ريو تينتو يفتح سعر 3.5 مليار دولار للفائدة المشتركة 40 % في فريبورت

Rio Tinto Buka Harga USD3,5 M untuk 40% PI di Freeport

0 868

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – أعلن ريو تينتو أخيرا ترويج الأسعار على حصة الفائدة المشتركة 40 % التي يمتلكها في شركة فريبورت اندونيسيا. أعلن ريو تينتو في موقعه الرسمي riotinto.com على أن السعر المعروض لشراء حصة المشاركة 40 % بلغت 3.5 مليار دولار )حوالي 49 تريليون روبية، في مقابل الدولار 14.000 روبية/ الدولار الأمريكي).

من المخطط، أن الحكومة الإندونيسية من خلال حيازة المنجم المملوك للدولة وهي شركة إنلوم، ستشتري حقوق المشاركة، كوسيلة للسيطرة على51 % من الأسهم التي يجب أن يتوقف من الاستثمار في فريبورت.

كما أخبرت الشركة التي نقلتها سيندونيوز في جاكرتا، الأربعاء “لاحظ ريو تينتو تقارير عن احتمال الشراء من قبل شركة الإندونيسية (أساهان الألومنيوم ((إينالوم) على حق مشاركة ريو تينتو في منجم جراسبيرج إندونيسيا بلغ 3.5 مليار دولار” (23/5 / 2018).

وأكد ريو تينتو أيضا أن المناقشات بين فريقه وإينالوم وفريبورت لا تزال جارية. هذه المناقشة تشمل أيضا السعر المعروض. وقال “لم يتم الاتفاق ولم يكن فيه يقين من توقيع اتفاق ملزم.”

كما ذكرت سابقا، قررت الحكومة ممثلة في وزارة الطاقة والثروة المعدنية (ESDM) لشراء حقوق المشاركة مع ريو تينتو في شركة فريبورت إندونيسيا وذلك للاستحواذ على حصة 51 % يتم تجريدها من شركة فريبورت إندونيسيا (PTFI).

تم اعتماد هذه الطريقة لأنه حتى الآن فإن الحكومة لم تتفق مع فريبورت بشأن وجوب سحب الاستثمار الذي يجب أن تفعلها الولايات المتحدة.

المترجم: أحمد شكري | المحرر: فارس البدر | المصدر:  سيندونيوز


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Rio Tinto akhirnya mengumumkan penawaran harga atas 40% hak partisipasi (participating interest/PI) yang dimilikinya di PT Freeport Indonesia. Dalam laman resminya, riotinto.com, Rio Tinto mengumumkan bahwa harga yang ditawarkan untuk pembelian 40% hak partisipasi tersebut adalah sebesar USD3,5 miliar (sekitar Rp49 triliun, pada kurs Rp14.000/dolar AS).

Rencananya, pemerintah Indonesia melalui holding BUMN tambang yaitu PT Inalum (Persero) akan membeli hak partisipasi tersebut, sebagai jalan menguasai 51% saham yang harus didivestasikan Freeport.

“Rio Tinto mencatat laporan tentang potensi pembelian oleh PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) (Inalum) atas hak partisipasi Rio Tinto di tambang Grasberg Indonesia adalah sebesar USD3,5 miliar,” ungkap perusahaan seperti dikutip SINDOnews di Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Rio Tinto juga mengonfitmasi bahwa diskusi antara pihaknya, Inalum dan Freeport masih terus berlangsung. Diskusi ini juga termasuk mengenai harga yang ditawarkan. “Belum ada kesepakatan yang tercapai dan belum ada kepastian bahwa perjanjian yang mengikat akan ditandatangani,” demikian disebutkan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan membeli hak partisipasi milik Rio Tinto di PT Freeport Indonesia, guna mendapatkan 51% saham yang harus didivestasikan PT Freeport Indonesia (PT FI).

Cara ini ditempuh karena hingga saat ini pemerintah masih belum mencapai kesepakatan dengan Freeport terkait kewajiban divestasi yang harus dilakukan raksasa tambang asal Amerika Serikat (AS) tersebut.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares Al Badr | Sumber: Sindonews

تعليقات
Loading...