إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

حديقة سوكاوانا للشاي الطازج في ليمبانج

Segarnya Kebun Teh Sukawana Di Lembang

- الإعلانات -

0 279

باندونج، إندونيسيا اليوم الرحلة إلى حديقة شاي سكاوانا ليمبانج رحلة لذيذة، في البداية كنا نحن والأصدقاء نزور شلال بوغ بروغ، قرب شوروع شيماهي. لكنه  مغلق، ربما بسبب الانهيارات الأرضية. وأخيرا، قررنا الذهاب  إلى مزرعة الشاي في سوكاوانا التي لم نزرها من قبل.

هل ذهبت إلى حديقة الشاي في رانكابالي في شيويدي؟ إنها أنيقة وجميلة،  أليس كذلك؟ لذا فإن مزرعة شاي سوكاوانا لا تقل جمالا عن غيرها من المزارع كما أنها تتميز بالجمال والجاذبية.

حديقة سوكاوانا للشاي
حديقة سوكاوانا للشاي

تُدار مزرعة سوكاوانا للشاي من قبل شركة نوسانتارا للزراعة، وتتضمن  مزرعة بوكيت أونغول بسوكاوانا. كانت المنطقة تعرف باسم بانغهيوتان. ويقال أن هذا الاسم جاء من اسم فان هوتان، وهو هولندي كان يملك مزرعة هنا.

والآن وضعت شركة نوسانتارا اسم سوكاوانا إشارةً إلى منطقة مزرعة الشاي، ويوجد بها مصنع لتصنيع الشاي. ويقال إن الشاي المصنوع  هنا يصدر إلى الخارج.

حديقة سوكاوانا للشاي
حديقة سوكاوانا للشاي

تقعسوكاوانا للزراعة الشاي بكرباوانغي ، باورونغ بونغ. موضع حديقة الشاي سوكاوانا نفسها قريب جداً من مدينة باندونج. إذا كان من منطقة جامعة إندونيسيا التربوية في ليدينج، على بعد  15 كم فقط من الجامعة، لكن  الأخيرة  الطريق بمسافة 2-3 كيلومترات غير معبّد .

كما أن علامة الطريق المتجه إلى  المزرعة واضحة تمامًا. يمكنك استخدام الطريق الرئيسة أو البديل في اتجاه بارونغ بونغ. إذا بذأت السفر من ليمبانج، يجب عليك أن تتجه بارونغ بونغ. من تقاطع تي بارونغ بونغ – ليمبانج، ستشاهد المسجد حوالي 3 كم على اليمين. وليس بعيدا عن المسجد، سترى التقاطع على اليمين الذي يؤدي إلى  سوكاوانا.

ولا توجد وسائل نقل عام في هذه المنطقة، إلا محطة دراجات نارية للأجرة في تقاطع بارونغ بونغ وفي داخل المزرعة. وإذا كنت تمر عليها، فإنها تكون في ساعات معينة فقط. والطريق غير معبّد ، ولكن الدراجات النارية أو السيارات عالية السرعة تتمكن من أن تسير عليها. وسعر تذكرة دخول مزرعة شاي سوكاوانا رخيص جدا فقط تدفع خمسة آلاف تتضمن الدراجات النارية التي تستقلها.

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: طلال الشايقي | المصدر: ناتيف إندونيسيا


Bandung, Indonesiaalyoum.com – Perjalanan ke kebun teh Sukawana Lembang ini sebenarnya tidak disengaja. Awalnya kami bareng teman ingin berkunjung ke curug bugbrug, dekat Curug cimahi. Tapi ternyata ditutup, mungkin karena longsor. Akhirnya kita putusin buat ke perkebunan teh Sukawana saja, kebetulan memang belum pernah ke sini. Pernah ke kebun teh Rancabali di Ciwidey? Rapi dan indah bukan? nah perkebunan teh Sukawana juga tidak kalah indahnya lho, rapi pula.

Kebun Teh Sukawana berada di bawah PTPN VIII, termasuk dalam kebun Bukit unggul, bagian Sukawana. Sebelumnya, area ini dikenal dengan nama ‘pangheotan‘. Katanya, nama ini berasal dari nama Van Houten, seorang meneer Belanda yang memiliki perkebunan disini.

Sekarang, PTPN VIII lebih mengangkat nama Sukawana untuk menyebut daerah perkebunan teh ini.Di sini, terdapat juga pabrik pengolahan teh. Katanya, hasil olahan teh dari sini lebih diutamakan untuk export.

Kebun teh Sukawana berada di Karyawangi, Parongpong. Lokasi kebun teh Sukawana sendiri lumayan dekat dari kota Bandung. Jika dari area Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Ledeng, ke lokasi jaraknya hanya sekitar 15 KM saja. Hanya saja di 2-3 KM terakhir jalannya cukup jelek. Waktu di perjalanan akan lumayan banyak habis disini.

Patokan jalan menuju lokasi juga cukup jelas sebetulnya. Kita bisa menggunakan jalan utama ataupun alternatif ke arah Parongpong. Jika dari arah Lembang, arahkan kendaraan ke arah parongpong. Dari pertigaan Lembang-Parongpong, kurang lebih 3 KM akan terlihat Mesjid di sebelah kanan. Nah tidak jauh dari situ terdapat pertigaan ke arah Sukawana di sebelah kanan.

Di daerah ini tidak ada angkutan umum ke daerah ini. Hanya terdapat pangkalan ojek di pertigaan parongpong dan di lokasi. Kalaupun ada sepertinya di jam-jam tertentu saja. Kondisi jalan lumayan rusak, tapi masih bisalah dilalui motor atau mobil yang rada tinggi. Saya sendiri menggunakan motor Nmax, dan masih bisa sampai ke lokasi (rada maksain motor dikit). Harga tiket masuk kebun teh Sukawana cukup murah. Anda cukup membayar Rp. 5.000 sudah termasuk biaya masuk motor, jika anda kebetulan membawa motor.

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Talal Al-Shaigi | Sumber: nativeindonesia

(19)

تعليقات
Loading...
Click Me