إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

الملك سلمان يؤكد دعمه لفلسطين

Raja Salman Tegaskan Dukungannya ke Palestina

- الإعلانات -

0 367

 

الرياض، إندونيسيا اليوم – يؤكد الملك سلمان دعم السعودية لدولة فلسطين بعد أن قال ابنه وورثته إن من حق إسرائيل أن تعيش بسلام على أرضها.

وقالت وكالة الأنباء السعودية :”أن الملك سلمان أكد مجددا على الموقف الثابت للمملكة حول القضية الفلسطينية والحق الشرعي للشعب الفلسطيني في إقامة دولة مستقلة عاصمتها القدس”.

في مكالمة هاتفية مع الرئيس الأمريكي دونالد ترامب، أكد الملك سلمان أيضا على ضرورة دفع عملية السلام. جاء ذلك بعد أن قتلت قوات الأمن الإسرائيلية 17 فلسطينيا الأسبوع الماضي خلال تجمع على طول الحدود بين إسرائيل وقطاع غزة.

وشكر الرئيس الفلسطيني محمود عباس سلمان على دعمه.

وكذا البيان الذي أصدرته وكالة الأنباء الفلسطينية الرسمية (وفا) “أن الرئيس عباس عبر عن امتنانه وتقديره للموقفه الداعمة للشعب الفلسطيني والقضية الفلسطينية وحالة القدس وأماكنها المقدسة”.

كما شكر عباس المملكة العربية السعودية على استمرارها في دعم حق الشعب الفلسطيني في إقامة دولة مستقلة عاصمتها القدس الشرقية، كذا البيان منه.

ولا يشير التقرير إلى بيان ولي عهد محمد بن سلمان في مقابلة نشرتها يوم الاثنين مجلة “ذي أتلانتك” الأمريكية.

عندما سُئل عن اعتقاده هل لليهود حق للأمم في جزء من وطنهم على الأقل، قال الأمير محمد سلمان، يمكن لكل منهم العيش على أرضه.

“أعتقد أن الفلسطينيين والإسرائيليين لديهم حق في امتلاك أرضهم، ولكن يجب أن يكون لدينا معاهدة سلام لضمان الاستقرار للجميع ولديهم علاقة طبيعية.” كما أجاب.

المترجم : أحمد شكري | المحرر : فارس البدر | المصدر: ريفوبليكا

 

Riyadh, Indonesiaalyoum.com — Raja Salman menegaskan kembali dukungan Arab Saudi untuk negara Palestina, setelah putranya dan pewarisnya mengatakan Israel berhak untuk hidup damai di tanah mereka sendiri.

“Raja Salman menegaskan kembali ‘sikap teguh kerajaan terhadap masalah Palestina dan hak sah rakyat Palestina untuk sebuah negara merdeka dengan Yerusalem sebagai ibu kotanya,” demikian rilis yang disampaikan kantor berita SPA, kemarin.

Dalam panggilan telepon dengan Presiden AS Donald Trump, Raja Salman juga menekankan perlunya memajukan proses perdamaian. Ini setelah pasukan keamanan Israel menewaskan 17 warga Palestina pekan lalu selama unjuk rasa di sepanjang perbatasan Israel-Gaza.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengucapkan terima kasih atas dukungan Salman.

“Presiden Abbas menyatakan rasa terima kasih dan penghargaannya … atas posisinya yang mendukung rakyat Palestina, perkara Palestina dan perkara Yerusalem serta tempat-tempat sakralnya,” demikian dalam pernyataan yang diterbitkan kantor berita resmi Palestina, WAFA.

Abbas juga memuji Arab Saudi karena terus mendukung hak rakyat Palestina mendirikan negara merdeka dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya, demikian dalam pernyataan itu.

Laporan tersebut tidak merujuk pernyataan Putra Mahkota Mohammed bin Salman dalam wawancara yang dipublikasikan pada Senin oleh majalah Amerika Serikat The Atlantic.

Ketika ditanya apakah dia percaya orang-orang Yahudi memiliki hak untuk bangsa-negara di setidaknya bagian dari tanah air leluhur mereka, Pangeran Mohammed Salman mengatakan, masing-masing bisa hidup di tanah mereka sendiri.

“Saya yakin orang Palestina dan Israel mempunyai hak untuk memiliki tanah mereka sendiri. Tetapi, kita harus memiliki perjanjian damai untuk menjamin stabilitas bagi semua orang dan memiliki hubungan yang normal,” jawabnya.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: ROL

 

(22)

تعليقات
Loading...
Click Me