وزيرة البيئة والغابات: قضايا النفايات في إندونيسيا خطيرة في الغاية

Menteri LHK: Persoalan Sampah di Indonesia Cukup Serius

0 721

 

ماكاسار، إندونيسيا اليوم – قالت وزيرة البيئة والغابات سيتي نيربايا باكار إن إندونيسيا تواجه مشكلة القمامات وقد صلت إلى مستوى خطير. بل تسمى إندونيسيا بطلا للنفايات البلاستيكية.

قد يهمك: تراجع المبيعات، وكاتربيلر تغلق مصنعيْن

“في الأسبوعين الماضيين، منذ 3 مارس، اشتهرت في وسائل الإعلام الاجتماعية أن إندونيسيا هي بطلة النفايات البلاستيكية، وهذا هو نتيجة للأبحاث الأجنبية من أمريكا في عام 2015″. قال ذلك في عام 2018  في يوم الاهتمام بالنفايات الوطنية (HPSN) في شاطئ لوساري، ماكاسار يوم الأحد (18/3).

ومع ذلك، قالت سيتي من عام 2015 إلى عام 2018 ، كان هناك تغيير كبير في إدارة النفايات. تحدث هذه التغيرات بسبب ديناميات المجتمع التي أدت إلى حركة إدارة النفايات.

وقد ولدت الحركة من مجتمع ذي أجندات مختلفة مثل بنك القمامة، وتعليم أطفال المدارس الذين يدركون القمامة، وممرات الحدائق في ماكاسار. ” حتى أصبحت القمامة شيئا منتجا، وشيئا مفيدا، مساعدا لاقتصاد العائلة مثال ذلك بنك النفايات فهو مثال حقيقي” كما أضافت.

وقالت إن معالجة النفايات في إندونيسيا قد تم تنظيمها في القانون رقم 18 لعام 2008 بشأن إدارة النفايات. ومع ذلك، فإن التعامل لا يزال يواجه تحدي سلوك الناس الذين ما زالوا يتصفون بالأنانية. وقالت معبرة عنهم” : الناس ما زالوا يعتقدون / دعها / المهم ليست في حديقتي”.

قد يهمك: وزارة التجارة ضبطت برتقالة وتفاحة غير قانونية من الصين

بالإضافة إلى ذلك، يأتي التحدي في صعوبة تنفيذ الميزانية للتعامل مع النفايات. “حكومة المدينة تصعب إنفاق البلدية على النفايات بسبب عدم وجود دخل، أو ما يسمى بمركز التكلفة أو مصدر التمويل”.

وبسبب ذلك، قيمت سيتي منشطات بنوك القمامة مثل تلك الموجودة في ماكاسار حيث إنها أمثلة جيدة للتعامل معها. والمطبق في ماكاسار، إن بنك القمامة أنشأته الأمهات. وهن يقدمن القمامة للحصول على قيمة معينة يمكن استبدالها مقابل دفع أسعار الكهرباء. وقالت: “هذه الخطوة لتحويل أفكارهن بأن (النفايات) يمكن أن تكون منتجة”.

من ناحية أخرى، قال عمدة ماكاسار شمس ريزال إن ماكاسار تنتج 1200-1400 طن من النفايات يوميا. ﻳﻌﺘﺒﺮ إﻧﺘﺎج اﻟﻨﻔﺎﻳﺎت ذا ﺗﺄﺛﻴﺮ ﺳﻠﺒﻲ إن ﻟﻢ ﻳﺘﻢ ﺗﻨﻈﻴﻤﻪ. وقال :”لكن ذلك يمكن أن يعطي الفائدة ويحافظ على البيئة، إذا قام الناس بالعمل معا للتعامل مع النفايات”.

قد يهمك: أربعة ملاحظات عن تأهل كيفين وماركوس لنهائي بطولة انجلترا

الحركة المشتركة لإدارة النفايات في ماكاسار، مثل التعاون مع بنك القمامة الذي يجعلها سمادا. وبنوك النفايات تعتمد على المجتمع والأسرة.

يركز ذكرى يوم الاهتمام بالنفايات الوطنية عام 2018 HPSN على تنفيذ جدول مشروع  ثلاثة أشهر لإنهاء القمامة (TBBS) بدءا من 21 يناير 2018 حتى 21 أبريل 2018 والتي تشمل على مختلف حركات النظافة في جميع أنحاء إندونيسيا. من خلال TBBS، أن من إحدى تلك الحركات هي تنظيف أماكن ليست فيها دراجات، وتستهدف الحكومة أن يكون المجتمع لديهم اهتمام كبير بنظافة البيئة.

قد يهمك: مجلس علماء إندونيسيا يدعو كنيسة جايابورا للحوار بشأن حظر الأذان

المترجم : أحمد شكري | المحرر : فارس البدر | المصدر: صحيفة ريفوبليكا

Makassar, Indonesiaalyoum.com — Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar mengatakan Indonesia menghadapi persoalan sampah yang telah sampai tahap cukup serius. Bahkan, Indonesia disebut sebagai juara sampah plastik.

“Dalam dua pekan ini, sejak 3 Maret, viral di media sosial bahwa Indonesia juara sampah plastik. Itu hasil penelitian orang asing dari Amerika pada 2015, ” ujarnya pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018 di anjungan Pantai Losari, Makassar, Ahad (18/3).

Meski demikian, Siti mengatakan dari 2015 hingga 2018, telah terjadi perubahan signifikan dalam penanganan sampah. Perubahan tersebut terjadi karena dinamika masyarakat yang memunculkan gerakan penanganan sampah.

Gerakan tersebut lahir dari komunitas dengan beragam agenda seperti bank sampah, pendidikan anak sekolah yang sadar sampah, dan lorong garden di Makassar. “Sampah juga menjadi produktif, sesuatu yang bermanfaat, penolong bagi ekonomi keluarga. Bank sampah adalah contoh nyata,” ujarnya.

Penanganan sampah di Indonesia, kata dia, sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah. Namun, penanganan tersebut masih menghadapi tantangan yakni perilaku masyarakat yang masih mementingkan diri sendiri. “Masyarakat masih berpikiran /biarin/ yang penting tidak di halaman saya,” ujarnya.

Selain itu, tantangannya berasal dari sulitnya pemenuhan anggaran untuk menangani sampah. “Pemkot susah mengeluarkan anggaran untuk sampah karena tidak ada pemasukannya, istilahnya /cost center/ atau sumber pembiayaan.”

Lantaran hal itu, Siti menilai stimulan bank sampah seperti yang dilakukan di Makassar menjadi contoh baik untuk penanganan. Praktiknya di Makassar, bank sampah dibuat oleh ibu-ibu rumah tangga. Mereka menyetor sampah untuk diberi nilai yang bisa ditukarkan dengan pembayaran tarif listrik. “Langkah itu /switch/ (mengubah) paradigma, (sampah) menjadi produktif,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal mengatakan Makassar menghasilkan sampah 1.200-1.400 ton per hari. Produksi sampah tersebut dinilai bisa berdampak negatif jika tidak diatur. “Tetapi bisa beri kemanfaatan dan menjaga lingkungan, jika masyarakat melakukan gerakan bersama menangani sampah,” ujarnya.

Gerakan bersama penanganan sampah di Makassar, salah satunya dilakukan dengan bank sampah yang telah membuat kompos. Bank sampah dilakukan berbasis komunitas dan rumah tangga.

Peringatan HPSN 2018 difokuskan pada pelaksanaan agenda Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) mulai 21 Januari 2018sampai dengan 21 April 2018 yang meliputi berbagai gerakan kebersihan di seluruh wilayah Indonesia. Melalui TBBS yang salah satunya adalah gerakan kebersihan di area bebas kendaraan bermotor, pemerintah menargerkan masyarakat Indonesia lebih peduli pada kebersihan lingkungan.

Penerjemah: Ahmad Syukri  | Editor: Fares alBadr | Sumber: ROL

 

تعليقات
Loading...