تقارب سوسيلو بامبانغ يودويونو وبرابوو

SBY-Prabowo Makin Dekat, PKS Kian Yakin #2019GantiPresiden

0 429

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – رحب رئيس الإدارة العامة لحزب العدالة والرفاهية، مارداني علي سيرا، بنتائج الاجتماع بين برابوو سوبيانتو وسوسيلو بامبانغ يودويونو. وقال إن هذا الاجتماع يجعل الحزب الديمقراطي يقترب من الانضمام لائتلاف أحزاب غيرندرا والعدالة والرفاهية والأمانة الوطنية.

قال سوسيلو أن الائتلاف مع أحزاب غيرندرا والعدالة والرفاهية والأمانة الوطنية مفتوح على نطاق واسع في مواجهة الانتخابات الرئاسية عام 2019.أعرب عن ذلك بعد لقاء السيد برابوو في مقر إقامته.

“كان اللقاء جيد وزاد اعتقادنا بـ# 2019تغيير الرئيس”. قال مرداني عندما اتصلت به صحيفة سي إن إن إندونيسيا دوت كوم مساء الثلاثاء (24/7).

وهو يعتقد بأن # 2019تغيير الرئيس سيتحقق لأن الدعم سيزداد من العناصر القوية. علاوة على النخب سيكون هناك دعم لهذا الشعار إذا انضم الديمقراطي بالفعل إلى الائتلاف.

“موجة #2019تغيير الرئيس على مستوى القاعدة الشعبية ترتبط بشكل متزايد مع العملية السياسية للنخب”، كما قال.

وأكد مارداني على أن الاجتماع بين سوسيلو وبرابوو انحصر في خمس قضايا وطنية ولما يؤكد بعد موقفه من ائتلاف الاحزاب الثلاثة. إنه يتفهم أن كل شيء يمكن أن يتغير. ومع ذلك، فهو لا يزال يرحب بالاتصالات السياسية بين الديمقراطي و غيريندرا.

قال مارداني: “كل شيء قد يتغير لكن هذه الخطوة جيدة لنا.”

وكان سوسيلو قد عقد اجتماعا مع برابوو في منزله، في ميغا كونينغان، جاكرتا، ليلة الثلاثاء (24/7). وقال سوسيلو أن التحالف مع حزب غيريندرا مفتوح على نطاق واسع لمواجهة الانتخابات الرئاسية 2019.

“يجب أن أقول أن الطريق إلى بناء التحالف مفتوح على نطاق واسع، وخصوصا بعد أن اتفقنا على تذليل العقبات التي تعاني الدولة منها في من خلال خطة خمسية”، قال سوسيلو بعد لقاء رئيس عام حزب غيرندرا، برابوو، في مقر إقامة سوسيلو في ميجا كونينجان، جنوب جاكرتا، الثلاثاء (24/7 ).

واردف سوسيلو إنه والسيد برابوو اتفقا على خمس قضايا وطنية في السنوات الأربع الماضية. من بينها: الاقتصاد ورفاهية الشعب والسياسةوسيادة القانون والوحدة والسلام، وكذلك أيديولوجية الدولة.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: سي إن إن إندونيسيا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera menyambut baik hasil pertemuan Prabowo Subianto dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Menurutnya pertemuan ini membuat Demokrat semakin dekat untuk bergabung dalam koalisi Gerindra, PKS, dan PAN.

Sebelumnya, SBY mengatakan koalisi dengan Gerindra, PKS, dan PAN terbuka lebar dalam menghadapi Pilpres 2019. Dia mengutarakan hal tersebut usai bertemu Prabowo di kediamannya.

“Menyambut baik dan kian yakin #2019GantiPresiden,” kata Mardani saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa malam (24/7).

Mardani yakin #2019GantiPresiden bakal terealisasi karena semakin banyak kekuatan yang mendukung. Terlebih, di tingkat elit pun bakal semakin banyak yang mendukung slogan tersebut andai Demokrat benar-benar bergabung dalam koalisi.

“Gelombang #2019GantiPresiden di level grassroot kian nyambung dengan proses politik di elit,” katanya.

Mardani mengamini bahwa pertemuan SBY dan Prabowo baru menyepakati lima isu nasional atau belum sepakat berkoalisi. Dia paham segalanya masih bisa berubah. Namun, dia tetap menyambut baik progres komunikasi politik antara Demokrat dengan Gerindra.

“Semua masih mungkin berubah, tapi langkah yang kian dekat ini baik bagi kami,” ucap Mardani.

Sebelumnya, SBY mengadakan pertemuan dengan Prabowo di rumahnya di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Selasa malam (24/7). SBY menyatakan bahwa koalisi dengan Gerindra terbuka lebar untuk menghadapi Pilpres 2019.

“Saya harus mengatakan jalan membangun koalisi terbuka lebar apalagi setelah kami berdua sepakat atas apa yang menjadi persoalan bangsa lima tahun ke depan,” kata SBY usai bertemu Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di kediaman SBY di Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan, Selasa (24/7).

SBY lalu mengatakan dirinya dengan Prabowo telah menyepakati lima isu nasional dalam 4 tahun terakhir. Lima isu yang dimaksud antara lain seputar ekonomi dan kesejahteraan rakyat, politik, hukum, persatuan dan kerukunan bangsa, serta ideologi dan dasar negara.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor:  Talal Al-Shaiqi | Sumber:  CNNIndonesia

اترك رد

لن يتم نشر عنوان بريدك الإلكتروني.