سومطرة الغربية تحتاج إلى كميات أكثر من الوقود الممتاز

Daerah Rasakan Pengurangan Pasokan Premium

0 610

 

بادانج، إندونيسيا اليوم- الانخفاض في إمدادات زيت الوقود (BBM) من النوع الممتاز يشعر المواطنين في سومطرة الغربية بالنقص. أوضح سومبر رضوان حسين، رئيس مجلس الممثلين الفرعيين لرابطة منظمي النفط والغاز ( هيسوانا ميغاز)، أن تخفيض حصة الوقود الممتاز هو قرار أعمال بيرتامينا.

وهو يعتبر أن تخفيض حصة “بريميوم أي نوع ممتاز” يشكل معضلة بالنسبة إلى رائد الأعمال في محطة التعبئة العامة (SPBU). لأنه من القانوني أن قسط التأمين هو وقود غير مدعوم. ومن ناحية أخرى، هناك تخفيض في الحصص قدرها 12.5 مليون كيلولتر (kl) في عام 2017 ثم إلى 7.5 مليون كيلو لتر في عام 2018، للتوزيع خارج جاوى وبالي ومادورا (جمالي).

تابع رضوان لغير الجمالي، كما شعرت في غرب سومطرة الغربية. حتى مع ذلك لا توجد بيانات مفصلة حول كيفية توريد الإمدادات في سومطرة الغربية في هذا الوقت. وقال رضوان يوم الإثنين (9/4) :”لكن، وضع القانون، والوقود غير المدعوم هو التنازل منطقيا، إذا لم تكن هناك إعانة لماذا تكون محدودة”.

بالنسبة لأصحاب المشاريع في محطة الوقود، قال رضوان إن تخفيض إمدادات الوقود من النوع الممتاز يساهم أيضا في دخل الأعمال. وأضاف أنه في حالة عدم وجود هذا النوع، فإن كمية الوقود التي يتم شراؤها من قبل المجتمع تقل أيضا لأن البعض يتحول إلى أنواع أخرى من الوقود مثل بيرتاليت.

مثال على ذلك إذا كان من كثير من المجتمع يشترون الوقود بسعر 100 ألف روبية للحصول على 16 ليتر من النوع الممتاز، وبعد تحول المستهلكين إلى بيرتاليت يحصلون فقط على 13 لترًا بنفس السعر. وقال :”إذا كان لقصير المدى لم يكن لم يكن فيه تأثير، ولكن نشعر ذلك إذا كان لبعيد المدى”.

في الحقيقة فإن توظيف برتامينا لضمان توافر الوقود الواجب الخاص المنشأ بموجب المرسوم الرئاسي رقم 191 2014، ذكر أن القسط المعين كوقود الواجب الخاص التي لم تعد تلقى الدعم من الحكومة ولكن سعر البيع تم التعيين والتي أثبتتها الحكومة. يتم تحديد السعر الحالي عند 6.550 ألف روبية للتر الواحد من المنطقة جمالي، و6.450 ألف روبية للخارج جمالي، بما في ذلك سومطرة الغربية.

المترجم : أحمد شكري | المحرر : فارس البدر | المصدر: المصدر: ريفوبليكا

Padang, indonesiaalyoum.com – Pengurangan pasokan bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dirasakan di Sumatera Barat. Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Himpunan Wiraswasta Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Sumbar Ridwan Hosen menjelaskan, pengurangan kuota BBM jenis Premium merupakan kebijakan badan usaha yakni Pertamina.

Ia menilai pengurangan kuota Premium menjadi dilema bagi pengusaha Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Karena secara hukum disebutkan bahwa Premium merupakan BBM nonsubsidi. Namun di sisi lain, ada pengurangan kuota dari 12,5 juta kiloliter (kl) pada tahun 2017 lalu menjadi 7,5 juta kl pada 2018 ini, untuk distribusi di luar Jawa, Bali, dan Madura (Jamali).

Kuota untuk non-Jamali tersebut, lanjut Ridwan, juga dirasakannya di Sumatera Barat. Meski begitu belum ada data rinci berapa pasokan Premium di Sumbar saat ini. “Tapi, legal standing nya dibuat, BBM nonsubsidi penugasan. Logikanya kalau tidak ada subsidi lagi kenapa dibatasi,” kata Ridwan, Senin (9/4).

Bagi pengusaha SPBU, Ridwan mengatakan, pengurangan pasokan BBM jenis Premium ikut berimbas pada pendapatan usaha. Bila tidak ada Premium, lanjutnya, maka jumlah BBM yang dibeli masyarakat juga ikut berkurang karena sebagian beralih ke BBM jenis lain seperti Pertalite.

Ia memberi contoh, bila sebelumnya banyak masyarakat membeli BBM dengan harga Rp 100 ribu memperoleh 16 liter Premium, setelah beralih ke Pertalite konsumen hanya mendapat 13 liter dengan harga yang sama. “Kalau jangka pendek tidak berdampak. Tapi kalau jangka panjang baru terasa,” katanya.

Sebetulnya, penugasan Pertamina untuk memastikan ketersediaan BBM Khusus Penugasan ditetapkan melalui Peraturan Presiden nomor 191 tahun 2014. Dalam beleid tersebut, Premium ditetapkan sebagai BBM Khusus Penugasan yang tidak lagi mendapat subsidi dari pemerintah namun harga jualnya diatur dan ditetapkan pemerintah. Saat ini harganya ditetapkan sebesar Rp 6.550 per liter untuk di wilayah Jamali dan Rp 6.450 untuk di luar Jamali, termasuk Sumatera Barat.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: Republika

 

تعليقات
Loading...