حكومة منطقة باتانج بدأت في التركيز على تطوير السياحة خاصة في بانتورا

Kabupaten Batang Mulai Giatkan Pembangunan Wisata di Pantura

0 594

جاكرتا، اندونيسيا اليوم– بدأت حكومة باتانج ، الواقعة في مقاطعة جاوا الوسطى ، بالتركيز على تنمية السياحة. بدأ ببناء مرافق الوصول ، والسكن ، والجذب لهذا العام. –

يحمل شعارًا “زيارة باتانج عام 2022 جنة آسيا , و تستهدف حكومة باتانج ذلك العام لتكون هذه المنطقة وجهة سياحية على المستوى الدولي.

قد يهمك: بانكولو الجنوبية تطور قرية سياحية

قال أمير منطقة باتانج ويهاجي “نبدأ بالتركيز في السياحة ، لأن باتانج لديها ميزة مع جمالها الطبيعي. هدفنا وفقا للشعار 2022 لتكون هذه المنطقة جنة آسيا”.

و قد تم تنظيم العديد من السياسات لتحقيق هذه الرؤية.

وبالتأكيد سوف تتعاون الحكومة مع وزارة السياحة و وزارة الشباب و الرياضة في وضع جدول أعمال إعادة التخطيط لسياحة باتانج.

بدءا من تطوير المرافق مثل فندق خمس نجوم. لأن واحدة من نقاط الضعف في منطقة باتانج ليس لديها فندق ثلاث نجوم وما فوقها.

قد يهمك: شيخ الأزهر يصحح فهم كياي حاج سعيد عقيل سراج عن الإسلام

“خطتنا في بناء فندق نجم كبير ، وهو مرتبط بالمركز التجاري والاستراتيجي للجوالة. وقال ويهاجي أن في عام 2019 نأمل أن يتم بناؤه.

وكذلك مرافق السفر إلى عدة وجهات ذات أولوية سيتم تنظيمها ، وخاصة حول بانتورا . و نأمل أن يتم التواصل بين السفر البري والبحري والجوي.

“و يجري أيضا إصلاح بعض مرافق السفر إلى الوجهات السياحية. وقال: “من طريقة ربط الوصول البري والبحري والجوي من خلال بناء مطارات رائدة ، والنقل العام من محطة بيكالونجان”.

وقال ويهاجي إن خط بانتورا هو أصل لا بد من استفادة منه . عادة ما يبدأ المسافرون في البحث عن المعلومات السياحية عند المغادرة لزيارة العائلات ، و يقومون بزيارة أماكن السياحة عند العودة .

“سنقوم بفتح مجموعات متنوعة من سياحة بانتورا ، وسيكون هناك مهرجان السياحة في وقت لاحق في ،”

قد يهمك: إفينجيرس: إنفينيتي وار تتجاوز 1 مليار دولار أمريكي

وقال واهيو بودي سانتوسو رئيس وزارة السياحة و وزارة الشباب و الرياضة أيضا ، أنها بدأت في إعادة تصميم السياحة في باتانج مع قمة الهدف 2022.

“نحن الآن بصدد وضع خطة الأعمال لتحديد الوجهات الرئيسية في باتانج ، بدءا من سياحة باجيلارانج ، والشواطئ المختلفة ، و شلالات ، وجهات أخرى . و بدأ يدخل الاستثمار في تطوير السكن ، وصول تم إرساله بالفعل ، وبدأت تدخل بعض الأطراف التي ترغب في الاستثمار في بناء السكن . و أما الوصول فقد تم طلبه من قبل المسؤول .

ويهدف وهاجي إلى أن التنظيم والتعزيز المؤسسي يمكن أن يكتمل هذا العام. بالإضافة إلى ذلك ، فإن بناء العديد من الوجهات الرئيسية يستمر في العمل.

في عام 2017 ، وصل عدد السياح المحليين الذين وصلوا إلى باتانج إلى 447،000 شخص. في حين أن عدد السياح الأجانب لا يزال في الحد الأدنى.

قد يهمك: NU’EST ألغت حفلا موسيقيا في جاكرتا

المترجمة :مايا يونياتي | المحرر: فارس البدر | المصدر: كومباس

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Kabupaten Batang, Jawa Tengah mulai fokus pada bidang pariwisata. Akses, amenitas (penginapan), dan atraksi wisata mulai dibangun tahun ini.

Mengusung tagline Visit Batang Year 2022 Heaven of Asia, Batang menargetkan di tahun tersebut akan menjadi destinasi tingkat dunia.

“Kita mulai berfokus ke pariwisata, karena Batang punya keunggulan dengan keindahan alamnya. Target kita sesuai tagline 2022 jadi surganya Asia,” tutur Wihaji selaku Bupati Batang saat dikunjungi KompasTravel di rumah dinasnya, Jumat (4/5/2018)

Beberapa kebijakan pun disusun untuk mewujudkan visi tersebut.

Dari segi pemerintahan, ia bersama Dinas Pemuda Olahaga dan Pariwisata (Disporapar) berencana membuat road map perencanaan ulang untuk pariwisata Batang.

Mulai dari pembangunan amenitas yaitu hotel berbintang. Karena salah satu kelemahan Batang tidak punya hotel bintang tiga ke atas.

“Rencana kita akan groundbreaking satu hotel besar berbintang, yang terkoneksi dengan mall dan strategis untuk wisata. Tahun 2019 semoga sudah mulai dibangun,” ujar Wihaji.

Akses ke beberapa destinasi prioritas pun akan dibenahi, terutama di sekitar Pantura. Ambisinya mengoneksikan antara akses darat, laut dan udara.

“Beberapa akses ke destinasi wisata juga sedang kita tata. Penyambungan darat, laut, dan udara salah satunya dengan membangun bandara perintis, dan angkutan pemandu moda dari Stasiun Pekalongan,” tuturnya.

Wihaji mengatakan jalur Pantura jadi aset yang wajib dimanfaatkan. Para pemudik biasanya mulai mencari informasi wisata saat berangkat, dan berkunjung pada arus balik

“Kita bersiap dengan paket-paket wisata Pantura, dan ada event festival pariwisata nanti di Pantura,” kata Wihaji.

Selaras dengan Bupati, Kepala Disporapar Batang, Wahyu Budi Santoso mengatakan pihaknya mulai merancang ulang pariwisata di Batang dengan target tahun 2022 tesebut.

“Saat ini kita sedang membuat road map destinasi-destinasi utama di Batang, mulai dari Pagilaran, berbagai pantai, curug, dan destinasi pendukungnya. Investasi penginapan mulai masuk, akses sudah diajukan,” ujar Wahyu di Pantai Cemoro Sewu, Kamis (3/5/2018).

Wihaji menargetkan tahun ini regulasi dan penguatan kelembagaan bisa tuntas. Selain itu, pembangunan beberapa destinasi utama juga tetap berjalan.

Tahun 2017 lalu, wisatawan nusantara yang datang ke Batang 447.000 orang. Sedangkan wisatawan mancanegara masih sangat minim.

“Wisman hanya mengandalkan para pekerja di PLTU yang mayoritas orang Jepang,” terang Wihaji.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Fares alBadr | Sumber: kompas.com

تعليقات
Loading...