حكومة جاياويجايا تخطط عرض برنامج ثقافي ليمباه بالييم

Pemkab Jayawijaya Agendakan Pertunjukan Budaya Lembah Baliem

0 625

وامينا، اندونيسيا اليوم – تخطط حكومة جاياويجايا، بابوا، رقصات محددة وفن وعروض ثقافية لأهالي ليمباه بالييم، في مبنى أوكوميارك آسو، 15-17 مايو، 2018، لتحسين فهم المجتمع المحلي للقيم الثقافية

قال رئيس الثقافة والسياحة في جاياويجايا، ألفيوس ويتيبو في وامينا، عاصمة جاياويجايا، إن تزويد المشاركين بالمعلومات قد تم في مارس

وقال: “هذه المتابعة لتدريب المدربين ومعلمي الفنون الذين قمنا بذلك من خلال هذا النشاط، حيث يمكن للمشاركين ممارسة المعرفة المكتسبة من خلال إشراك مجموعات الرقص التي يتم تعزيزها مباشرة

وأثنا جدول عرض البرنامج، سيكون هناك أيضا ندوة ثقافية من خلال تقديم علماء الآثار والمجالس العرفية وكذلك ممثلي الحكومة

وترتبط إحدى المواد التي سيتم عرضها في الندوة بثقافة الحرب التقليدية التي أصبحت عرفًا للشعوب الأصلية في هذه المنطقة

من خلال هذا النشاط، نريد أن نفهم الجمهور حول الثقافة في ليمباه، وخاصة لمنطقة بالييم، من خلال هذا النشاط نأمل أن يكون هناك تطور في الفن الثقافي ليصبح كائنًا سياحيًا محافظًا بشكل مستمر.” كما أكد هذا الأمر

وقال ألبيوس إن المعرض الفني والثقافي هو أجندة كبيرة لعام 2018، بالإضافة إلى المهرجان السنوي الذي سيعقد في أغسطس، وهو مهرجان ليمباه بالييم الثقافي

وقال: “سنعرف الجمهور قبل طباعة كتاب محادثة باللغة البالييمية. سيطبع هذا الكتاب رسميا خلال مهرجان ليمباه بالييم في أغسطس

المترجم : أحمد شكري | المحرر : فارس البدر | المصدر: وكالة أنتارا

Wamena, Indonesiaalyoum.com – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, mengagendakan pertunjukan tari, seni dan budaya masyarakat Lembah Baliem, di Gedung Ukumiarek Asso, 15-17 Mei 2018, guna meningkatkan pemahaman masyarakat setempat terkait nilai-nilai kebudayaan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayawijaya Alpius Wetipo di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Sabtu, mengatakan pembekalan bagi peserta sudah dilakukan pada Maret lalu.

“Ini tindak lanjut dari pelatihan para pelatih dan guru seni yang sudah kami lakukan. Jadi melalui kegiatan ini peserta dapat langsung mempraktikkan ilmu yang diperoleh dengan mengikutsertakan kelompok tari yang dibina,” katanya.

Di sela-sela jadwal pertunjukan tersebut, juga akan diselenggarakan seminar budaya dengan menghadirkan pemateri arkeolog, dewan adat dan juga perwakilan pemerintah.

Salah satu materi yang nantinya disajikan dalam seminar adalah terkait budaya perang tradisional yang telah menjadi kebiasaan masyarakat adat di wilayah ini.

“Melalui kegiatan itu, kami ingin berikan pemahaman kepada masyarakat luas tentang budaya yang ada di lembah. Dan khusus buat masyarakat Baliem, melalui kegiatan ini kami harap bisa ada pengembangan seni budaya menjadi objek wisata yang dilestarikan secara terus-menerus,” katanya.

Alpius mengatakan pertunjukan seni dan budaya itu merupakan agenda besar 2018, selain festival tahunan yang akan diselenggarakan pada Agustus, yaitu Festival Budaya Lembah Baliem.

“Kami akan memperkenalkan kepada masyarakat, pra cetak buku percakapan Bahasa Baliem. Buku tersebut akan resmi dicetak pada saat pelaksanaan Festival Budaya Lembah Baliem Agustus,” katanya.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: Antara

تعليقات
Loading...