تعرف على مكان تواجد مراقبين الإنتخابات

KPU Hanya Tempatkan Pemantau Pemilu Luar Negeri di Jakarta

0 548

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – قال الرئيس العام للجنة القومية للإنتخابات (KPU) عارف بوديمان أن المسؤولين عن متابعة ومراقبة الإنتخابات من خارج البلاد سوف يكونوا في اللجان الإنتخابية الخاصة بجاكارتا فقط.

برر عارف موقفه أن عدد الموظفين والمسؤولين في الهيئة العامة للإنتخابات المتاحين لمرافقة المراقبين الأجانب محدود بسبب الإنشغال بيوم الإنتخابات.

قال عارف في مكتب الهيئة يوم الثلاثاء (26/3): “بسبب الإنشغال الذي سوف يحدث لنا في يوم الإقتراع ، نرحب بالمراقبين الأجانب في اللجان الإنتخابية في جاكارتا”.

قال عارف أن أماكن المراقبة سوف يتم توزيعها من قبل الهيئة ولكنه لا يستعبد أن تطلب مؤسسة بعينها مراقبة الإنتخابات في مكان معين.

حيث أنه سوف يتم توزيع 20 فرد من الجهات الرقابية من خارج وداخل إندونيسيا في كل لجنة.

قال عارف: “يمكن لهم أن يتفضلوا بمراقبة الإنتخابات من البداية إلى النهاية وحتى قبل وبعد الإنتخابات”.

صرح عارف أن هناك بعض المؤسسات تم دعوتها للمراقبة على الإنتخابات من قبل الهيئة وبعض المؤسسات الأخرى تقدمت بطلب للمراقبة.

فالمؤسسات التي تقدمت بطلب للمراقبة يجب أن تحصل على إعتماد من الهيئة الإندونيسية لمراقبة الإنتخابات ومن وزارة الخارجية الإندونيسية.

وبالنسبة للمؤسسات التي تمت دعوتها من قبل الهيئة العامة للإنتخابات فسوف يأتون قبل البداية لحضور محاضرة عن الشؤون الإنتخابية في إندونيسيا ثم نشاطات المراقبة ثم ينتهون من أعمالهم عند عرض النتائج.

وأكد عارف أنه منذ إنتخابات عام 1999 هناك جهات تراقب وذلك لضمان شفافية وجودة الإنتخابات.

قال عارف: “لدينا بعض الأهداف من دعوة المؤسسات للمراقبة ، منها ضمان جودة العمل حيث أنه عندما يشعر الموظف أن أحدًا يراقب عمله سوف يكون أكثر تركيزًا وحذرًا وأيضا حتى نعطي رسالة للعام أن إنتخاباتنا مفتوحة للجميع”.

المترجم : محمد علي | المصدر: وكالة سي إن إن الإخبارية


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan pihaknya hanya akan menempatkan pemantau Pemilu 2019 dari luar negeri di tempat pemungutan suara (TPS) di Jakarta.

Arief menyampaikan hal itu dilakukan karena keterbatasan sumber daya manusia KPU pada Hari-H pemungutan suara.

“Karena hari pemungutan suara kan pasti hari yang sangat sibuk bagi KPU. Jadi kita apa silakan lihat di TPS di sekitar wilayah Jakarta,” kata Arief di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (26/3).

Penempatan pemantau pemilu, kata Arief, akan dibagi oleh KPU. Namun tak menutup kemungkinan jika lembaga bersangkutan mengajukan tempat pemantauan.

Nantinya di setiap TPS akan dikunjungi oleh sekitar 20 delegasi lembaga pemantau pemilu dari dalam dan luar negeri.

“Kami persilakan mereka mau memantau dari awal sampai akhir, sebelum pemilu, sampai setelah pemilu, silakan saja,” ujarnya.

Arief menuturkan lembaga pemantau pemilu dari luar negeri ada yang merupakan undangan KPU, ada juga yang mengajukan sendiri ke KPU.

Lembaga tersebut diharuskan mendapat akreditasi dari Bawaslu dan mendapat rekomendasi dari Kemenlu.

Untuk undangan KPU, mereka akan mengikuti rangkaian acara yang dimulai dengan seminar internasional terkait kepemiluan di Indonesia. Lalu pemantauan saat hari pencoblosan. Kemudian ditutup dengan pemaparan hasil pemantauan pemilu.

Dia menyampaikan pelibatan pemantau asing sudah berjalan sejak Pemilu 1999. Indonesia sengaja melakukan hal sebagai transparansi dan upaya meningkatkan kualitas pemilu.

“Dengan berbagai macam tujuan, biasanya kita ini kalau dilihat orang maka kerjanya akan lebih hati-hati. Kedua untuk menyampaikan pesan pemilu kita terbuka untuk siapapun,” ujar Arief.

Penerjemah: Mohamed Ali | Sumber: cnnindonesia.com

تعليقات
Loading...