إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

حيدر ناصر يأمل من قادة جمعية المحمدية أن يكون قدوة

Haedar Nasir Berharap Tokoh Muhammadiyah Jadi Teladan

496

بوروكيرتو ، إندونيسيا اليوم – قال مدير عام جمعية المحمدية، حيدر ناصر، يتوقع من قادة المحمدية الذين يشاركون في السياسة أن يكونوا قدوة . يجب أن تكون شخصيات جمعية المحمدية رجال دولة ويقدمون الأولوية لمصالح الأمة.

وقال إن المحمدية لديها العديد من الشخصيات، وهم محترفون لأنهم يتمتعون بثقافة واسعة. ومنهم من تولى منصب في السلطة التنفيذية، وفي السلطة التشريعية، وفي السلطة القضائية.

يجب على قادة المحمدية تقديم الأولوية لمصالح الأمة فوق المصالح الشخصية والجماعية. وقال في بوروكيرتو، بانيوماس ريجينسي، جاوة الوسطى، السبت (15/7): “لذا ، آمل أيضا أن يقدموا الإنجازات في الحياة الوطنية أينما كانوا”.

هذا ما قاله حيدر للصحافيين بعد وضع حجر الأساس لمبنى الإدارة الإقليمية لجمعية المحمدية في منطقة بانيوماس، مبنى المدرسة الثانوية المحمدية 1 بوروكيرتو، والاجتماع مع مجتمع المحمدية في منطقة بوروكيرتو.

وفيما يتعلق بموقفه تجاه الانتخابات الرئاسية عام 2019، قال إن محمدية ما زالت على خطها الأساس وهو عدم المشاركة باسمها في الشؤون السياسية العملية. لأن هذه الشؤون من اختصاص الأحزاب السياسية.

اقرأ أيضا: طبيب إنسان

لكنه قال إن المحمدية تشجع أعضاء المنظمات الإسلامية والمواطنين الإندونيسيين الآخرين على أن يكونوا ناخبين أذكياء ومسؤولين. وبهذا يمكن للعملية الديمقراطية أن تنتج قادة من رجال الدولة ويمكنهم التقدم في إندونيسيا.

ووفقا له، فإن إندونيسيا في بعض الأشياء لا تزال متخلفة من الدول الأخرى . أحدها كرواتيا التي يبلغ عدد سكانها أربعة ملايين نسمة.

وانفصلت كرواتيا عن الاتحاد اليوغسلافي في عام 1991 ونجحت في الوصول إلى نهائيات كأس العالم 2018. وقال: “إن الاندونيسيين الذين يبلغ تعدادهم ٢٥٠ مليون نسمة و مساحتها كمساحة الشرق الأوسط إلى أوروبا لم يتمكنوا من ذلك”.

لذلك،يجب أن يكون هناك التزامًا جماعيًا لجميع قوى الأمة. وهذا يشمل الأحزاب السياسية من خلال اتخاذ إجراءات سياسية حثيثة  تضمن تقدم إندونيسيا.

نؤكد لجميع الأطراف بأن المحمدية لن تتوقف أبداً عن اتخاذ كل ما من شأنه أن يرفع الأمة والدولة في أي وضع سياسي.

ومع ذلك ، فإنه يأمل، ومن وجهة نظر إيجابية، أن تكون السياسة، بما في ذلك الانتخابات الإقليمية هذا العام والانتخابات الرئاسية لعام 2019، ليست مجرد منافسة سياسية لمواقع السلطة. بل منبرا لإثراء التنافس السياسي الشريف، سعيا لبناء اندونيسيا متقدمة.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: ريفوبليكا


Purwokerto, Indonesiaalyoum.com –  Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nasir mengharapkan tokoh-tokoh Muhammadiyah yang berkiprah dalam politik dapat menjadi teladan. Tokoh Muhammadiyah harus menjadi sosok yang negarawan dan mengutamakan kepentingan bangsa.

Ia mengatakan Muhammadiyah memiliki banyak tokoh dan mereka merupakan profesional karena lahir dalam budaya maju. Di eksekutif, di legislatif, di yudikatif, dia berharap para tokoh Muhammadiyah menjadi teladan dan menjadi elite-elite bangsa yang negarawan.

Tokoh Muhammadiyah harus mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan kelompok. “Jadi, saya harapkan juga untuk terus maju berkiprah dalam kehidupan kebangsaan itu di mana pun berada,” katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (15/7) sore.

Haedar mengatakan hal itu kepada wartawan usai peletakan batu pertama pembangunan gedung Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Banyumas, gedung Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 1 Purwokerto, dan Silaturahmi Warga Muhammadiyah Kabupaten Banyumas di Purwokerto.

Terkait dengan sikap menjelang Pilpres 2019, dia mengatakan, Muhammadiyah tetap pada garis khitahnya dengan tidak terlibat dalam urusan politik praktis. Sebab, urusan tersebut berada dalam wilayah partai politik.

Akan tetapi, kata dia, Muhammadiyah mendorong warga organisasi Islam itu maupun warga negara Indonesia lainnya untuk menjadi pemilih yang cerdas dan bertanggung jawab. Sehingga, proses demokrasi bisa menghasilkan para pemimpin yang negarawan serta bisa memajukan Indonesia.

Menurut dia, bangsa Indonesia di sejumlah hal masih ketinggalan dengan bangsa-bangsa lain. Salah satunya, ia mengatakan, tertinggal dari Kroasia yang jumlah penduduknya sekitar empat juta jiwa.

Kroasia memisahkan diri dari Uni Soviet pada 1991 dapat masuk final Piala Dunia 2018. “Masak Indonesia yang (penduduknya) 250 juta dan (luas wilayahnya) seluas bentangan dari Timur Tengah sampai Eropa itu, kok, tidak bisa,” katanya.

Karena itu, kata dia, perlu menjadi komitmen kolektif dari seluruh kekuatan bangsa. Ini termasuk partai politik dengan menjadikan konstentasi politik berjalan untuk membangun Indonesia lebih unggul.

Ia berpesan untuk semua pihak bahwa Muhammadiyah tidak akan pernah berhenti untuk berkiprah bagi bangsa dan negara dalam situasi politik apa pun.

Akan tetapi, dia berharap, dengan pandangan yang positif bahwa politik, termasuk pilkada pada tahun ini dan Pilpres 2019, bukan hanya kontestasi politik memperebutkan posisi kekuasaan. Kontestasi politik merupakan sarana untuk membangun Indonesia menjadi lebih unggul.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor:  Talal alSahiqi | Sumber: Republika

(24)

تعليقات
Loading...
Click Me