المملكة العربية السعودية تأمل في زيادة التجارة مع إندونيسيا

Arab Saudi harapkan peningkatan perdagangan dengan Indonesia

0 686

 

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – يأمل سفير المملكة العربية السعودية لدى إندونيسيا أسامة الشعيبي زيادة قيمة التجارة الداخلية بعد زيارة عدد من الوفود الاقتصادية إلى إندونيسيا.

وقال السفير أسامة عندما التقى أنتارا في مقر إقامته بجاكرتا مساء الأربعاء :”زيارة هذا الوفد لمتابعة زيارة الملك سلمان في العام الماضي، لرؤية المزيد من القطاعات المحتملة للاستثمار”.

قد يهمك: إندونيسيا تدين إطلاق الحوثيين في اليمن صاروخا ضد السعودية

قبل زيارة الملك سلمان في العام الماضي، بلغت القيمة التجارية بين إندونيسيا والسعودية 48,3  تريليون روبية فقط ، لكن من بعد الزيارة ارتفعت إلى ثلاثة أضعاف نحو 124,2 تريليون روبية.

بالإضافة إلى الاستثمار في القطاع الاقتصادي بشكل عام، ذكر أيضًا أن القطاع العسكري والدفاع والأسلحة تدخل في نظر استثمار المملكة العربية السعودية في البلاد.

وقال السفير أسامة: “إن إندونيسيا بلد مليء بالموارد مثل الروافد والثروات الطبيعية والإمكانيات السياحية والمعادن، لذلك هناك فرصة كبيرة للاستثمار”.

قد يهمك: إندونيسيا والسعودية تتفقان على نشر وسطية الإسلام

وبهذه المناسبة، التقى السفير السعودي بوفد تجاري من المملكة العربية السعودية مع مجموعة من الغرفة التجارية الإندونيسية (كادن) وأجرى عدداً من المناقشات المتعلقة بالتنمية الاقتصادية والاستثمار في البلدين.

وكانت الزيارة أول زيارة رسمية بعد وصول الملك سلمان بن عبد العزيز آل سعود في مارس من العام الماضي.

وفي نفس المناسبة، عبر رئيس المستثمرين السعوديين في إندونيسيا، حباب حناوي، عن أمله في أن تؤدي هذه الزيارة الرسمية إلى زيادة الاستثمار، خاصة في قطاع البنية التحتية والممتلكات التي تنمو في البلاد.

قد يهمك: السعودية تعدم عامل إندونيسي

بالإضافة إلى ذلك، يرجى من المندوبين تبادل المعلومات والخبرات لزيادة الاستثمار.

وقال حباب :”يجب أن تحدد أيضا معيارا لأصحاب المشاريع في المملكة العربية السعودية للاستثمارات، ويستطيع توفير الحلول في مواجهة الحواجز المختلفة الموجودة في عملية الاستثمار، بما في ذلك تسهيل عملية الترخيص”.

المترجم : أحمد شكري | المحرر : فارس البدر | المصدر: انتارا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Usamah Al-Syu`aiby berharap adanya peningkatan nilai perdagangan di dalam negeri usai kunjungan sejumlah delegasi ekonomi ke Indonesia.

“Kunjungan delegasi ini untuk menindaklanjuti kunjungan Raja Salman tahun lalu, untuk melihat lebih jauh sektor-sektor yang potensial untuk berinvestasi,” tutur Dubes Usamah saat ditemui Antara di kediamannya di Jakarta, Rabu malam.

Sebelum kunjungan Raja Salman tahun lalu, nilai perdagangan antara Indonesia dan Arab Saudi hanya sekitar Rp48,3 triliun, namun pasca kunjungan melonjak hampir tiga kali lipat mencapai Rp124,2 triliun, katanya.

Selain investasi di bidang ekonomi pada umumnya, ia pun menyebutkan bahwa sektor militer, pertahanan, dan persenjataan juga termasuk dalam pertimbangan investasi Arab Saudi di dalam negeri.

“Indonesia merupakan negara yang sarat sumber daya seperti sungainya, kekayaan alam, potensi wisata, hingga mineral. Oleh karenanya ada peluang yang sangat besar untuk investasi,” tutur Dubes Usamah memaparkan.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Arab Saudi melakukan pertemuan dengan delegasi perdagangan dari Arab Saudi dengan rombongan dari Kamar Dagang Indonesia (Kadin) dan melakukan sejumlah pembahasan terkait perkembangan ekonomi dan investasi kedua negara.

Kunjungan tersebut merupakan kunjungan resmi yang pertama kalinya diadakan pasca kedatangan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud pada bulan Maret tahun lalu.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Ketua Investor Arab Saudi di Indonesia Habbab Hanawi juga berharap kunjungan resmi ini bisa meningkatkan investasi, terutama pada sektor infrastruktur dan properti yang tengah berkembang di dalam negeri.

Selain itu, para delegasi diharapkan juga dapat saling bertukar informasi dan pengalaman guna meningkatkan investasi.

“Harus juga ditetapkan acuan bagi pengusaha Arab Saudi untuk melakukan investasi, serta bisa memberikan solusi dalam menghadapi berbagai hambatan yang ditemukan dalam proses investasi. Termasuk mempermudah proses perizinan,” pungkas Habbab.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: Antara

 

تعليقات
Loading...