالية ولكن الاتجاه قد تحسن.

وقال :”الأهم يعلمون ان البلاد ستصلح الأشياء غير المثالية بعد وهذا ما يريدون وهذا ماينظرون إليه، حتى لو قارنت بين وضع البلد المثالي ولكن الاتجاه في غاية الانخفاض، فماذا بعد؟”.

يعتقد الرئيس أن إندونيسيا ستكون أكثر ثقة من قبل المستثمرين الدوليين بسبب الاتجاه المتطور.

وقال :”قد يتحسن شيئا فشيئا ولكنه مؤكد وهذا الذي رأينا”، قال ذلك رئيس الدولة الذي كان معه وزير التنسيق للشؤون الاقتصادية دارمين ناسوتيون ووزيرة المالية سري مولياني ورئيس مجلس مفوضي سلطة المالية (FSA)  ويمبوه سانتوسو عند لقاء رؤساء البنوك التجارية في إندونيسيا.

وتحقيقا لهذه الغاية، طلب الرئيس من وزير التنسيق للاقتصاد دارمين ناسوتيون مواصلة تحسين ترتيب سهولة الأعمال في البلاد التي لا تزال في عام 2017 في الترتيب 72.

“أعتقد هذا العام أقل من 60، ولكن يمكن أن تقفز أقل من 50. أذكر وزير التنسيق الاقتصادي بأنني أطلب أقل من 60، لقد كان يهمسني يمكن أن يكون أقل من 50، وإذا كنت قد تجرأت على الهمس فلا بد من تحقيقها.” قال ذلك الرئيس.

واعتبر الرئيس أيضًا أن ثقة الاستثمار في إندونيسيا تتحسن أيضًا كما يظهر من خطوة تصنيف ستاندرد وبورز التي تعيد أندونيسيا إلى الدرجة الاستثمارية.

وقال جوكووي :”في حين أن تصنيف وكالة فيتش الذي زاد مرة أخرى من BBB إلى BBB هو اعتقاد دولي لإندونيسيا”.

 

المترجم : أحمد شكري I المحرر : فارس البدر I المصدر : أنتارا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com  – Presiden Joko Widodo mengungkapkan hasil survei US News & World Report menempatkan Indonesia pada peringkat kedua negara-negara di dunia paling menarik untuk investasi.

“Dua minggu lalu, Majalah US News & World Report di Amerika Serikat melakukan survei internasional negara-negara mana paling menarik, bukan terbaik ya, paling menarik. Indonesia berada di rangking dua di dunia,” kata Presiden saat bicara di depan para pimpinan bank umum Indonesia yang berkumpul di Istana Negara Jakarta, Kamis.

Jokowi mengatakan metode survei yang dilakukan majalah dari AS itu adalah mewancarai 21.000 reponden untuk membuat ranking dan dipilih 6.000 responden eksekutif pengambil keputusan.

“Satu hal yang saya pelajari, ternyata investor itu bikin keputusan berinvestasi di sebuah negara itu, bukan melihat kondisi negara itu, tetapi karena tren negara itu,” ungkapnya.

Kepala Negara menjelaskan bahwa yang lebih menarik investasi di sebuah negara yang dicari justru kondisinya belum ideal tapi trennya membaik.

“Karena mereka tahu negara itu akan membenahi hal-hal yang belum ideal. Itu yang diincar, itu yang dilihat. Coba bandingkan negara yang sangat ideal tapi trennya menurun, untuk apa?,” katanya.

Presiden menyakini Indonesia akan semakin dipercaya investor internasional karena trennya membaiknya.

“Mungkin membaik pelan-pelan, tapi jelas konsisten, itu yang dilihat,” kata Kepala Negara yang didampingi oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso saat menemui para pimpinan bank umum di Indonesia itu.

Untuk itu, Presiden meminta Menko Perekonomian Darmin Nasution terus memperbaiki peringkat kemudahan berusaha di dalam negeri yang pada tahun 2017 masih berada di urutan 72.

“Tahun ini saya menyakini di bawah 60, tapi bisa loncat di bawah 50. Saya ingatkan terus Menko Perekonomian, saya minta di bawah 60, tadi bisik-bisik ke saya bisa di bawah 50, kalau sudah berani bisik-bisik awas kalau tidak nyata,” katanya.

Presiden juga menilai bahwa kepercayaan berinvestasi di Indonesia juga semakin membaik yang terlihat dari langkah Standard & Poor`s Rating yang mengembalikan Indonesia ke layak investasi atau “investment grade”.

“Sedangkan Fitch rating yang telah meningkatkan lagi dari BBB- menjadi BBB adalah sebuah kepercayaan dunia internasional kepada Indonesia,” kata Jokowi.

Penerjemah I Ahmad Syukri I Editor: Fares alBadr I Sumber: Antara

 

تعليقات
Loading...