حكومة جاوى الغربية تتعاون مع المستثمرين من الدول الإسلامية

Pemprov Jabar Jalin Kerja Sama dengan Investor Negara Islam

0 601

 

باندونغ، إندونيسيا اليوم – تعاونت حكومة مقاطعة جاوى الغربية وممثل مكتب بنك إندونيسيا في جاوى الغربية مع المستثمرين من الدول الإسلامية والشرق الأوسط في مجال التنمية. هذه الدول مدرجة في البنك الإسلامي للتنمية والمؤسسة الإسلامية لتنمية القطاع الخاص ومنتدى أعمال مجموعة البنك الإسلامي للتنمية.

 

قال المبعوث الخاص لرئيس إندونيسيا للشرق الأوسط، علوي شهاب، أنه من خلال منتدى الاستثمار في جاوى الغربية الذي عقد في جيدونغ ساتي يوم الجمعة (10/6)، عرضت حكومة جاوى الغربية أيضا عددا من المشاريع التي يمكن أن تتعاون مع المستثمرين من الدول الإسلامية، منها مشاريع البنية التحتية والطاقة والسياحة.

 

وأضاف ألوي في جيدونغ ساتي، يوم الجمعة (10/6): “يقدم البنك الإسلامي للتنمية 5 مليارات دولار أمريكي مخصصة لإندونيسيا، سواء كانت حكومية أو خاصة، والتي يتعين علينا متابعتها، وهي مشاريع قابلة للتمويل”.

وأكد علوي على أن الاموال يجب أن تكون مجدية. وبالتالي، فإن الأموال ليست عاطلة لتمويل المشاريع الحكومية والخاصة. قد أثبت هذا المنتدى أن جاوى الغربية مكان مناسب للاستثمار ووجهة جيدة. قد أصبحت جاوى الغربية مكان اهتمام لدى رجال الأعمال في الشرق الأوسط لأن فيها ثقافة وعادات مشتركة، مقارنة مع بالي.

 

 

في نفس المكان، قال نائب محافظ لجاوى الغربية ديدي ميزوار أن هناك عددا من مشاريع التنمية في جاوى الغربية، منها البنية التحتية للنقل في شكل قطار لرت في باندونغ رايا وسيريبون وبناء عدد من الطرق.

 

كما أشار إلى أن جاوى الغربية لديها أيضا مشروع تطوير مطار جاوى الغربية الدولي في ماجالينجكا وخطط بناء المطارات الأخرى في بانجانداران إلى سوكابومى. وقال “حتى في المستقبل ينمو الكثير من المعالم السياحية في جاوى الغربية”

 

وأضاف ديدي ميزوار أنه فقد حان الوقت لجاوى الغربية لتطوير سياحة الحلال أو سياحة الحلال العالمية. فسياحة الحلال لديها سوق واسعة وإمكانات. بالإضافة إلى السياح المسلمين، إنها متاحة أيضا للمسافرين الآخرين الذين يريدون جولات خاصة للأسرة.

المترجم: جيمي هينديكو

المصدر: صحيفة ريبفوليكا

BANDUNG, INDONESIAALYOUM.COM — Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat menjalin kerja sama di bidang pembangunan dengan para investor dari negara Islam dan Timur Tengah. Mereka, tergabung dalam Islamic Development Bank (IDB), Islamic Corporation for the Development of the Private Sector (ICD), dan IDB Group Business Forum THIQAH.

Menurut Utusan Khusus Presiden RI untuk Timur Tengah, Alwi Shihab, melalui forum investasi Jawa Barat yang dilaksanakan di Gedung Sate, Jumat (6/10), Pemerintah Jawa Barat menjelaskan lebih jauh sejumlah proyek yang dapat dikerjasamakan dengan para investor dari negara Islam tersebut. Yakni, mulai dari proyek infrastruktur, energi, sampai pariwisata.

“IDB menyediakan alokasi 5 miliar dolar Amerika untuk Indonesia, baik untuk pemerintah atau swasta. Ini yang harus kita kejar, yaitu proyek-proyek yang bankable,” ujarAlwi di Gedung Sate, Jumat (6/10).

Alwi mengatakan, dana tersebut harus layak. Jadi, dana tersebut tak menganggur untuk membiayai proyek pemerintah dan swasta. Forum ini, menyatakan Jabar menjadi tempat investasi sekaligus destinasi yang baik. Jabar menjadi tempat yang diminati para pengusaha Timur Tengah karena memiliki kesamaan kultur dan kebiasaan, dibandingkan dengan Bali.

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan, terdapat banyak proyek pembangunan di Jawa Barat. Yakni, dari mulai infrastruktur transportasi berupa LRT di Bandung Raya dan Cirebon, sampai pembangunan sejumlah ruas jalan tol.

Jawa Barat pun, kata dia, memiliki proyek pembangunan Bandarudara Internasional Jawa Barat di Majalengka dan rencana pembangunan bandara lainnya di Pangandaran sampai Sukabumi. “Sehingga ke depannya tumbuh kepariwisataan yang banyak dan beragam di Jawa Barat,” katanya.

Deddy Mizwar mengatakan, kini saatnya Jawa Barat mengembangkan halal tourism atau pariwisata halal tingkat dunia. Halal tourism ini memiliki pasar dan potensi yang luas. Selain untuk wisatawan muslim, juga untuk wisatawan lainnya yang menginginkan wisata ramah keluarga.

Penerjemah: Jemmy Hendiko/Republika.co.id

 

تعليقات
Loading...